CSAT Korea: Informasi Lengkap Seputar CSAT Korea Disini

Bagi Hunters yang sering menonton K-Drama atau sedang mempersiapkan diri untuk bersekolah di Korea Selatan, mungkin sudah tidak asing dengan tes CSAT. Tes CSAT Korea merupakan salah satu ujian paling utama dan penting bagi pelajar di sana karena dianggap “menentukan” masa depan dan pekerjaan mereka, loh. Untuk lebih jelasnya seputar CSAT, yuk simak informasinya berikut ini!

CSAT Korea

CSAT atau College Scholastic Ability Test merupakan tes standarisasi yang digunakan oleh para siswa SMA kelas akhir untuk masuk ke perguruan tinggi. CSAT biasa disebut dengan SAT Korean atau Suneung. Meski dibuat khusus untuk Korea Selatan, tes CSAT telah menerima banyak pengakuan di lembaga internasional.

Fakta Menarik CSAT Korea

Selain fakta bahwa CSAT telah diakui oleh banyak lembaga dan universitas dunia, ada banyak fakta menarik lainya seputar tes CSAT, lho. Berikut beberapa diantaranya.

1. Langkah pertama untuk masuk dunia kerja

Korea Selatan masih menjunjung tinggi tingkat pendidikan untuk mendaftar pekerjaan. Bagi pelajar di sana, CSAT merupakan langkah paling awal dan dasar untuk bisa bekerja di perusahaan besar atau mendapatkan jabatan tertentu.

Oleh karena itu, banyak dari mereka berusaha sebaik mungkin untuk diterima di “SKY University”. SKY University merupakan 3 universitas paling bergengsi di Korea Selatan, yaitu Seoul National University, Korea University, dan Yonsei University.

2. Hari tes CSAT Korea

Saat tes CSAT Korea dilaksanakan, maka sekolah akan tutup. Kantoran akan diperbolehkan untuk datang atau pergi ke kantor lebih cepat untuk menghindari macet. Hal ini dilakukan agar para siswa tidak terkena macet dan terhindar dari kebisingan suara kendaraan yang dekat dengan lokasi tes. Bahkan, beberapa taksi akan memberikan tumpangan gratis bagi para siswa ketika hari tes CSAT berlangsung.

3. Persiapan tes CSAT Korea

Ternyata bukan hanya siswa yang disibukkan dengan CSAT, para wali murid juga akan ikut mempersiapkan keberhasilan anaknya dalam tes ini. Biasanya, orang tua atau kakek nenek mereka akan berdoa di Candi Jogyesa untuk keberhasilan anak atau cucu mereka.

Baca Juga: Ketahui Yonsei University, Top 3 Universitas Paling Bergengsi di Korea Selatan

Pelajaran yang Diujikan pada CSAT Korea 

Tes CSAT Korea biasanya berlangsung selama 8 jam dengan 1 jam istirahat makan siang. Peserta mengerjakan 50 soal yang umumnya bertipe pilihan ganda dalam bahasa Korea. Berikut rincian lebih lengkapnya untuk struktur tes CSAT Korea!

Struktur Tes CSAT Korea – Matematika

Pada sesi tes matematika akan dibagi menjadi 2 tipe. Tipe A terdiri dari 30 pertanyaan dengan materi dasar kalkulus, probabilitas. Pada tipe ini, peserta harus menyelesaikan soal selama 100 menit.

Sedangkan untuk Tipe B, terdiri dari 30 soal dengan materi Matematika 1 dan 2, kalkulus integral, statistik, geometri, dan vektor. Semua soal harus diselesaikan selama 100 menit.

Struktur Tes CSAT Korea – Bahasa Asing dan Bahasa Inggris

Terdiri dari 50 pilihan ganda dengan 17 soal listening. Siswa harus menyelesaikannya dengan waktu 70 menit.

Struktur Tes CSAT Korea – Ilmu Sosial

Terdiri dari 20 soal dengan 6 diantaranya merupakan jawaban singkat. Tes ini berlangsung selama 120 menit.

Struktur Tes CSAT Korea – Ilmu Sains

Dengan waktu yang sama seperti Ilmu sosial, dalam mata studi ini Hunters diberikan 20 soal pilihan ganda untuk semua pelajaran ilmu sains.

Struktur Tes CSAT Korea – Pendidikan Vokasi

Tes ini berisikan 20 soal pilihan ganda. Peserta harus memilih 3 mata studi pilihanmu. Untuk 20 soal tersebut Hunters akan diberi waktu selama 90 menit.

Struktur Tes CSAT Korea – Bahasa Asing / Bahasa Cina dan Sastra Klasik 

Struktur tes CSAT ini cukup unik karena Hunters akan mendapatkan soal bahasa asing atau bahasa Cina dan Sastra Klasik. Hunters bisa memilih satu bahasa asing untuk tes ini dari pilihan seperti bahasa Arab, Cina, Klasik Cina, Jerman, Rusia, Prancis, Jepang, Vietnam, dan Spanyol. Total tes ini berlangsung selama 40 menit.

Baca Juga: Sedang Mencari Beasiswa ke Korea Selatan? Simak Info Beasiswa GKS untuk Seluruh Jenjang

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Tes Universitas Luar Negeri

Ingin dibimbing untuk mempersiapkan berkas beasiswa dan universitas tujuan hingga panduan dan latihan tes CSAT? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan studi dan beasiswamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan beasiswa dan masuk universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)