Duolingo Englist Test, Tes Bahasa Inggris yang Terjangkau

Fakta Menarik, 02 Sep 2022

Halo, Hunters! Siapa nih yang pengen kuliah ke luar negeri tapi masih belum punya sertifikat Bahasa Inggris karena merasa harganya cukup maha? Sekarang ada alternatif tes Bahasa Inggris selain IELTS dan TOEFL yang harganya jauh lebih terjangkau loh. Tes tersebut adalah Duolingo English Test. Yuk ulik lebih jauh mengenai tes ini dan bagaimana pendaftarannya!

Tentang Duolingo English Test

Hunters, jago Bahasa Inggris ada banyak keuntungannya. Salah satunya adalah kamu nggak akan kesulitan berkomunikasi saat kuliah di luar negeri. Misalnya saat kamu kuliah atau berkunjung ke banyak tempat menarik di Inggris. Namun, untuk mengukur seberapa jauh kemampuan kamu dalam berbahasa Inggris, kamu harus mengambil tes Bahasa Inggris.

Salah satu tes Bahasa Inggris yang bisa kamu pertimbangkan adalah Duolingo English Test. Ini merupakan tes Bahasa Inggris resmi dengan harga terjangkau. Tes ini menggunakan teknologi terbaru sehingga tesnya akurat, aman, dan mudah diakses. Penyelenggara tes ini adalah Duolingo, platform digital untuk belajar berbagai bahasa secara online

Keuntungan Mengambil Duolingo English Test

Mungkin kamu bertanya-tanya, apa untungnya mengambil tes ini. Keuntungan mengambil tes ini adalah sebagai berikut:

  1. Biaya tes $49 (ditambah pajak);
  2. Pengerjaan tes secara online;
  3. Tes dapat kamu lakukan di mana saja termasuk dari rumah;
  4. Pengerjaan tes memerlukan waktu sekitar 1 jam;
  5. Hasil tes keluar dalam waktu 48 jam;
  6. Sertifikat tes bisa kamu gunakan untuk mendaftar kuliah di lebih dari 3.000 institusi di seluruh dunia;
  7. Sertifikat tes bisa kamu kirimkan langsung ke banyak universitas secara gratis;
  8. Setiap sertifikat mempunyai tautan yang aman dan unik.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Perbedaan TOEFL, IELTS, dan TOEIC – Schoters

Struktur Tes

Duolingo English Test berlangsung sekitar 1 jam. Ketika kamu sudah memulai tesnya, maka kamu akan menemukan 3 bagian tes:

1.  Introduction dan onboarding selama 5 menit

Pada bagian ini kamu perlu memastikan bahwa kamera, mikrofon, dan speaker komputer kamu berfungsi dengan baik. Kamu juga akan diminta men-submit nomor kartu identitas serta mereviu ketentuan tes. 

2. Tes adaptif selama 45 menit

Kamu akan menghadapi banyak soal dengan berbagai tipe. Tidak ada jumlah pasti pertanyaan yang harus dijawab peserta karena tes akan berakhir ketika grading engine sudah yakin dengan skor yang kamu dapatkan. 

Soal akan muncul secara acak. Urutan dan tingkat kesulitan soal akan berubah sesuai dengan performa. Saat kamu memberikan jawaban yang benar untuk suatu pertanyaan, maka soal selanjutnya akan lebih sulit. Sebaliknya, saat kamu menjawab salah terhadap suatu pertanyaan maka kamu akan mendapatkan soal selanjutnya yang lebih mudah. 

3. Writing Sample dan Speaking Sample selama 10 menit

Pada sesi ini, kamu akan mendapatkan soal yang harus kamu jawab. Kamu diberi waktu 1-3 menit untuk bagian Speaking Sample serta 3-5 menit untuk Writing Sample

Sistem tes tidak akan memberikan penilaian untuk jawaban kamu pada Speaking Sample maupun Writing Sample. Akan tetapi, jawaban kamu akan dibagikan kepada institusi yang menerima hasil tes ini. 

Sistem Skor Duolingo English Test

Skor pada tes ini ada pada skala 10-160. Ada 2 jenis skor yang bisa kamu temukan:

  1. Skor keseluruhan (overall score) yang memberikan gambaran umum mengenai kemampuan kamu dalam berbahasa Inggris;
  2. Subskor yang memberikan informasi mengenai kemampuan kamu di area-area tertentu berupa skor literacy, comprehension, conversation, dan production.

Tes Bahasa Inggris ini memiliki 4 subskor, yaitu:

  • Literacy

Bertujuan menguji kemampuan membaca dan menulis. Dua aspek yang dinilai adalah reading dan writing

  • Comprehension

Tujuannya mengukur kemampuan mendengar dan membaca. Listening dan reading menjadi dua aspek yang dinilai. 

  • Conversation

Bertujuan menguji kemampuan dalam berbicara dan mendengar dalam Bahasa Inggris. Aspek yang dinilai adalah speaking dan listening

  • Production

Tujuannya mengukur kemampuan menulis dan berbicara. Dua aspek yang dinilai adalah writing dan speaking

Berikut ini cara memahami skor pada Duolingo English Test:

1. 10-55 (Dasar)

Artinya peserta tes mampu memahami kalimat ataupun frasa dasar dalam Bahasa Inggris. Selain itu, dia mampu mengeskpresikan diri dalam situasi familer serta memahami informasi lugas. 

2. 60-85 (Menengah)

Skor ini menjelaskan bahwa peserta tes mampu memahami poin utama pada percakapan atau tulisan konkret mengenai pekerjaan sehari-hari. Misalnya adalah pekerjaan dan sekolah. Di samping itu, peserta tes mampu menjelaskan pengalaman, pendapat, rencana, ambisi, walaupun terkadang terbata-bata dan kaku. 

3. 90-115 (Menengah atas)

Pada tahap ini peserta tes sudah memenuhi hampir keseluruah target komunikasi termasuk situasi yang tidak familier. Dia juga paham gagasan utama tulisan konkret maupun abstrak serta mampu berinteraksi lancar dengan penutur yang fasih. 

4. 120-160 (Mahir)

Peserta tes memahami bahasa lisan dan  tulisan yang sulit; bahasa tersirat, pragmatik, idiomatik, dan figuratif. Selain itu, dia pun mampu berbahasa secara luwes dan efektif untuk kebutuhan akademik, sosial, maupun profesional. 

Hal yang Perlu Disiapkan sebelum Mengambil Tes

Sebelum mendaftarkan diri mengikuto tes Bahasa Inggris ini, beberapa hal yang harus kamu siapkan adalah sebagai berikut:

  1. Komputer (Windows atau macOS) yang memiliki mikrofon, kamera depan, dan speaker;
  2. Koneksi internet yang lancar
  3. Paspor, KTP, atau SIM;
  4. Waktu luang sekitar 60 menit
  5. Ruangan yang nyaman, tenang, dan pencahayaan yang terang.

Cara Daftar Tes

Mau daftar tesnya? Simak caranya berikut ini:

  1. Pastikan paspor, KTP, atau SIM kamu masih aktif;
  2. Buat akun terlebih dahulu di sini menggunakan alamat email yang valid;
  3. Pada bagian “Purchase the Test” klik tombol “BUY NOW”;
  4. Isi informasi yang dibutuhkan sebelum checkout;
  5. Pada tahap nomor 4, jika kamu memiliki kupon dari suatu institusi kamu bisa memilih tombol “Apply Coupon”;
  6. Setelah melakukan pembayaran, kamu memiliki waktu 21 hari untuk memulai tes (Catatan: Kamu bisa mengambil tes sebanyak 3 kali dalam waktu 30 hari).

Yuk, Matangkan Persiapanmu bersama Schoters!

Buat kamu yang mau ambil tes ini, yuk persiapkan dengan matang. Meskipun biaya tesnya terjangkau, bukan berarti materinya gampang loh, Hunters. Nah, kamu bisa mempersiapkan dari sekarang di Schoters. Saat ini Schoters punya program Duolingo English Test Preparation untuk membantu kamu meraih skor terbaik.