Rekomendasi Film Belajar Bahasa Inggris dan Tips Memahaminya!

Belajar bahasa Inggris memang lebih efektif jika melalui nonton film belajar bahasa Inggris. Menonton film tidak hanya menghibur, tetapi juga memperkaya pengalaman belajar Hunters. Hal ini membantu Hunters mempelajari cara berbicara dan berekspresi secara alami, serta memperkenalkan Hunters ke berbagai aksen dan slang. Yuk simak selengkapnya! Mulai dari tips belajar bahasa Inggris, cara memanfaatkan film untuk belajar bahasa Inggris, hingga rekomendasi film yang cocok untuk Hunters!

 

Tips belajar bahasa Inggris secara cepat

1. Mendengarkan lagu bahasa Inggris

Kalau Hunters mau menguasai bahasa Inggris dengan cepat, Hunters bisa coba belajar dengan mendengarkan lagu. Saat mendengarkan lagu, Hunters harus melihat pula lirik dari lagu tersebut. Hal ini akan membantu Hunters belajar pelafalan atau pengucapan bahasa inggris yang benar.

2. Sering menonton film bahasa Inggris

Tips mudah dan seru lainnya dalam belajar bahasa Inggris adalah dengan nonton film bahasa Inggris. Hunters bisa nonton movie barat, baik yang menggunakan aksen Amerika ataupun aksen British. Jangan lupa untuk menyalakan subtitle dalam bahasa Inggris saat nonton filem sehingga Hunters dapat menemukan kosakata baru dan kosakata berulang yang digunakan.

3. Membaca buku bahasa Inggris

Tips efektif lainnya selain nonton film belajar bahasa Inggris adalah dengan membaca buku. Misalnya buku novel karya dari orang-orang luar negeri. Saat belajar menggunakan metode ini, buku tersebut tidak hanya sekedar dibaca saja, tetapi Hunters bisa memberikan highlite terhadap kosakata yang belum Hunters ketahui dan kemudian cari artinya. 

4. Mencatat kosakata baru

Setiap kosakata yang sudah Hunters temukan saat mendengarkan lagu, menonton film, dan membaca buku, penting untuk mencatatnya agar tidak terlupa. Setelah dicatat, Hunters bisa menghafalnya dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, jika suatu saat Hunters lupa dengan suatu kosakata, Hunters dapat membuka kembali catatan untuk mengingatnya kembali.

5. Praktek berbicara bahasa Inggris

Tips ini sangat penting! Kosakata yang telah dihafal oleh Hunters akan sering terlupakan jika tidak digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Jika Hunters masih malu untuk berbicara dengan teman atau keluarga dengan bahasa Inggris, maka cobalah untuk berbicara di depan cermin.

 

Kamu masih belum jago bahasa Inggris? Tenang, belum terlambat untuk belajar lebih dalam. Schoters punya kelas bahasa Inggris yang bisa bantu kamu lancar berbahasa Inggris, tidak hanya belajar teori saja tetapi juga didukung dengan praktik agar kamu bisa lebih cepat jago bahasa Inggris.

Silakan klik tombol “Konsultasi Kelas Bahasa Inggris” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇🏻

Film belajar bahasa inggris

 

Baca Juga: Ketahui Slang Bahasa Inggris Ini Agar Terlihat Lebih Keren

 

Cara memanfaatkan film belajar bahasa Inggris

1. Pilih genre film yang disukai

Penting untuk mengenali jenis film yang paling Hunters nikmati. Apakah Hunters suka dengan film aksi yang penuh adrenalin atau lebih menyukai drama yang mengharukan? Atau mungkin komedi yang ringan dan menghibur? Memilih film dalam genre yang Hunters sukai akan membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan.

2. Gunakan subtitle bahasa Inggris

Cari film yang menyediakan subtitle dalam bahasa Inggris. Ini akan membantu Hunters mengikuti dialog dan meningkatkan kemampuan mendengar serta membaca Hunters.

3. Nonton film yang ringan

Memilih film dengan tingkat kesulitan bahasa yang sesuai dengan level Hunters sangat penting. Bagi pemula, film dengan dialog yang sederhana dan jelas adalah pilihan terbaik. Hal ini bisa membantu Hunters memahami dasar percakapan dan membangun kosakata. Seiring dengan meningkatnya kemampuan Hunters, beralihlah ke film dengan dialog yang lebih kompleks dan cepat untuk tantangan yang lebih besar.

 

Rekomendasi film belajar bahasa Inggris

1. Toy Story

Hunters pasti sudah tidak asing dengan film ini. Film ini mengandung banyak moral yang berarti untuk kehidupan, pertemanan, dan merupakan film yang cocok untuk anak-anak hingga usia dewasa. Film-film Disney memang cocok untuk dijadikan metode belajar bahasa Inggris melalui film karena alur ceritanya ringan dan bahasa yang digunakan tidak serumit film-film lain pada umumnya.

2. Finding Nemo

Finding nemo adalah salah satu rekomendasi film ringan yang cocok untuk belajar bahasa Inggris. Istilah yang digunakan dalam film ini tidak terlalu rumit dan Hunters bisa sekalian belajar kosakata tentang kelautan.

3. To All The Boys I’ve Loved Before

Jika Hunters ingin nonton film romansa yang menceritakan kisah anak muda, maka ini bisa jadi rekomendasi yang tepat. Film ini menarik untuk Hunters masukan ke daftar rekomendasi film belajar bahasa Inggris karena alurnya ringan dan menggunakan bahasa yang dikenali sehari-hari.

4. 500 Days of Summer

Film ini adalah film romansa yang menceritakan tentang cinta yang bertepuk sebelah tangan dari seorang arsitek muda bernama Tom Hansen (Joseph Gordon-Levitt). Bahasa yang digunakan mudah untuk dimengerti dan alur ceritanya pasti membuat Hunters ingin menonton sampai akhir.

5. The Hangover

Kalau Hunters suka genre film komedi, maka film ini bisa jadi rekomendasi yang tepat untuk belajar bahasa Inggris. Film ini menceritakan tentang perjalanan 3 pria yang mengadakan pesta bujangan untuk sahabat mereka Doug Billings sebelum dia menikah. Melalui film ini, Hunters dapat mempelajari kosakata gaul, kalimat efektif dalam bahasa Inggris, dan cara pelafalan yang tepat untuk menyambungkan setiap kata.

6. Up

Film ini mengisahkan petualangan seorang kakek bernama Carl ke Paradise Falls untuk memenuhi mimpi yang belum selesai dari mendiang istrinya, Ellie. Film ini tidak hanya memberikan hiburan, tetapi memberikan banyak pesan pembelajaran yang berharga.

7. Coco

Coco adalah film yang pernah memenangkan Oscar untuk nominasi “Film Animasi Terbaik” pada tahun 2018. Selain alur ceritanya yang unik, film ini memberikan pesan bahwa penting untuk kita memanfaatkan momen yang ada dan memprioritaskan keluarga karena keluarga adalah yang utama. Film ini dapat membantu Hunters meningkatkan kosakata bahasa Inggris karena bahasa yang digunakan sangat ringan dan ramah untuk ditangkap oleh telinga.

 

Baca Juga : Kenali Slang Australia Sebelum Berkunjung di Australia!

 

Bimbingan bahasa Inggris terpercaya di Schoters

Bagaimana apakah Hunters sudah memahami materi di atas? Jika Hunters ingin mempelajari materi lainnya seputar bahasa Inggris, Hunters bisa mengikuti kelas bareng Schoters. Yuk kenalan dulu dengan Schoters!

Schoters adalah platform pendidikan digital terbesar di Asia Tenggara yang menyediakan program persiapan end-to-end bagi pelajar dan profesional untuk belajar di luar negeri, dengan atau tanpa beasiswa. Sejak 2018, Schoters telah berhasil membantu ribuan siswa Indonesia kuliah ke 400+ Kampus top dunia di 43 Negara tersebar di 5 Benua.

Tidak hanya memiliki program bimbingan beasiswa, Schoters juga memiliki program unggulan lainnya yaitu General English Class.

 

Kenapa harus ikut General English Class di Schoters?

  1. Kelas terdiri dari teori dan praktik
  2. Sudah termasuk kurikulum, materi, dan e-book sebagai panduan pembelajaran
  3. Terdapat pretest dan final test oleh tutor
  4. Mendapatkan feedback dan bimbingan dari tutor untuk meningkatkan kemampuanmu
  5. Kelas privat dengan waktu fleksibel sesuai kesepakatan siswa dan tutor

Tertarik bergabung? Sebelum ambil kelas, Hunters bisa konsultasi gratis tentang General English Class di Schoters agar tahu mana program yang cocok sesuai kebutuhanmu!

Film belajar bahasa inggris

Sumber:

12 Tips Cepat Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula. Universitas Medan Area. https://pusba.uma.ac.id/2021/12/12-tips-cepat-belajar-bahasa-inggris-untuk-pemula/