Info Lengkap Fudan University Beserta Beasiswanya (2023)

Fudan University, yang terletak di Shanghai, adalah salah satu universitas tertua dan paling selektif di China, dan merupakan anggota dari Liga C9 dan Universitas 21. Pendahulunya kelembagaan didirikan pada tahun 1905, tidak lama sebelum akhir Dinasti Qing kekaisaran China.

Saat ini, Fudan University memiliki 77 lembaga penelitian, 112 lintas-disiplin lembaga penelitian dan laboratorium utama nasional 5. Mari simak informasi lengkap mengenai Fudan University berikut!

Sekilas tentang Fudan University

Fudan University merupakan institusi pendidikan tinggi pertama yang didirikan oleh orang Tionghoa. Fudan University menawarkan 70 program sarjana, 154 program doktor, dan 224 program magister untuk mahasiswa di seluruh dunia. Universitas ini berada di peringkat 34 dengan overall score 81,5 menurut QS World University Rankings 2023.

Fudan University juga mengatasi kendala bahasa untuk menjangkau mahasiswa internasional dengan mengembangkan lebih dari 50 program yang diinstruksikan dalam bahasa Inggris untuk kandidat sarjana dan pascasarjana. Adapun beberapa bidang studi yang menjadi unggulan di Fudan University, yaitu Farmakologi dan Toksikologi, Matematika, Kimia, Biologi Sel, dan Teknik Material.

Selain itu, ada beberapa hal menarik yang bisa jadi bahan pertimbangan kamu untuk memilih studi di Fudan University. Salah satunya adalah kemudahan mencari pekerjaan setelah lulus. Bagi Hunters yang menempuh studi di China, kamu memiliki kesempatan besar untuk bekerja di berbagai perusahaan global, khususnya perusahaan internasional yang berbasis di China.

Sebab, China adalah salah satu negara di dunia dengan pertumbuhan ekonomi tercepat. Oleh karena itu, kesempatan bekerja dengan berbagai perusahaan global semakin terbuka lebar bagi lulusan yang menyelesaikan studinya di China. Pengalaman belajar dan beradaptasi di China akan menjadi pengalaman unik yang tidak akan mudah dimiliki oleh orang lain.

Lebih lanjut, China juga merupakan negara yang indah untuk dikunjungi dengan berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan selain belajar. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai pengalaman menarik lainnya sambil belajar di China, seperti mengunjungi Kota Terlarang (Forbidden City) di Beijing, berjalan kaki menyusuri pemandangan alam di Taman Nasional Zhangjiajie, melihat panda bermain sambil mengunyah bambu di Szechuan, menikmati berbagai kuliner China yang bervariasi dari segi warna dan rasa sampai mencoba belajar wushu ala Stephen Chow di salah satu kuil di Gunung Yuntai. Menarik, bukan?

Adapun beasiswa yang bisa Hunters daftarkan, yaitu Chinese Government Scholarship (CGS). Beasiswa CGS Tiongkok ini merupakan beasiswa untuk mahasiswa internasional yang ingin studi S-1, S-2, S-3 atau yang ingin melakukan penelitian di Negeri Tirai Bambu. Yuk simak informasi beasiswa CGS!

 

Baca Juga: Universitas di China yang Menerima Beasiswa, Ada Fudan University

 

Tentang Beasiswa CGS Tiongkok

Chinese Government Scholarship menawarkan dua jenis beasiswa. Dua jenis beasiswa tersebut adalah beasiswa penuh dan parsial, bergantung pada cara pendaftaran. Ada dua cara pendaftaran, yaitu mendaftarkan diri langsung melalui universitas tujuan atau Kedutaan Besar China di Indonesia.

Apabila kamu mendaftarkan diri melalui universitas tujuan, jika kamu beruntung mendapatkan beasiswa maka beasiswanya berupa beasiswa penuh. Sementara itu, jika mendaftar melalui Kedutaan Besar China di Indonesia, kamu bisa mendapatkan beasiswa penuh ataupun parsial.

Program-program Beasiswa CGS 2023

  1. Chinese Government Scholarship – Bilateral Program

Beasiswa dari Pemerintah China untuk kuliah S-1, S-2, atau S-3 di China, untuk negara yang menjalin kerjasama bilateral dengan China. Beasiswanya bisa berupa beasiswa penuh ataupun sebagian (parsial).

  1. Chinese Government Scholarship – Great Wall Program

Beasiswa penuh para peneliti baru dan peneliti senior yang ingin melanjutkan kuliah di China. Pemberi beasiswa ini adalah United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

  1. Chinese Government Scholarship – Chinese University Program

Beasiswa penuh dari Pemerintah China untuk mahasiswa internasional program S-2 dan S-3 di China.

  1. Chinese Government Scholarship – AUN Program

Beasiswa yang berasal dari ASEAN University Network (AUN) untuk kuliah S-2 atau S-3 di China. tujuan beasiswa ini adalah mempererat hubungan kerjasama antara China dengan negara – negara ASEAN.

  1. Chinese Government Scholarship – WMO Program

Beasiswa parsial program WMO (World Meteorogical Organization) untuk kuliah S-1 atau S-2. Bidang beasiswa ini terbatas hanya untuk hidrologi, meteorologi, serta pengawasan dan manajemen sumber daya air di China.

 

Tertarik dengan beasiswa CGS Tiongkok dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silakan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun. 👇

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

Cakupan Beasiswa CGS

  1. Biaya kuliah;
  2. Biaya akomodasi (tempat tinggal);
  3. Asuransi kesehatan;
  4. Biaya buku;
  5. Uang saku / bulan untuk program S-1 = 2500 RMB (± 5 juta rupiah per bulan) , untuk program S-2 = 3000 RMB (± 6 juta rupiah per bulan, untuk program S-3 = 3500 RMB (± 7 juta rupiah per bulan).

 

Akan tetapi, jika Hunters mendapatkan beasiswa parsial maka fasilitas beasiswanya bisa berupa satu atau beberapa dari fasilitas beasiswa penuh.

Kriteria pelamar

Syarat untuk bisa mendaftar beasiswa CGS Tiongkok adalah sebagai berikut:

  1. Bukan warga negara China;
  2. Berada dalam kondisi kesehatan yang baik (dibuktikan dengan hasil pemeriksaan kesehatan);
  3. Berusia maksimal 25 tahun untuk S-1, 35 tahun untuk S-2 dan 40 tahun untuk S-3.

 

Persyaratan dokumen

Dokumen yang harus Hunters siapkan jika ingin mendaftarkan diri pada beasiswa CGS Tiongkok meliputi:

  1. Formulir pendaftaran di laman resmi atau di laman universitas China;
  2. Salinan ijazah;
  3. Transkrip nilai;
  4. Dua surat rekomendasi;
  5. Proposal riset atau rencana studi;
  6. Dokumen sah dari wali hukum di China (untuk pelamar berusia kurang dari 18 tahun);
  7. Hasil karya dalam bentuk CD (untuk pelamar di bidang musik dan seni);
  8. Salinan paspor;
  9. Foreigner Physical Examination Form (untuk pelamar yang berencana tinggal di China lebih dari 6 bulan);
  10. Surat penerimaan (LoA) universitas tujuan (apabila ada);
  11. Sertifikat HSK (Hànyǔ Shuǐpíng Kǎoshì) / Chinese Proficiency Test (apabila ada).

 

Baca Juga: Intip Beasiswa Yuangzhou dari Syarat hingga Pendaftarannya

 

Cara pendaftaran beasiswa CGS Tiongkok

Ada dua cara pendaftaran beasiswa CGS. Jika ingin mendaftar untuk beasiswa penuh, daftarlah melalui universitas China tujuanmu. Namun, jika ingin mendaftar untuk beasiswa penuh ataupun parsial, Hunters bisa mendaftar melalui Kedutaan Besar Republik Rakyat China di Indonesia di Jl. DR. Ide Anak Agung Gde Agung No.2, RT.5/RW.2, Kuningan, Kota Jakarta Selatan. Saat mengirim berkas pendaftaran, tandai “Aplikasi Beasiswa Pemerintah China” pada amplop pendaftaran beasiswamu.

Jangan ragu lagi Hunters, yuk segera persiapkan dan daftarkan diri kamu. Jika kamu masih bingung dan kesulitan, tenang saja, ada expert mentor Schoters yang dapat membantu kamu mulai dari diskusi seputar studi ke luar negeri sampai persiapan dokumen yang diperlukan. Semangat, Hunters!

Info Lengkap Fudan University Beserta Beasiswanya (2023)