IELTS Listening Tips – Panduan Saat Persiapan dan Pengerjaan

Halo Hunters, sudah sampai mana nih persiapan tes IELTS-nya? Kalau ternyata Hunters masih punya kesulitan untuk menangkap kata-kata, dialog, dan cerita dalam bahasa Inggris, itu artinya Hunters butuh lebih banyak latihan. Yuk simak panduan persiapan dan pengerjaan IELTS Listening Tips versi Schoters berikut ini!

 

Sekilas Tentang Tes IELTS

Seperti yang Hunters tahu, tes IELTS atau International English Language Testing System merupakan ujian bahasa Inggris yang banyak dibutuhkan ketika melamar di universitas, beasiswa atau ketika seseorang ingin tinggal di luar negeri. Tes IELTS sendiri dibagi menjadi 2, yaitu Academic Test untuk kepentingan pendidikan dan General Test untuk kebutuhan visa dan izin tinggal di suatu negara.

Karena tujuan tesnya sudah berbeda, soal dan kesulitan yang diberikan juga akan berbeda. Jika Hunters mengambil Academic Test, berarti soal, bacaan, dan dialog yang akan diujikan akan banyak membahas materi akademis seperti biologi, psikologi, ekonomi dan lain sebagainya.  

 

Struktur Tes IELTS

Jika Hunters mengambil tes Akademik untuk IELTS, ada beberapa bagian tes yang harus Hunters kerjakan yaitu Listening, Reading, Writing dan Speaking. Berikut beberapa penjelasan singkat mengenai setiap struktur tesnya.

IELTS Listening

Pada tes ini, Hunters akan mendengarkan percakapan, diskusi, dan monolog yang menggunakan beberapa aksen seperti British, Amerika, Australia, hingga Selandia Baru. Jenis-jenis soal yang akan Hunters dapatkan antara lain mengisi kata kosong, pilihan ganda, melengkapi kalimat, diagram labelling, mencocokkan pernyataan dan melengkapi tabel. 

IELTS Reading

Tes membaca ini biasanya berupa beberapa bacaan panjang mengenai penelitian, sejarah, hingga beberapa artikel ilmiah populer lainnya. Untuk ini, Hunters bisa membiasakan diri dengan beberapa artikel akademik ya.

IELTS Writing

Pada bagian ini, Hunters akan diminta untuk menulis 2 jenis tulisan. Tulisan pertama dituliskan berdasarkan diagram atau peta dan tulisan kedua merupakan pendapatmu tentang suatu hal.

IELTS Speaking

Pada bagian terakhir, Hunters akan diajak berbicara oleh penguji tentang keseharian, hobi, hingga random topic. Kamu bisa mempelajari bagian ini dengan banyak mempelajari topik IELTS Speaking, ya. 

 

Baca Juga: Butuh Persiapan Tes Speaking IELTS? Simak Topik dan Pertanyaan Speaking IELTS disini!

 

IELTS Listening Tips

Jika Hunters masih kesulitan untuk menangkap percakapan dan melakukan beberapa jenis tes IELTS Listening di atas. Berikut beberapa IELTS Listening Tips yang bisa Hunters latih setiap hari dan gunakan saat tes berlangsung:

1. Latihan mendengarkan media bahasa Inggris

Salah satu IELTS Listening Tips yang paling mudah dan tanpa biaya ialah Hunters bisa mulai membiasakan diri dengan berbagai media yang bisa ditemui di internet. Dengan membiasakan diri dengan berbagai media di atas, Hunters bisa sekalian memperbanyak kosakata dan melatih speaking skill. 

2. Jangan datang on-time

IELTS Listening tips selanjutnya adalah jangan datang tepat waktu. Saat tes, usahakan Hunters datang lebih awal dari jadwal test. Terlebih IELTS Listening merupakan tes yang diujikan paling awal dan tidak ada pengulangan jika Hunters datang terlambat.

3. Kerjakan dengan penuh konsentrasi

Selain berlatih dengan giat, saat tes dimulai Hunters harus mengerahkan semua konsentrasi untuk memahami apa yang dimaksud oleh soal dan apa yang dibicarakan oleh monolog atau dialog. Jadi sebelum tes, Hunters bisa melakukan Try Out sendiri dan melatih konsentrasi.

4. Perhatikan kata kunci dan sinonim

Penting bagi Hunters untuk membaca cepat soal dan menemukan beberapa kata kunci yang mungkin akan disebutkan sebelum perekaman. Hunters juga harus mempertimbangkan sinonim dari kata kunci tersebut karena terkadang rekaman atau soal tidak langsung mengatakan kata yang sama dengan kata kunci yang ada.

5. Membuat catatan 

Membuat catatan merupakan  salah satu strategi yang penting. Dalam IELTS Listening, Hunters  memiliki waktu kira-kira setengah menit untuk membaca instruksi dan pertanyaan di antara setiap bagian. Pastikan untuk melakukan membaca cepat pertanyaan, menandai beberapa kata kunci yang akan muncul di soal dan mencatat kata kunci yang ada di rekaman.

 

Baca Juga: Skor IELTS-mu Masih Belum Sesuai Harapan? Simak Tips Jitu Meningkatkan Skor IELTS.

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan IELTS di Schoters

Butuh bimbingan IELTS terpercaya? Join IELTS Academy by Schoters. Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)