Topik Speaking IELTS: Cara Mudah Meningkatkan Skor

Tes Speaking pada tes IELTS dibagi menjadi beberapa bagian. Tiap bagian memiliki topik tersendiri yang harus kuasai. Topik speaking IELTS ini ada beberapa jenis, dari pekerjaan dan karir, hobi dan minat, hingga seni dan budaya. Dari topik-topik tadi, kalian harus bisa menjelaskan dengan cukup komprehensif.

Sebagaimana kita ketahui, tes IELTS adalah salah satu tes kecakapan berbahasa Inggris yang disyaratkan dan diterima di berbagai universitas luar negeri. Karena kualitas dan cakupan tesnya yang mencakup keempat kecakapan berbahasa yakni reading, speaking, writing, dan listening, tes ini menjadi rujukan banyak mahasiswa Indonesia yang ingin kuliah ke luar negeri.

Pada artikel ini, kita akan membahas ketiga bagian tes Speaking IELTS serta topik yang akan kalian bahas pada 2 bagian tesnya. Baca penjelasannya dengan teliti agar kalian bisa meraih skor tinggi di tes IELTS!

 

Baca Juga: Panduan Dalam Menjalani Tes IELTS Berserta Tips dan Materinya

 

1. Introduction and Interview (Durasi: 4-5 menit)

Bagian ini  berfungsi untuk memperkenalkan diri kalian kepada pewawancara dan untuk mengetahui latar belakang, minat, dan kegiatan kalian sehari-hari.

Pada bagian ini, penguji biasanya akan menanyakan tentang topik-topik umum seperti pekerjaan, keluarga, hobi, dan sebagainya.

2. Short Presentation (Durasi: 3-4 menit)

Pada bagian kedua ini, kalian akan diberikan satu topik untuk dibicarakan dalam waktu tiga hingga empat menit. Topik yang diberikan bisa berupa pertanyaan mengenai pengalaman, perasaan, atau opini kalian mengenai suatu topik tertentu. Setelah itu, pewawancara akan mengajukan beberapa pertanyaan tambahan yang berhubungan dengan topik yang diberikan.

3. Discussion (Durasi: 4-5 menit)

Pada bagian ini, kalian akan diminta untuk berdiskusi dengan pewawancara mengenai topik yang diberikan pada bagian kedua. Diskusi akan lebih mendalam dan peserta harus mampu memberikan argumen, pendapat, dan penjelasan secara lebih detail.

Sehingga pewawancara akan lebih mengetahui kemampuan berbahasa Inggris kalian secara spontan dan tanpa skenario. Hal ini dapat memberikan gambaran kemampuan penguasaan bahasa Inggris secara umum.

 

Topik-topik yang sering muncul pada tes speaking IELTS

Dalam memilih topik, pewawancara akan memberikan kertas undian yang berisi topik yang akan kalian bicarakan. Sehingga cukup sulit menentukan topik macam apa yang akan kalian dapat.

Untuk menghadapi skenario ini, memperbanyak membaca pada hal-hal umum dan membiasakan berbicara banyak hal menjadi dua cara utama menaklukkan tes Speaking IELTS ini.

Berikut adalah topik-topik yang sering diberikan oleh pewawancara tes IELTS:

  1. Pekerjaan dan karir
  2. Keluarga dan hubungan sosial
  3. Hobi dan minat
  4. Wisata dan perjalanan
  5. Makanan dan kuliner
  6. Lingkungan dan masalah sosial
  7. Teknologi dan inovasi
  8. Seni dan budaya
  9. Olahraga dan gaya hidup
  10. Pendidikan dan belajar
  11. Hiburan dan budaya 

 

Baca Juga: Ayo Cek Informasi Terlengkap Mengenai IELTS Offical Test Disini !

 

Berikut beberapa penjelasan terhadap topik di atas:

1. Olahraga dan gaya hidup 

Topik ini sering dibicarakan dalam berbagai konteks, termasuk di media sosial dan publik. Topik ini berkaitan dengan pola hidup sehat, kebugaran fisik, dan aktivitas fisik yang dilakukan oleh seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Pada tes speaking IELTS, topik olahraga dan gaya hidup seringkali muncul dalam pertanyaan tentang aktivitas fisik favorit, kebiasaan makan sehat, dan kegiatan fisik di tempat kerja.

2. Pekerjaan dan karir 

Topik ini sering dibicarakan dalam konteks profesional. Topik ini membahas tentang pekerjaan yang dilakukan seseorang, rencana karir, dan pengalaman kerja. Pada tes speaking IELTS, topik pekerjaan dan karir sering muncul dalam pertanyaan tentang jenis pekerjaan yang diinginkan, alasan memilih pekerjaan tertentu, dan pengalaman kerja sebelumnya.

3. Lingkungan dan masalah sosial 

Topik ini penting dalam kehidupan sehari-hari. Topik ini membahas tentang isu-isu global, lingkungan hidup, kesehatan, dan isu sosial yang terkait dengan masyarakat. Pada tes speaking IELTS, topik lingkungan dan masalah sosial sering muncul dalam pertanyaan tentang isu-isu lingkungan, kebiasaan masyarakat dalam menjaga lingkungan, dan pandangan pribadi terhadap masalah sosial yang sedang terjadi.

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan IELTS di Schoters

Butuh bimbingan IELTS terpercaya? Join IELTS Academy by Schoters. konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

 

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)