fbpx
Tips & Trik
Awas Salah! Ini 4 Cara Daftar Beasiswa yang Baik dan Benar

Awas Salah! Ini 4 Cara Daftar Beasiswa yang Baik dan Benar

Salah satu impian dari sebagian besar orang-orang adalah bisa menempuh pendidikan hingga setinggi mungkin terlebih jika bisa daftar menggunakan beasiswa. Kita bisa tahu bahwa dengan menempuh perguruan tinggi, tentunya bisa memberikan kebanggaan yang tidak akan ternilai harganya. Selain itu, berkuliah juga akan membuka peluang karier yang lebih luas hingga mendapat berbagai ilmu dan pengetahuan yang baru.

Namun, salah satu hal yang menjadi ganjalan untuk bisa menempuh pendidikan ke perguruan tinggi ini adalah biaya yang dibutuhkan tergolong sangat besar. Terlebih apabila Hunters punya cita-cita atau keinginan untuk berkuliah ke luar negeri, biaya yang dibutuhkan bisa jauh lebih besar lagi. Oleh sebab itu, hanya orang-orang dengan tingkat ekonomi yang memadai yang bisa menempuh pendidikan hingga ke perguruan tinggi tersebut.

Meskipun begitu, bukan berarti orang-orang dengan tingkat ekonomi yang pas-pasan tidak bisa mendapatkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan layak. Salah satu cara yang bisa ditempuh orang-orang adalah dengan mengambil program beasiswa. Beasiswa inilah, orang-orang yang memiliki tingkat ekonomi yang rendah, tetapi punya hasrat untuk berkuliah akan diberikan keringanan biaya semaksimal mungkin.

Pada dasarnya, berbagai program beasiswa akan menawarkan berbagai keunggulan berupa biaya sarana dan prasarana yang membuat Hunters tidak perlu pusing memikirkan keperluan kuliah. Secara tidak langsung Hunters akan mendapatkan pengalaman yang bisa Hunters dapatkan dengan menempuh pendidikan perguruan tinggi tersebut. Bahkan apabila Hunters mengambil program beasiswa untuk berkuliah ke luar negeri, maka Hunters akan bisa belajar berbagai kebudayaan yang mungkin sulit untuk Hunters dapatkan bila tidak mengambil kesempatan ini.

Hal yang harus Hunters ketahui, bahwa pada dasarnya program beasiswa ini tidak bisa didapatkan oleh semua orang. Hanya orang-orang terpilih yang bisa mendapatkan program beasiswa tersebut. Sebagian program beasiswa akan mengharuskan Hunters melalui serangkaian seleksi yang sangat ketat agar program beasiswa ini bisa tepat sasaran ke orang-orang yang memang benar-benar layak untuk mendapatkannya.

          Baca juga: Mahasiswa S-1 Wajib Tahu Beasiswa dari Bank Indonesia

Poin-Poin Penting Sebelum Mendaftar ke Program Beasiswa

Bagi Hunters yang memang berniat untuk mengikuti berbagai program beasiswa ini, ada beberapa poin-poin penting yang perlu diperhatikan secara saksama. Berikut merupakan rangkuman Schoters untuk Hunters. Mari kita simak bersama!

1. Membaca Informasi Beasiswa dengan Jelas

Nah, hal pertama yang perlu Hunters perhatikan untuk membaca dan melihat secara jelas mengenai program beasiswa tersebut. Mulai dari melihat detail program beasiswa tersebut, siapa yang menyelenggarakan beasiswa tersebut apakah bisa terpercaya atau tidak, melihat syarat dan kelengkapan yang perlu Hunters persiapkan, benefit dari mengikuti program beasiswa yang perlu anda ketahui.

Serta yang tidak kalah penting adalah ke mana Hunters akan dikirimkan misalnya untuk program beasiswa ke luar negeri. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan agar Hunters tidak salah memilih program beasiswa yang Hunters inginkan serta Hunters sudah mempersiapkan diri sebelum program beasiswa tersebut akan dibuka.

2. Jangan Malu untuk Bertanya

Biasanya setiap lembaga penyedia beasiswa akan memberikan berbagai informasi mengenai beasiswa ini secara jelas dan gamblang. Namun pasti ada diantara kalian yang mungkin belum paham atau mungkin masih bingung dengan program beasiswa yang ditawarkan tersebut. Maka untuk itulah sangat penting bertanya kepada sang penyedia atau penyelenggara beasiswa tersebut.

Biasanya mereka akan mencantumkan narahubung yang bisa dihubungi. Dengan bertanya itulah Hunters akan mendapat segudang informasi yang mungkin sebelumnya Hunters belum jelas sekarang sudah mulai paham dan dimengerti sehingga anda siap untuk mendaftar beasiswa tersebut.

3. Menggali Informasi dari Sumber Lainnya

Biasanya suatu program beasiswa, terutama program beasiswa luar negeri, ada beberapa hal yang pengin Hunters ketahui, tetapi tidak tercantum pada situs atau informasi resminya. Nah untuk itulah sangat penting bagi anda yang memang berniat mendaftar beasiswa tersebut untuk bisa menggali informasi mengenai program beasiswa tersebut sebanyak-banyaknya.

Misalnya melihat berbagai ulasan atau hal-hal yang dirasa penting untuk Hunters ketahui, bergabung dengan grup, atau forum beasiswa sehingga bisa mendapatkan insight lainnya dari program beasiswa yang memang Hunters tuju.

 

4. Mendaftar Sebelum Deadline

Nah, ketika Hunters sudah mempersiapkan segala kelengkapan dan persyaratan yang sudah ditetapkan, sekarang waktunya untuk mendaftar beasiswa yang ingin Hunters tuju tersebut. Hal pertama yang perlu Hunters ketahui adalah harus mengetahui kapan deadline dari pembukaan program beasiswa tersebut. Nah, sebisa mungkin Hunters memiliki meluangkan waktu untuk mempersiapkan segala persyaratan yang diminta serta setelah semuanya sudah dipenuhi langsung saja daftar dan jangan terlalu mepet-mepet dengan tenggatnya, agar kesannya supaya tidak terlalu terburu juga tentunya.

 

Daftar beasiswa

Bagaimana Cara Daftar Beasiswa Secara Offline dan Online

Hal berikutnya yang juga tidak kalah pentingnya saat Hunters akan daftar beasiswa adalah bagaimana cara untuk mendaftarnya. Biasanya setiap lembaga penyedia beasiswa akan menyediakan berbagai metode yang sudah disediakan, baik itu online maupun offline. Kedua cara pendaftaran tersebut memiliki prosedurnya masing-masing.

Pendaftaran beasiswa secara online, Hunters akan mengisi formulir aplikasi secara online. Baik itu bisa langsung diisi sendiri atau mungkin harus membuat akun terlebih dahulu. Ketika ingin mendaftar secara online, pastikan Hunters memiliki koneksi internet yang sangat baik dan sebisa mungkin tidak terputus saat melampirkan berbagai dokumen yang dibutuhkan. Mengenai dokumen, biasanya Hunters akan melampirkannya dalam format PDF atau format berkas lainnya dengan ukuran yang sudah ditentukan oleh pihak penyelenggara beasiswa kampus.

Sedangkan pendaftaran dilakukan secara offline, pastinya Hunters harus datang ke tempat kantor penyedia program beasiswa yang memang ingin Hunters tuju tersebut. Jangan lupa untuk persiapkan segala kelengkapan dan dokumen yang diminta secara lengkap dan sesuai kebenarannya. Apabila diminta menggunakan jasa pengiriman, pastikan Hunters mengetahui alamat yang dituju agar bisa segera terkirim ke penyedia beasiswa tersebut sesuai tujuan. Terpenting, Hunters mengirimkan sebelum tenggatnya untuk menghindari terburu-buru saat proses pengiriman tersebut.

          Baca juga: Cek Tips Mendapat Letter of Acceptance (LoA) dari Universitas Incaranmu

Cara menemukan program beasiswa sesuai minat kita

Setelah mengetahui bagaimana trik cara daftar beasiswa yang baik dan benar seperti apa, sekarang waktunya bagi Hunters untuk menemukan program beasiswa yang tepat untuk pendidikan dan karier selanjutnya.

Jika Hunters saat ini ingin mengambil program beasiswa tetapi masih bingung dalam mencari program beasiswa yang sesuai dengan kebutuhan serta mencari jasa konsultasi beasiswa yang tepercaya? Kami dari Schoters siap memenuhi segala kebutuhan mengenai urusan beasiswa  dan bisa menjadi tempat berkonsultasi untuk menemukan beasiswa terbaik.

Schoters telah dipercaya oleh ribuan alumni dan telah berhasil menerbangkan Scholarship Hunters ke 43 negara di dunia. Juga, Schoters telah bekerja sama dengan berbagai program beasiswa serta berbagai instansi pendidikan dan kampus atau universitas dari berbagai negara di seluruh dunia dengan jaminan mutu berkelas akademik. Ditunjang dengan 500+ mentor terbaik, Hunters akan dibimbing dan didampingi untuk menentukan pilihan studi lanjutan yang sesuai dengan minat dan bakat.

Dapatkan bimbingan beasiswa terbaik

Tidak ingin repot dalam persiapan  mendaftar beasiswa?   –>   Langsung saja persiapkan beasiswamu bersama kami.

Ingin dibimbing bahasa asing dahulu sebelum daftar beasiswa?   –>   Dapatkan rekomendasi bimbingan sesuai yang kamu butuhkan disini.

 

 

daftar beasiswa

 

Nantikan artikel tentang informasi beasiswa terlengkap dalam Blog Schoters lainnya, ya!

 

0
X
[class^="wpforms-"]
[class^="wpforms-"]