Melanjutkan Studi Pascasarjana di Jepang dengan INPEX Scholarship

Info Beasiswa, 12 Okt 2022

Bagi pelajar internasional yang berminat melanjutkan pendidikan Master dan melakukan riset di bidang studi Natural Science atau Ilmu Alam di perguruan tinggi di Jepang namun khawatir dengan kendala biaya, barangkali bisa mencoba beasiswa INPEX yang ditawarkan oleh INPEX Scholarship Foundation. 

INPEX Scholarship Foundation sendiri adalah yayasan nirlaba di Jepang yang sudah berdiri sejak tahun 1981 dan memiliki misi untuk membangun kerjasama dan hubungan baik antara Indonesia dan Jepang melalui program beasiswa pendidikan. Setiap tahunnya, sebanyak 3 (tiga) orang pelajar dari Indonesia dipilih untuk menerima INPEX Scholarship.

Persyaratan Umum

Terdapat beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi untuk program beasiswa ini: 

  1. Warga negara Indonesia yang berusia tidak lebih dari 30 tahun saat pendaftaran, serta memiliki gelar Sarjana di bidang Natural Science (seperti Teknik, Pertanian, Fisika, Biologi, Kimia, Farmasi, Ilmu Komputer, dan lain sebagainya) dari perguruan tinggi di Indonesia, yang sudah menyelesaikan pendidikan akademik selama 16 tahun saat kelulusan sarjana.
  2. Berminat untuk melanjutkan studi dan riset untuk tingkat Master di bidang Natural Science di perguruan tinggi di Jepang.
  3. Memiliki nilai IPK lebih dari 3.00.
  4. Mendapatkan izin untuk menerima beasiswa dari institusi, perguruan tinggi atau perusahaan asal. 
  5. Berminat untuk membangun hubungan persahabatan antara Indonesia dan Jepang dan memiliki rencana kontribusi untuk misi persahabatan tersebut. 
  6. Belum pernah mendapatkan beasiswa serupa di Jepang.

          Baca juga: Beasiswa MEXT-Undergraduate (Gakubu) untuk Kuliah di Jepang

Cakupan Beasiswa INPEX 

Program beasiswa ini mencakup beberapa hal sebagai berikut: 

  1. Biaya kuliah dan biaya lain yang diperlukan untuk studi di perguruan tinggi di Jepang seperti entrance fee dan entrance examination fee
  2. Biaya hidup bulanan sebesar 160.000 Yen, yang dapat digunakan untuk biaya akomodasi, biaya kesehatan, biaya transportasi, biaya akses internet, biaya buku dan lain-lain. Commuter pass expenses akan disediakan lagi oleh Yayasan INPEX. 
  3. Biaya penerbangan kelas ekonomi dari Jakarta–Jepang 

Periode Beasiswa INPEX

Program beasiswa ini akan berlangsung paling lama 2 tahun 8 bulan atau lebih cepat, apabila penerima beasiswa sudah menyelesaikan studi atau riset dan pulang kembali ke Indonesia.

Beasiswa INPEX biasanya dibuka pada bulan Agustus dan ditutup pada bulan Oktober, dengan proses seleksi yang dilaksanakan dari akhir Januari–Maret tahun berikutnya.

Dokumen yang Diperlukan 

  1. Application form yang sudah dicetak dan ditandatangani di halaman terakhir 
  2. Pas foto terbaru (dalam bentuk .jpg, .pdf, .gif). Bahu harus terlihat di dalam foto dan tidak menggunakan topi
  3. Ijazah dan transkrip dari perguruan tinggi asal
  4. Surat rekomendasi, bisa dari dekan/rektor di universitas asal, dosen pembimbing atau dari atasan (apabila sudah bekerja) 
  5. Letter of Acceptance (LOA) dari perguruan tinggi Jepang yang dituju
  6. CV 
  7. Surat keterangan sehat dari Dokter yang menyatakan bahwa pelamar sanggup untuk mengikuti program beasiswa (surat dapat menggunakan bahasa Indonesia)
  8. Sertifikat skor kemampuan Bahasa Inggris (dapat menggunakan TOEFL IBT/TOEFL ITP/TOEIC/IELTS) 
  9. Sertifikat skor kemampuan Bahasa Jepang (apabila ada)

Prosedur Pendaftaran Beasiswa INPEX 

  1. Pelamar beasiswa harus mengisi dan mengirim formulir pendaftaran, beserta pas foto ke alamat email berikut: isf-foundation@inpex.co.jp 
  2. Seluruh dokumen yang diperlukan dimasukkan ke dalam amplop tertutup, dengan keterangan “APPLICATION FOR SCHOLARSHIPS” tertulis di amplop. Dokumen ini kemudian dikirimkan ke alamat berikut: 

INPEX Masela, Ltd. Jakarta Office 

Sentral Senayan 1 Building 18th Floow

Jl. Asia Afrika Nomor 8 Jakarta Pusat 10270 Indonesia 

             Baca juga: Mau Kuliah di Jepang? Intip 5 Kampus Terbaik di Jepang

Siapkan Pendaftaran Bersama Schoters

Mau berangkat ke luar negeri dan lolos beasiswa impian? Scholarship Hunters bisa mulai persiapan dari sekarang, loh. Schoters menawarkan layanan bimbingan untuk membantu Scholarship Hunters meraih beasiswa impian ---> Yuk, konsultasi dengan mentor berpengalaman.

Program bimbingan lainnya juga bisa diakses melalui halaman website Schoters.

INPEX Scholarship