Informasi Yang Perlu Diketahui Tentang Istanbul University

, 09 Jan 2023

"Tertarik untuk melanjutkan studi di Turki?"

Anda mungkin bisa mempertimbangkan Istanbul University sebagai salah satu alternatif tujuan studi di Turki. Istanbul University adalah salah satu perguruan tinggi terbaik di Turki yang berloksi di Istanbul, kota terbesar sekaligus pusat perekonomian, kebudayaan dan sejarah Turki. Menariknya, secara geografis kota Istanbul terletak di 2 (dua) benua sekaligus yaitu benua Asia dan Eropa.

Sisi Asia Kota Istanbul yang dikenal dengan sebutan Anadolu Yakasi terkenal sebagai sisi yang relatif aman dan hijau, sementara sisi Eropa Kota Istanbul yang dikenal dengan sebutan Avrupa Yakasi memiliki kehidupan malam yang dinamis serta kegiatan perekonomian yang tidak pernah sepi.

Kampus utama Istanbul University sendiri bersebelahan dengan Beyazit Square yang ada di Fatih, distrik yang berada di sisi Eropa kota Istanbul. Saat ini, universitas yang memiliki moto “Science Bridge from Past to the Future” ini menempati peringkat 8 dalam daftar terbaik perguruan terbaik di Turki dan peringkat 801 – 1000 dalam daftar perguruan tinggi terbaik dunia tahun 2023 versi QS.

Kualitas pendidikan yang mumpuni membantu Istanbul University mencetak lulusan-lulusan terbaik Turki termasuk di antaranya peraih Nobel Prize di bidang literasi pada tahun 2006, Orhan Pamuk dan peraih Nobel Prize di bidang kimia pada tahun 2015, Prof. Dr. Aziz Sancar.

          Baca juga: Kuliah di Turki Gratis Untuk S1, S2, dan S3? Turkiye Burslari Jawabannya, Cek Disini Untuk Informasinya!

Jurusan di Istanbul University

Terdapat berbagai jurusan di Istanbul University untuk seluruh jenjang pendidikan baik sarjana maupun pascasarjana. Setidaknya terdapat 24 (dua puluh empat) jurusan atau program studi untuk program associate degree, 137 program sarjana, 355 program master dan 221 program doktoral yang dibuka di Istanbul University untuk berbagai bidang studi, termasuk di antaranya medicine, law, letter, political sciences, communication, aquatic sciences, theology, open and distance education, transportation and logistics, science, architecture, economics, pharmacy, dentistry dan business administration.

Bahasa pengantar yang digunakan untuk masing-masing program studi di atas berbeda-beda, namun sebagian besar program diselenggarakan menggunakan bahasa Turki atau Inggris sebagai bahasa pengantar utama.

Oleh karena itu, untuk membantu pelajar internasional beradaptasi dengan kegiatan belajar, Istanbul University juga menyediakan berbagai kelas persiapan yang diselenggarakan dalam berbagai bahasa serta program orientasi khusus untuk pelajar internasional

Prosedur Pendaftaran Jenjang Sarjana di Istanbul University

Prosedur pendaftaran, dokumen yang diperlukan serta batas waktu pendaftaran di Istanbul University dapat berbeda-beda tergantung jurusan yang dipilih. Meskipun demikian, untuk mendaftar menjadi mahasiswa jenjang S1 di Istanbul University, pelajar internasional harus mengikuti ujian masuk yang diselenggarakan khusus untuk pelajar internasional (IUYOS Exam for International Students) setiap tahun dan mendapatkan skor minimal 40 (dari skor maksimal 100) apabila ingin diterima melanjutkan studi di Istanbul University.

Selain skor IUYOS yang diperoleh, universitas juga akan mempertimbangkan ketersediaan tempat di universitas berdasarkan country quotas atau kuota masing-masing negara yang tersedia di Istanbul University. Sebagai catatan, Istanbul University hanya menerima skor IUYOS dan tidak menerima skor kualifikasi internasional lainnya seperti SAT, A-Levels, Cambridge dan lain sebagainya

Calon mahasiswa yang mengikuti IUYOS dapat mendaftar di portal pendaftaran online pada tautan http://yos.istanbul.edu.tr selama periode pendaftaran untuk mendapatkan nomor pendaftaran (application number) yang akan digunakan untuk seluruh proses pendaftaran dan ujian.

IUYOS dilaksanakan di berbagai tempat termasuk Indonesia dan untuk mengikuti ujian ini, calon mahasiswa dikenakan biaya kurang lebih sebesar 250 TL atau 19 USD.

Prosedur Pendaftaran Jenjang Pascasarjana di Istanbul University

Sama seperti jenjang sarjana, prosedur pendaftaran, dokumen yang diperlukan serta batas waktu pendaftaran untuk jenjang pascasarjana di Istanbul University dapat berbeda-beda tergantung jurusan yang dipilih. Namun secara umum, pelajar yang ingin mendaftar jenjang pascasarjana di Istanbul University harus memenuhi beberapa persyaratan umum antara lain :

  1. Untuk pelamar jenjang S2, IPK pada jenjang S1 harus mencapai minimal 65/100 dan untuk pelamar jenjang S3, IPK pada jenjang S2 harus mencapai minimal 75/100.

  2. Pelamar jenjang pascasarjana juga harus menyertakan 2 (dua) referensi akademik dari akademisi yang memiliki publikasi di bidang studi yang diminati pelamar

Pelamar jenjang pascasarjana dapat mendaftar melalui portal pendaftaran online pada tautan  http://basvuru.istanbul.edu.tr.  

          Baca juga: Ingin Kuliah Ke Turki? Jangan Lupa Bawa Barang Barang Ini Ya!

Biaya Kuliah di Istanbul University dan Beasiswa

Secara umum, biaya kuliah di Istanbul University untuk jenjang sarjana berkisar dari 0 TL (beberapa program studi di Fakultas Theologi) – 80.000 TL untuk setiap tahun akademik. Sedangkan untuk jenjang pasca sarjana, seluruh program studi di Istanbul University memasang tarif biaya kuliah yang sama yaitu sebesar 14.000 TL setiap tahunnya.

Untuk membantu dalam proses pembiayaan, pelajar internasional yang tertarik untuk melanjutkan studi di Istanbul University dapat mencoba program beasiswa fully funded, Turkiye Burslari Scholarship yang dibuka oleh Pemerintah Turki untuk calon mahasiswa di seluruh jenjang pendidikan baik sarjana maupun pasca sarjana. Melalui program beasiswa ini, pelajar internasional bisa mendapatkan banyak benefit sebagai berikut :

  1. Biaya kuliah

  2. Uang saku bulanan sebesar 1000 TL untuk jenjang S1, 1400 TL untuk jenjang S2 dan 1800 TL untuk jenjang S3

  3. Biaya akomodasi

  4. Biaya penerbangan

  5. Biaya asuransi kesehatan

Program beasiswa ini biasanya dibuka pada bulan Januari – Februari setiap tahunnya.

Selamat mencoba!



Artikel Lainnya