Berapa Lama Jam Belajar di Finlandia? Kenali Sistem Pendidikan Finlandia Lebih Dekat

Kamu wajib tau jam belajar Finlandia jika berminat kuliah di luar negeri. Banyak orang berpendapat bahwa semakin banyak waktu yang dihabiskan seseorang untuk belajar, maka semakin banyak pula ilmu yang bisa diperoleh. Menariknya, Finlandia sebagai negara yang disebut-sebut memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia justru menerapkan jam belajar yang relatif singkat dibandingkan negara-negara lain di dunia. 

Berapa lama jam belajar Finlandia dan apa alasan di balik penerapan kebijakan pendidikan yang tidak konvensial ini? Simak jawabannya di bawah ini.

 

Serba-Serbi Sistem Pendidikan di Finlandia

Secara umum, sistem pendidikan di Finlandia terbagi ke dalam beberapa tahapan sebagai berikut :

1. Pendidikan anak usia dini, yang diberikan untuk anak-anak usia dini

2. Pra Pendidikan Dasar, yang diberikan kepada anak-anak berusia 6 tahun selama 1  tahun

3. Pendidikan dasar selama 9 tahun yang wajib diperoleh oleh anak-anak berusia 7-16 tahun

4. Pendidikan menengah atas, yang dibedakan menjadi 2 (dua) jenis yaitu Vocational Education and Training serta General Upper Secondary Education yang dapat dipilih sesuai minat dan bakat siswa

5. Pendidikan tinggi, yang diberikan oleh universitas atau university of applied sciences di Finlandia dengan kualifikasi akademik berupa gelar Sarjana, Master dan Doktoral

6. Adult Education, yang umumnya diberikan untuk menambah keahlian bagi para pekerja professional

Meskipun sistem pendidikan ini tampak mirip dengan sistem pendidikan di negara lain, termasuk Indonesia, terdapat beberapa hal mendasar yang membedakan Finlandia dengan negara lainnya termasuk di antaranya tidak ada sistem penilaian terstandarisasi, banyaknya alternatif pendidikan yang bisa dipilih siswa sesuai minat setelah menyelesaikan pendidikan dasar seperti sekolah kejuruan, universitas, hingga kelas-kelas pelatihan, tingginya kualitas guru hingga jam belajar Finlandia yang lebih singkat.

 

Baca Juga: Aalto University, Salah Satu Kampus Terbaik di Finlandia

 

Jam Belajar Finlandia

Sekolah di Finlandia umumnya dimulai pada pukul 9 pagi dan siswa di Finlandia biasanya hanya perlu menghabiskan waktu selama 5 jam sehari atau 20 jam seminggu untuk belajar di sekolah. Selain itu, siswa juga diberikan waktu istirahat selama 15 menit setiap 45 menit yang bisa dipakai untuk bermain atau melakukan aktivitas menyenangkan lainnya. 

Penerapan jam belajar Finlandia ini tentu saja membantu meningkatkan konsentrasi siswa saat belajar serta membantu siswa menyeimbangkan waktu antara belajar dan bermain. Dampak positif jam belajar Finladia yang singkat juga dirasakan oleh guru yang hanya perlu menghabiskan waktu mengajar selama 4 (empat) jam di kelas. Guru-guru di Finlandia juga memiliki waktu yang lebih banyak untuk melakukan pengembangan diri secara professional yang pada akhirnya berpengaruh besar di dalam kelas.

Bagaimana dengan mahasiswa yang melanjutkan pendidikan di Finlandia?

Salah satu kebijakan menarik yang diberikan oleh Finlandia untuk pelajar internasional yang berkuliah di Finlandia adalah kesempatan untuk bekerja selama 25-30 jam seminggu untuk menambah pengalaman kerja. Selain itu, pelajar internasional juga diperbolehkan untuk memperpanjang izin tinggal di Finlandia selama 2 (dua) tahun setelah lulus untuk mencari pekerjaan di Finlandia. Menarik, bukan?    

 

Baca Juga: Tertarik Ingin Kuliah di Finlandia? Raih Beasiswanya

 

Rekomendasi Bimbingan Lolos Kuliah di Finlandia

Ingin tahu lebih banyak tentang sistem pendidikan Finlandia dan kuliah di Finlandia? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat menembus universitas di Finlandia? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Jam Belajar di Finlandia