5 Beasiswa Kuliah di Finlandia: Syarat & Cakupan

Negara nordik yang terletak di Eropa Utara ini terkenal memiliki kualitas pendidikan yang maju dan sering menjadi acuan kurikulum bagi negara – negara lain, termasuk Indonesia. Selain itu Finlandia juga salah satu negara teraman di dunia dengan menanamkan nilai – nilai kesetaraan, integritas dan keterbukaan sebagai hak fundamental bagi warganya.

Bukan berarti program studi yang ada di Finlandia hanya berfokus kepada ilmu pengetahuan alam dan teknologi saja. Perkembangan media dan komunikasinya pun tergolong sangat baik apalagi kesejahteraan jurusan pendidikan. Sungguh menarik bukan Hunters?

Nah bagi kamu yang hendak melanjutkan studi pascasarjana maupun sarjana tidak ada salahnya menjadikan Finlandia sebagai negara pilihan. Berikut ini info beasiswa S1, S2, dan S3 studi di Finlandia.

A. Beasiswa S1 Finlandia

1. Tampere University Tuition Fee Scholarship

Tampere University Tuition Fee Scholarship adalah beasiswa untuk studi di universitas Tampere, dengan pendanaan parsial atau 100% tuition waiver, informasi sebagai berikut:

Syarat Pendaftar

  1. Harus melamar beasiswa sebagai bagian dari aplikasi untuk masuk selama periode pendaftaran
  2. Pelajar internasional yang merupakan warga negara di luar UE dan EEA atau Swiss

Cakupan Beasiswa

  1. Beasiswa biaya kuliah Universitas Tampere mencakup 100% dari biaya kuliah selama durasi program.
  2. Selama studi, semua pelajar yang membayar biaya berhak untuk mengajukan beasiswa biaya kuliah Tampere University yang mencakup 50% dari biaya kuliah.

Disiplin dan Jurusan

  1. Ilmu Pengetahuan Alam: Matematika, Fisika, Kimia, Ilmu Pengetahuan Alam Terapan
  2. Teknik: Teknik Elektro, Mekanik, Teknik Robotik, Teknik Komputer, Teknik Biomedis
  3. Humaniora dan Ilmu Sosial: Psikologi, Ilmu Hukum dan Hukum, Bahasa dan Sastra, Antropologi, Ilmu Komunikasi, Ilmu Budaya dan Agama, Filsafat, Seni Liberal, Studi Gender, Sejarah, Sosiologi, Linguistik, Studi Regional, Pekerjaan Sosial, Leksikografi, Arkeologi, Kriminologi, Kemanusiaan, Jurnalisme, Studi Kemasyarakatan, Masyarakat dan Budaya, Ilmu Kemanusiaan, Humaniora, Studi Game, Humaniora Digital dan Ilmu Sosial Komputasi, Bahasa Cina, Studi Cina, Bahasa Inggris dan Linguistik, Sastra Inggris, Studi Global, Studi Jepang, Studi Melayu , Studi Asia Selatan, Studi Asia Tenggara, Studi Amerika, Studi Masa Kecil, Studi Klasik, Sastra dan Budaya Komparatif, Sastra Perancis, Sastra Jerman, Sastra Italia, Bahasa Modern, Sastra Portugis, Sastra Rusia, Sastra Spanyol, Studi Hungaria, Italianistica, Rumania Studi, Studi Slavonic, Konservasi, Hak Asasi Manusia, Studi Keamanan Kritis, Manajemen Konflik dan Aksi Kemanusiaan, Studi Media, Ketimpangan dan Ilmu Sosial, Pembangunan Kapasitas Asia, Kecerdasan Buatan, Studi Belanda, Studi Eropa, Yunani, Latin, Timur Tengah Kuno, Ibrani dan Studi Yahudi, Studi Skandinavia, perdamaian dan konflik, Kekerasan dan Otoritarianisme, Psikologi Kesehatan Klinis, LLM Hukum dan Tata Kelola Lingkungan Global
  4. TIK: Ilmu Komputer, Teknologi Digital
  5. Arsitektur: Perencanaan Kota
  6. Pendidikan: Pendidikan Umum

Dokumen Persyaratan

  1. Sertifikat lulusan (dalam bahasa asli dan dalam bahasa Inggris/Swedia/Finlandia)
  2. Transkrip
  3. Kemahiran bahasa Inggris
  4. Surat motivasi
  5. Paspor

Cara Daftar

Kirimkan aplikasi Hunters untuk masuk di Studyinfo.fi termasuk dokumen pendidikan kamu ya.

 

Baca Juga: Ayo Cek 7 Daftar Negara Terbaik Dalam Sistem Pendidikan di Asia Tenggara

 

2. Aalto University Scholarship (International Undergraduate Program)

Aalto University Scholarship adalah beasiswa untuk studi di universitas Aalto, dengan pendanaan parsial atau 100% tuition waiver, informasi sebagai berikut:

Syarat Pendaftar

  1. Warga negara non-UE/EEA
  2. Jika kamu dianggap bertanggung jawab atas biaya kuliah, kamu akan ditawari opsi untuk mendaftar atau tidak mengajukan Beasiswa Universitas Aalto.

Beasiswa diberikan untuk periode normatif. Masa studi normatif adalah tiga (3) tahun studi penuh waktu untuk gelar sarjana dan dua (2) tahun studi penuh waktu untuk gelar master. Beasiswa membutuhkan studi penuh waktu dan belajar sesuai dengan rencana studi pribadi yang disetujui.

Selain beasiswa pengabaian biaya kuliah, Universitas Aalto memiliki beasiswa berbasis insentif yang memberi penghargaan kepada pelajar yang membayar biaya penuh atau sebagian, yang membuat kemajuan baik dalam studi di Aalto. Jika Hunters lulusan program sarjana yang melanjutkan program magister dengan IPK minimal 3,80 berhak mendapatkan beasiswa. Beasiswa diberikan sebagai pembebasan biaya kuliah 100% untuk kerangka waktu target gelar master.

Cakupan Beasiswa

  1. Beasiswa universitas Aalto mencakup 50% (Kategori B) atau 100% (Kategori A) dari biaya kuliah. Beasiswa universitas Aalto diberikan sebagai keringanan biaya kuliah.
  2. Beasiswa berbasis insentif adalah 1.500 EUR untuk kemajuan yang baik dalam studi kamu. Beasiswa dibayarkan pada periode musim gugur berikutnya (atau setelah lulus, jika berlaku).

Disiplin dan Jurusan

  1. Teknik: Teknik Elektro, Mekanik, Teknik Robot, Teknik Kimia
  2. Keuangan dan Ekonomi: Ekonomi
  3. TIK: Ilmu Data, Kecerdasan Buatan
  4. Bisnis: Administrasi Bisnis

Dokumen Persyaratan

  1. Dokumen pendidikan (misalnya, transkrip catatan dan sertifikat gelar, serta terjemahan resmi jika berlaku)
  2. Hasil tes SAT/ACT
  3. Fotokopi paspor/KTP
  4. Dokumen yang diperlukan oleh pilihan studi (misalnya. CV, surat motivasi, portofolio)

Cara Daftar

Jika Hunters bukan warga negara UE / EEA, kamu dapat mengajukan permohonan beasiswa saat mendaftar ke universitas Aalto. Aplikasi beasiswa adalah bagian dari formulir aplikasi untuk masuk. Pada formulir aplikasi, kamu akan ditanyai pertanyaan yang menentukan tanggung jawab kamu terhadap biaya. Jika Hunters dianggap bertanggung jawab atas biaya kuliah, maka akan ditawari opsi untuk mendaftar atau tidak mengajukan beasiswa universitas Aalto. Hanya pelajar yang berkewajiban membayar biaya kuliah di universitas Aalto yang dapat mengajukan beasiswa universitas Aalto (yaitu keringanan biaya kuliah).

Beasiswa harus diterapkan selama periode aplikasi. Tidak mungkin mengajukan beasiswa setelah periode aplikasi berakhir. Kmau tidak bisa mendapatkan beasiswa jika belum melamarnya selama periode aplikasi. Tidak diperlukan bukti resmi tingkat keterampilan bahasa Inggris. Namun, karena bahasa Inggris adalah bahasa pengantar, semua peserta harus siap untuk memahami bahasa Inggris yang cepat dan idiomatis yang diucapkan dalam kuliah dan diskusi kelompok. Di dalam Grup Penerimaan yang diharuskan memiliki hasil tes SAT atau ACT, tes tersebut merupakan bukti kemahiran bahasa yang memadai.

Jika Hunters merasa fokus studi dan pengalaman yang dipunya sesuai dengan beasiswa Swedia di atas, Hunters dapat membaca informasi lebih lanjutnya di sini. 

Tertarik dengan pilihan beasiswa ke Finlandia di atas dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silakan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun!

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

B. Beasiswa S2 Finlandia

1. LPDP Reguler

LPDP Reguler adalah beasiswa dengan pendanaan penuh, informasi sebagai berikut:

Syarat Pendaftar

  1. a. Warga Negara Indonesia.
  2. Telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister; program magister (S2) untuk beasiswa doktor, atau diploma empat (D4)/sarjana (S1) langsung doktor.
  3. b. Bagi pendaftar dari diploma empat (D4)/sarjana (S1) langsung doktor wajib memenuhi ketentuan sebagai berikut:
    1. Memiliki LoA Unconditional dari Perguruan Tinggi tujuan, dan
    2. Memenuhi seluruh kriteria sebagai pendaftar program beasiswa Doktor (S3).
  4. Pendaftar yang telah menyelesaikan studi magister (S2) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa magister dan pendaftar yang telah menyelesaikan studi doktor (S3) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa doktor.
  5. Bagi pendaftar lulusan perguruan tinggi luar negeri pada jenjang pendidikan sebelumnya, wajib melampirkan hasil penyetaraan ijazah dan konversi IPK dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, melalui laman https://ijazahln.kemdikbud.go.id/ijazahln/ tangkapan layar ajuan penyetaraan ijazah dan konversi IPK pada laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengenai penyetaraan ijazah dan konversi IPK bagi pendaftar yang penyetaraan ijazah dan/atau konversi IPK-nya belum terbit.
  6. Tidak sedang menempuh studi (on going) program magister ataupun doktor baik di perguruan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi di luar negeri.
  7. Tidak sedang mendaftar, akan menerima, atau menerima beasiswa dari sumber lain yang berpotensi double funding selama menjadi penerima beasiswa LPDP.
  8. Pendaftar yang melampirkan LoA Unconditional dengan waktu mulai studi yang tidak sesuai dengan ketentuan LPDP maka wajib melampirkan surat keterangan penundaan jadwal perkuliahan program studi dari Perguruan Tinggi yang diunggah bersamaan dengan LoA Unconditional.
  9. Melampirkan surat rekomendasi sesuai dengan persyaratan masing-masing program.
  10. Bagi pendaftar berstatus PNS dan CPNS di semua program beasiswa LPDP wajib melampirkan surat usulan sekurang – kurangnya dari pejabat setingkat eselon II yang membidangi pembinaan/ pengembangan SDM pada Kementerian/ Lembaga atau Pemerintah Daerah untuk mengikuti program beasiswa LPDP kepada LPDP pada saat pendaftaran beasiswa LPDP.
  11. Bagi pendaftar berstatus prajurit TNI di semua program beasiswa LPDP wajib melampirkan surat usulan sekurang – kurangnya pejabat yang membidangi pembinaan SDM pada Mabes TNI/ TNI AD/ TNI AL/ TNI AU untuk mengikuti program beasiswa LPDP kepada LPDP pada saat pendaftaran beasiswa LPDP.
  12. Bagi pendaftar berstatus anggota POLRI di semua program beasiswa LPDP wajib melampirkan surat usulan sekurang-kurangnya pejabat yang membidangi pembinaan SDM pada Mabes POLRI untuk mengikuti program beasiswa LPDP kepada LPDP pada saat pendaftaran beasiswa LPDP.
  13. Memilih Perguruan Tinggi Tujuan dan program studi sesuai dengan ketentuan LPDP.
  14. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan persyaratan Bahasa sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pada masing-masing program beasiswa.
  15. Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler atau kelas yang ditetapkan oleh LPDP.
  16. Beasiswa dapat diberikan untuk kelas khusus dalam bentuk progam kerja sama antara LPDP dengan instansi lain.
  17. Menyetujui surat pernyataan yang telah disediakan pada aplikasi pendaftaran beasiswa LPDP (poin – poin terlampir).
  18. Menulis profil diri termasuk riwayat pendidikan yang tidak diselesaikan pada aplikasi pendaftaran.
  19. Menulis komitmen kembali ke Indonesia, rencana pasca studi, dan rencana kontribusi di Indonesia.
  20. Menulis Proposal Penelitian bagi pendaftar program pendidikan doktor.
  21. Jika pendaftar memiliki publikasi ilmiah, prestasi kejuaraan/non kejuaraan, dan pengalaman organisasi maka pendaftar mengisi riwayat publikasi ilmiah, prestasi kejuaraan/non kejuaraan, dan pengalaman organisasi pada aplikasi pendaftaran.

Persyaratan Khusus 

  1. Memenuhi ketentuan batas usia pendaftar pada 31 Desember di tahun pendaftaran yaitu:
    1. Pendaftar jenjang pendidikan magister  berusia paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun.
    2. Pendaftar jenjang pendidikan Doktor berusia paling tinggi 40 (empat puluh) tahun.
  2. Mengunggah dokumen Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan ketentuan sebagai berikut:
    1.   Pendaftar jenjang Magister wajib memiliki IPK pada jenjang studi sebelumnya sekurang-kurangnya 3,00 pada skala 4,00 atau yang setara dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau telah dilegalisir.
    2.   Pendaftar jenjang Doktor wajib memiliki IPK pada jenjang studi sebelumnya sekurang-kurangnya 3,25 pada skala 4,00 atau yang setara dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau telah dilegalisir.
  3. Khusus untuk pendaftar jenjang Doktor dari program Magister Penelitian tanpa IPK, wajib melampirkan surat keterangan dari perguruan tinggi asal.
  4. Mengunggah dokumen sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang diterbitkan paling lambat pada 2 (dua) tahun terakhir dari tahun pendaftaran beasiswa oleh ETS (www.ets.org), PTE Academic (www.pearsonpte.com), atau IELTS (www.ielts.org) dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Pendaftar program Magister Dalam Negeri skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL® ITP 500, TOEFL® iBT 61, PTE Academic 50; atau IELTS™ 6,0.
    2. Pendaftar program Magister Luar Negeri, skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT® 80; PTE Academic 58; atau IELTS™ 6,5.
    3. Pendaftar program Doktor Dalam Negeri, skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL® ITP 530, TOEFL® iBT 70, PTE Academic 50; atau IELTS™ 6,0.
    4. Pendaftar program Doktor Luar Negeri, skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT® 94; PTE Academic 65; atau IELTS™ 7,0.
    5. Sertifikat TOEFL ITP yang berlaku harus berasal dari lembaga resmi penyelenggara tes TOEFL ITP di Indonesia.
  5. Melampirkan surat rekomendasi dari tokoh masyarakat atau akademisi

Cakupan Beasiswa

  1. Dana Pendidikan:
    1.   Dana Pendaftaran
    2.   Dana SPP/Tuition Fee/Uang Kuliah Tunggal
    3.   Dana Tunjangan Buku
    4.   Dana Penelitian Tesis/Disertasi
    5.   Dana Seminar Internasional
    6.   Dana Publikasi Jurnal Internasional
  2. Biaya pendukung:
    1.   Dana Transportasi
    2.   Dana Aplikasi Visa
    3.   Dana Asuransi Kesehatan
    4.   Dana Kedatangan
    5.   Dana Hidup Bulanan
    6.    Dana Lomba Internasional
    7.   Dana keadaaan darurat (jika diperlukan)

Disiplin dan Jurusan

  1. Ilmu Pengetahuan Alam: Matematika, Statistik, Fisika, Ilmu Bumi, Kimia, Ilmu Pengetahuan Alam Terapan, Astronomi
  2. Ilmu dan Teknologi Hayati: Ilmu Biologi, Bioteknologi, Studi Pertanian, Ilmu Pangan, Kelautan/Kehutanan, Akuakultur
  3. Ilmu Kesehatan dan Kedokteran: Psikologi Klinis, Ilmu Kedokteran, Ilmu Biomedis, Kesehatan Masyarakat, Farmasi, Kedokteran Hewan
  4. Teknik: Teknik Elektro, Mekanik, Teknik Robot, Teknik Komputer, Teknik Sipil, Teknik Kimia, Teknik Dirgantara, Teknik Pertambangan dan Perminyakan, Teknik Industri, Teknik Umum, Ilmu dan Teknik Material, Teknik Lingkungan, Teknik Biomedis
  5. Humaniora dan Ilmu Sosial: Psikologi, Ilmu Hukum dan Hukum, Bahasa dan Sastra, Antropologi, Ilmu Komunikasi, Ilmu Budaya dan Agama, Filsafat, Seni Liberal, Ilmu Gender, Sejarah, Sosiologi, Ilmu Kewilayahan, Pekerjaan Sosial, Kriminologi
  6. Seni: Mode, Desain Visual, Desain Produk, Seni Rupa, Musik, Seni Pertunjukan, Seni Visual
  7. Keuangan dan Ekonomi: Keuangan, Ekonomi, Pajak, Akuntansi
  8.  TIK: Ilmu Komputer, Ilmu Data, Kecerdasan Buatan, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Teknologi Digital
  9. Bisnis: Administrasi Bisnis, Manajemen Bisnis, Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Organisasi, Rantai Pasokan dan Manajemen Logistik
  10. Studi Lingkungan: Perubahan Iklim, Manajemen Sumber Daya Alam, Manajemen Energi, Studi Lingkungan Umum
  11. Arsitektur: Arsitektur, Perencanaan Kota, Desain Interior
  12. Pendidikan: Pendidikan Bahasa, Pendidikan Umum
  13. Perhotelan: Pariwisata, Kuliner, Manajemen Hotel
  14. Ilmu Politik: Pemerintahan, Hubungan Internasional, Administrasi Publik, Kebijakan Publik, Ilmu Politik
  15. Olahraga: Olahraga, Ilmu Olahraga, Kesehatan Olahraga, Pendidikan Olahraga

Dokumen Persyaratan

  1. Biodata diri
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Scan Ijazah S1/S2 (asli atau legalisir) atau SKL (Surat Keterangan Lulus)
  4. Scan Transkrip Nilai S1/S2 (bukan Transkrip Profesi)
  5. Dokumen penyetaraan ijazah dan konversi IPK dari Kemendikbudristek atau tangkapan layar pengajuan penyetaraan ijazah dan konversi IPK
  6. Sertifikat bahasa Asing yang dipersyaratkan dan masih berlaku (asli)
  7. Letter of Acceptance (LoA) Unconditional yang masih berlaku dan sesuai dengan Perguruan Tinggi serta Program studi yang dipilih
  8. Surat Rekomendasi dari tokoh masyarakat atau akademisi *)
  9. Surat pernyataan pada aplikasi pendaftaran saat akan melakukan submit (poin – poin terlampir)
  10. Surat usulan dari pejabat yang membidangi SDM:
    1. Pejabat Eselon II/setara bagi pendaftar berprofesi PNS
    2.   Pejabat pada Mabes TNI/ TNI AD/TNI AL/TNI AU bagi pendaftar berstatus prajurit TNI
    3. Pejabat pada Mabes POLRI bagi pendaftar berstatus anggota POLRI *)
  11. Profil diri pada formulir pendaftaran online
  12. Komitmen kembali ke Indonesia, rencana pasca studi, dan rencana kontribusi di Indonesia
  13. Proposal penelitian (khusus Doktor)
  14. Publikasi ilmiah, prestasi kejuaraan/non kejuaraan, dan pengalaman organisasi

Cara Daftar

  1. Mendaftar secara online pada situs Pendaftaran Beasiswa LPDP: https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/.
  2.  Melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan pada aplikasi pendaftaran.
  3. Pastikan melakukan submit aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi/pendaftaran.
  4. Proses seleksi beasiswa reguler sebagai berikut:
    1.   Seleksi Administrasi
    2.   Seleksi Bakat Skolastik
    3.   Seleksi Substansi

Catatan: Bagi pendaftar program Beasiswa Reguler yang mengunggah LoA Unconditional dan telah diakui LPDP pada Seleksi Administrasi dapat melanjutkan ke tahap Seleksi Substansi.

Baca Juga: Ini Dia Cara Kuliah Gratis di 8 Negara Pilihan

2. Finland Scholarships

Beasiswa Finlandia ditawarkan untuk studi Master dan Doktoral di universitas riset dan seni Finlandia. Beasiswa Finlandia menawarkan bantuan kepada pelajar internasional dari luar EU/EEA dalam mendanai pendidikan universitas di Finlandia, memastikan pelajar mendapatkan dukungan terbaik untuk menyelesaikan sebagian besar studinya, mengembangkan bakat mereka, dan meluncurkan karier yang sukses setelah lulus.

Beasiswa ini ditujukan untuk pelajar berbakat non-EU/EEA yang bertanggung jawab atas biaya kuliah dan mendaftar untuk program master internasional di universitas Finlandia. Beasiswa mencakup biaya kuliah tahun pertama dan hibah relokasi minimal 5.000 €. Banyak universitas menawarkan opsi beasiswa lebih lanjut untuk tahun kedua studi master.

Hunters dapat mengajukan beasiswa dari universitas saat mendaftar. Silakan periksa prosedur aplikasi, tenggat waktu dan persyaratan terperinci langsung dari universitas yang tersedia, antara lain:

  1.         Universitas Aalto
  2.         Universitas Helsinki
  3.         Universitas Finlandia Timur
  4.         Universitas Jyväskylä
  5.         Universitas Lapland
  6.         Universitas LUT
  7.         Universitas Oulu
  8.         Sekolah Ekonomi Hanken
  9.         Universitas Seni Helsinki
  10.         Universitas Tampere
  11.         Universitas Turku
  12.         Universitas Vaasa
  13.         Universitas Åbo Akademi

C. Beasiswa S3 Finlandia

1. EDUFI Fellowship

EDUFI Fellowship adalah beasiswa dengan pendanaan parsial, informasi sebagai berikut:

Syarat Pendaftar

  1.         Bekerja sebagai peneliti atau guru di departemen universitas Finlandia
  2.         Akan menjadi tuan rumah bagi rekan peneliti
  3.         Akan berkomitmen pada tujuan bersama dengan rekan peneliti
  4.         Akan menawarkan fasilitas dan peralatan untuk digunakan oleh rekan peneliti
  5.         Akan mengawasi penelitian

Cakupan Beasiswa

1.900 euro/bulan.

Disiplin dan Jurusan

Semua disiplin ilmu dan jurusan.

Dokumen Persyaratan

  1.         Formulir aplikasi
  2.         Motivasi pelamar
  3.         CV lengkap calon penerima beasiswa
  4.         Rencana penelitian

Cara Daftar

Kirimkan formulir yang ditandatangani dan lampiran melalui email ke: Kirjaamo(at)oph.fi, dan tulis “EDUFI Fellowship” di baris subjek email.

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Lolos Beasiswa Finlandia

Ingin lulus di beasiswa Finlandia? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap

[Schoters] Form Konsultasi Harvester