Jurusan di Oxford University: Cek Jurusan Favorit dan Terbaik!

Siapa yang tidak mengenal Oxford University? Kampus tempat artis papan atas Indonesia, Maudy Ayunda, menempuh jenjang S-1. Secara konsisten, kampus ini berada dalam jajaran TOP 5 universitas terbaik dunia dari tahun ke tahun. Pada pemeringkatan terbaru, Oxford University menempati peringkat 4 QS World University Ranking 2023. Sebagai salah satu kampus top dunia, kualitas pembelajaran di Oxford University tidak perlu diragukan lagi. Terdapat sekitar 100 jurusan yang ditawarkan oleh universitas ini. Secara garis besar, Oxford membagi keilmuan yang diajarkan ke dalam 4 divisi, yaitu Humanities, Mathematical, Physical and Life Sciences, Medical Sciences, dan Social Sciences. Keempat divisi tersebut kemudian diperinci menjadi beberapa fakultas dan departemen. Simak ulasan lengkap mengenai jurusan-jurusan di Oxford University berikut ini!

Humanities Division

Salah satu bidang unggulan Oxford! QS WUR by subject 2022 bahkan menempatkan Oxford University sebagai nomor 1 untuk bidang Arts and Humanities. Divisi Humanities Oxford bekerja sama dengan banyak filantropi, perusahaan, dan yayasan dalam penyelenggaran berbagai project. Salah satu project yang sedang berlangsung adalah pembangunan Stephen A Schwarzman Centre for the Humanities yang nantinya akan menjadi pusat kolaborasi jurusan-jurusan Humanities di Oxford, Seperti fasilitas concert hall dan film screening audiotorium yang dapat digunakan untuk pertunjukan musik, tari, dan kesenian lainnya.

Fakultas-fakultas yang ada divisi ini adalah sebagai berikut:

  1. Classics
  2. English Language and Literature
  3. History
  4. Linguistic, Philology, and Phonetics
  5. Medieval and Modern Languages
  6. Music
  7. Oriental Studies
  8. Philosopy
  9. Theology and Religion
  10. Rothermere American Institute
  11. Ruskin School of Art

          Baca juga: Oxford vs Cambridge, Mana yang Lebih Baik? 

Mathematical, Physical and Life Sciences (MPLS) Division

Peneliti di divisi MPLS Oxford telah meraih banyak penghargaan ilmiah termasuk penghargaan bergengsi seperti nobel. Beberapa penerima nobel yang berasal dari Oxford University adalah Sir Roger Penrose untuk bidang fisika tahun 2020 dan John B Goodenough untuk bidang kimia tahun 2019. Semua departemen di divisi MPLS Oxford telah mengantongi Athena Swan Awards. Piagam Athena Swan sendiri menunjukkan komitmen Oxford dalam mendukung dan memajukan karir perempuan di bidang sains.

Terdapat 10 departemen yang menjadi bagian dari divisi MPLS , yaitu:

  1. Mathematical
  2. Computer Science
  3. Statistics
  4. Physics
  5. Materials
  6. Engineering Science
  7. Zoology
  8. Plant Sciences
  9. Biology
  10. Chemistry
  11. Earth Sciences

tips essay beasiswa chevening

Medical Division

Merupakan divisi terbesar di Oxford University dengan luas mencapai 124.025 meter persegi dan mencakup 71 bangunan. Memiliki 1.879 mahasiswa sarjana, 2.051 mahasiswa pascasarjana, serta 5.901 peneliti, staff administrasi, dan akademisi yang berasal dari 105 negara berbeda. Selain itu, divisi ini juga memiliki jumlah departemen yang paling banyak dibandingkan divisi lainnya yakni 94 departemen.

Pada tahun 2021, Oxford menempati peringkat 1 dan menjadi yang terbaik di dunia untuk bidang medicine versi Times Higher Education. Keunggulan Oxford di bidang ini juga dibuktikan dengan jumlah civitas akademika yang berhasil mendapatkan nobel. Saat ini, sudah ada 17 orang dari Oxford yang menerima penghargaan nobel di bidang medicine.

          Baca juga: Hal yang Harus Kamu Tahu dari Oxford University 

Social Sciences Division

Oxford University adalah salah satu yang terbaik di bidang ini. Sebagaimana data Times Higher Education yang menunjukkan bahwa Oxford menempati peringkat pertama untuk bidang Social Sciences pada tahun 2018, 2019, dan 2022. Pada penilaian Reserach Excellence Framework (REF) 2021, Oxford mendominasi jumlah penelitian untuk kategori Social Sciences atau panel C. Dengan lebih dari 800 orang peneliti, penelitian yang dilakukan Oxford di kategori ini sangat beragam mulai dari geografi, bisnis, hukum, hingga arkaeologi. Selain itu, lebih dari 55% penelitian dari Oxford mendapatkan nilai tinggi dan memimpin panel C.

Divisi Social Sciences menaungi beberapa sekolah, fakultas, dan departemen. Yaitu sebagai berikut:

  • School of Anthropology and Museum Ethnography
  • School of Archaeology
  • Oxford School of Global and Area Studies
  • Said Business School
  • Department of Economics
  • Departement of Education
  • School of Geography and the Environment
  • Blavatnik School of Government
  • Departement of International Development
  • Faculty of Law
  • Department of Politics and International Relations
  • Department of Social Policy and Intervention
  • Department of Sociology

Beasiswa ke Oxford University

Hunters, kamu sudah menyimak fakta-fakta menarik seputar jurusan-jurusan di Oxford University. Mau tahu juga tentang beasiswa untuk kuliah di sana? -> Hubungi konsultan Schoters untuk informasi selengkapnya!

Agar memudahkan persiapan kamu dalam mendaftar beasiswa, Schoters juga menyediakan berbagai program dan layanan menarik lainnya. Cek di sini ya!

tips essay beasiswa chevening