Ketahui Syarat Masuk Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi merupakan salah satu jurusan favorit yang kerap jadi incaran para mahasiswa di dunia, termasuk di Indonesia. Sebab, prospek karier dari jurusan ini terbilang menjajikan.

Namun, apa saja sih yang dipelajari di Jurusan Ilmu Komunikasi? Selain itu, apa saja syarat masuk yang diperlukan calon mahasiswa? Untuk itu, yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Overview Jurusan Ilmu Komunikasi

Secara garis besar, fokus utama Jurusan Ilmu Komunikasi adalah mempelajari berbagai jenis, metode, media dan konsekuensi komunikasi dengan menggunakan pendekatan humanistik, ilmu sosial, dan masih banyak lagi.

Saat ini, Jurusan Ilmu Komunikasi di perguruan tinggi kini juga menggabungkan studi mengenai desain web, kampanye politik, ilmu manajemen, hukum, sosial media, digital marketing, corporate dan product branding, teknis penulisan, hingga data analyst.  

Jurusan Ilmu Komunikasi punya banyak spesialisasi atau track yang dapat dipilih sesuai dengan minat dan rencana karier mahasiswa di masa yang akan datang. Tentu saja, tidak semua universitas memiliki semua spesialisasi yang diinginkan mahasiswa sehingga saat memilih universitas tujuan, perlu juga diperhatikan jenis spesialisasi yang ditawarkan oleh mahasiswa. Beberapa spesialisasi tersebut adalah sebagai berikut:  

  1. Pendidikan komunikasi (communication education), yaitu spesialisasi yang mempelajari penerapan teori dan praktik ilmu komunikasi yang digunakan untuk merancang metode dan kurikulum pendidikan yang digunakan di ruang kelas dan berbagai penerapan ilmu komunikasi dalam konteks pedagogis lainnya.  
  2. Media elektronik dan digital (electronic and digital media), yaitu spesialisasi yang mempelajari penggunaan berbagai media komunikasi yang berbeda untuk berinteraksi dengan audiens.
  3. Komunikasi kesehatan (health communication), yaitu spesialisasi yang mempelajari penerapan ilmu komunikasi dalam berbagai konteks pelayanan kesehatan.
  4. Komunikasi hukum (legal communication), yaitu spesialisasi yang mempelajari penerapan ilmu komunikasi dalam konteks legal.
  5. Komunikasi organisasi (organization communication), yaitu spesialisasi yang mempelajari penerapan ilmu komunikasi dalam konteks organisasi.
  6. Komunikasi politik (political communication), yaitu spesialisasi yang mempelajari penerapan ilmu komunikasi dalam konteks politis termasuk interaksi antar warga negara, tokoh masyarakat, instansi pemerintah, media, kampanye politik, kelompok advokasi dan gerakan sosial.  
  7. Komunikasi visual (visual communication), yaitu spesialisasi yang mempelajari komunikasi dengan menggunakan data atau media visual, seperti arsitektur, fotografi, film atau visual art.
  8. Penyiaran/televisi/radio (broadcasting/television/radio), yaitu spesialisasi yang memiliki fokus mempersiapkan mahasiswa dengan karier di bidang televisi dan radio.
  9. Jurnalisme, yaitu spesialisasi jurusan ilmu komunikasi yang berfokus pada riset dan penulisan di bidang jurnalisme.
  10. Iklan dan pemasaran (advertising and marketing), yaitu spesialisasi yang berfokus pada penerapan ilmu komunikasi di dunia periklanan dan pemasaran.

 

Baca Juga: Barusan Lulus SMA? Ayo Cek Cara Kuliah S1 Gratis Dengan Beasiswa Satu Ini

 

Syarat masuk Jurusan Ilmu Komunikasi

Syarat masuk jurusan ilmu komunikasi dapat berbeda-beda, tergantung program studi, jenjang pendidikan maupun universitas yang dituju. Meskipun demikian, terdapat beberapa syarat umum yang biasanya diperlukan untuk mendaftar jurusan ilmu komunikasi.

A. Jenjang sarjana

Beberapa syarat umum yang diperlukan untuk mendaftar masuk jurusan ilmu komunikasi di jenjang Sarjana antara lain :

  1. Lulus dari jenjang Sekolah Menengah Atas dengan nilai baik atau kualifikasi internasional yang diterima, apabila ingin mendaftar ke universitas luar negeri.
  2. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, yang dibuktikan dengan menunjukkan hasil TOEFL atau IELTS dengan skor minimal yang ditentukan oleh universitas tujuan. 

 

B. Jenjang master

Beberapa syarat umum yang diperlukan untuk mendaftar masuk jurusan ilmu komunikasi di jenjang Magister antara lain:

  1. Lulus dari jenjang Sarjana dari jurusan yang relevan atau sesuai kriteria yang telah ditetapkan oleh universitas.
  2. Memenuhi syarat Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) jenjang Sarjana yang telah ditetapkan universitas.
  3. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, yang dibuktikan dengan menunjukkan hasil TOEFL atau IELTS dengan skor minimal yang telah ditentukan.
  4. Menunjukkan bukti pengalaman kerja, apabila diperlukan.
  5. Menunjukkan dokumen lain yang diperlukan sesuai ketentuan universitas seperti daftar publikasi akademik, contoh penulisan akademik (academic writing), surat rekomendasi, personal essay atau motivation letter dan hasil tes terstandarisasi seperti GRE atau GMAT, apabila diperlukan.  

 

C. Jenjang doktoral  

Beberapa syarat umum yang diperlukan untuk mendaftar masuk jurusan ilmu komunikasi di jenjang Doktoral antara lain:

  1. Lulus dari jenjang Magister dari jurusan yang relevan atau sesuai kriteria yang telah ditetapkan oleh universitas.
  2. Memenuhi syarat Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) jenjang Master yang telah ditetapkan universitas
  3. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, yang dibuktikan dengan menunjukkan hasil TOEFL atau IELTS dengan skor minimal yang telah ditentukan.
  4. Menunjukkan bukti pengalaman kerja, apabila diperlukan
  5. Menunjukkan dokumen lain yang diperlukan sesuai ketentuan universitas seperti daftar publikasi akademik, contoh penulisan akademik (academic writing), surat rekomendasi, personal essay atau motivation letter dan hasil tes terstandarisasi seperti GRE atau GMAT, apabila diperlukan.  

 

Kompetensi yang dipelajari

Jurusan ilmu komunikasi juga mengajarkan beberapa keahlian spesifik yang dapat digunakan mahasiswa untuk membangun karir di banyak bidang yang berhubungan dengan komunikasi. Beberapa keahlian tersebut adalah sebagai berikut.

1. Content Creation

Jurusan ilmu komunikasi akan membekali mahasiswa dengan kemampuan membuat atau menciptakan konten berkualitas tinggi untuk menyampaikan pesan yang diperlukan, dengan menggunakan berbagai macam media sesuai kebutuhan. Di era digital dimana konten selalu menjadi kunci penting dalam strategi bisnis, keahlian ini menjadi salah satu keahlian yang dicari oleh perusahaan.

2. Public Speaking

Menempuh pendidikan di jurusan ilmu komunikasi juga membantu mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam ranah publik untuk berbagai keperluan, seperti pemasaran, administrasi bisnis, pendidikan hingga politik.

3. Riset Kuantitatif dan Kualitatif

Melalui jurusan ilmu komunikasi, mahasiswa juga belajar berbagai metode penelitian, baik kuantitatif maupun kualitatif, yang digunakan untuk melakukan riset di bidang komunikasi secara efektif.

4. Negosiasi

Kemampuan untuk melakukan negosiasi untuk mendapatkan hasil yang memuaskan bagi semua pihak yang terlibat menggunakan berbagai strategi komunikasi yang efektif juga merupakan salah satu keahlian penting yang bisa dipelajari di jurusan ilmu komunikasi.

5. Cross Cultural Communication

Peran komunikasi lintas budaya (cross cultural communication) yang mampu meminimalisir terjadinya miskomunikasi atau misinterpretasi dalam proses pertukaran informasi menjadi semakin penting mengingat semakin banyak perusahaan atau organisasi yang saat ini bergerak di skala global.

 

Prospek karier lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi

Mengingat komunikasi akan selalu menjadi bagian yang penting di setiap organisasi atau perusahaan, lulusan jurusan ilmu komunikasi juga umumnya memiliki prospek karier menarik yang cukup besar di banyak bidang. Berbagai pilihan karier yang bisa dicoba oleh lulusan jurusan ilmu komunikasi adalah sebagai berikut.

1. Bidang marketing, periklanan dan hubungan masyarakat

Keahlian lulusan jurusan ilmu komunikasi untuk menyusun strategi komunikasi yang efektif menggunakan berbagai media komunikasi baik social media, televisi dan lain sebagainya membuat prospek karir lulusan jurusan ilmu komunikasi di bidang marketing, advertising and public relations cukup besar.

Beberapa alternatif profesi yang bisa dicoba di bidang ini antara lain public relations specialists, advertising specialists, marketing specialist dan masih banyak lagi.

2. Bidang media, jurnalisme, dan penyiaran

Salah satu prospek karier yang menarik lainnya bagi jurusan ilmu komunikasi adalah prospek karier di bidang media, jurnalisme dan penyiaran. Kemampuan melakukan riset, menulis dan analisis yang didapatkan dari program studi jurusan komunikasi menjadi sangat berguna untuk menulis naskah acara, naskah berita dan berbagai publikasi lainnya. Beberapa alternatif profesi yang bisa dicoba di bidang ini antara lain copywriters, penyiar televisi atau radio, jurnalis dan lain-lain.

3. Bidang bisnis dan hubungan industrial

Lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi juga memiliki prospek karier yang menarik di bidang bisnis melalui kemampuan mereka menyusun strategi komunikasi yang sejalan dengan tujuan, visi atau misi perusahaan atau organisasi.

Beberapa keahlian yang dibutuhkan oleh lulusan jurusan ilmu komunikasi untuk membangun karier di bidang ini antara lain: kemampuan mediasi, presentasi dan negosiasi. Beberapa alternatif profesi yang bisa dicoba di bidang ini antara lain mediator, negosiator, labor relation experts dan lain-lain.

4. Bidang politik dan pemerintahan

Dunia politik selalu membutuhkan orang-orang yang memiliki keahlian untuk berkomunikasi dengan publik sambil tetap menjaga citra dan reputasi yang menguntungkan secara politis. Oleh sebab itu, lulusan jurusan ilmu komunikasi memiliki prospek karier yang cukup besar di bidang politik dan pemerintahan.

Beberapa alternatif profesi yang bisa dicoba oleh lulusan jurusan ilmu komunikasi di bidang ini antara lain manajer kampanye politik, community relations specialist, lobbyist dan lain sebagainya.

 

Baca Juga: Inilah Manfaat Nilai Kamu Cumlaude Untuk Karier Kedepan!

 

Universitas luar negeri terbaik untuk Jurusan Ilmu Komunikasi

Tertarik untuk melanjutkan pendidikan jurusan ilmu komunikasi di luar negeri namun bingung memilih universitas?

Kamu bisa mencoba melihat beberapa universitas di luar negeri yang menawarkan program studi terbaik untuk jurusan ilmu komunikasi. Berdasarkan daftar yang dirilis oleh QS pada tahun 2022, 10 (sepuluh) universitas di luar negeri yang memiliki program studi atau jurusan ilmu komunikasi terbaik adalah sebagai berikut:

  1. University of Amsterdam, yang berlokasi di Amsterdam, Belanda.
  2. University of Southern California, yang berlokasi di Los Angeles, Amerika Serikat.
  3. The London School of Economics and Political Science (LSE), yang berlokasi di Kota London, Inggris.
  4. University of Texas at Austin, yang berlokasi di Austin, Amerika Serikat.
  5. Nanyang Technological University (NTU), yang berlokasi di Singapura.
  6. Stanford University, yang berlokasi di Stanford, Amerika Serikat
  7. University of Pennsylvania, yang berlokasi di Philadelphia, Amerika Serikat.
  8. University of Wisconsin-Madison, yang berlokasi di Madison, Amerika Serikat. 
  9. Michigan State University, yang berlokasi di East Lansing, Amerika Serikat.
  10. New York University, yang berlokasi di New York City, Amerika Serikat.

 

Rekomendasi bimbingan lolos syarat masuk Jurusan Ilmu Komunikasi

Ingin kuliah Ilmu Komunikasi di berbagai universitas luar negeri? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan menembus kuliah ilmu komunikasi di universitas di luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu. Dijamin terlengkap.

jurusan ilmu komunikasi