Intip Jurusan Kuliah di Jepang Paling Favorit

Jepang memiliki lebih dari 700 universitas dan tiap tahunnya selalu ada peningkatan pergerakan jumlah pelajar internasionalnya. Bahkan, pelajar internasional di Jepang berasal dari 170 negara di seluruh dunia. Hal ini tentu tidak mengherankan karena Jepang memiliki standar edukasi yang tinggi.

Puluhan universitasnya masuk ke dalam 200 universitas terbaik di seluruh dunia. Selain itu, ada banyak jurusan kuliah yang ditawarkan dari berbagai jenjang pendidikan. Tidak hanya itu saja, semua sekolah di Jepang terkenal dengan tidak selalu fokus pada pencapaian akademik, tetapi juga pengembangan kualitas manusianya. Terlebih lagi, Jepang memiliki lingkungan hidup yang kondusif, serta infrastruktur yang aman dan terjamin.

Apakah Hunters masih ragu untuk mengenyam pendidikan di negeri sakura ini? Yuk kita simak lagi, kenapa sih banyak yang ingin kuliah di Jepang.

Universitas dengan Standar Internasional

Jepang memiliki universitas-universitas terbaik di dunia dan lima di antaranya masuk peringkat top 100 menurut QS World University Rankings 2022. Jepang juga memiliki fokus yang kuat pada pendidikan, kualitasnya memang sangat tinggi, karena bersifat kompetitif, khususnya dalam hal ujian masuk ke perguruan tinggi. Selain Universitas Tokyo, universitas lain yang juga masuk kategori perguruan tinggi terbaik dunia adalah Universitas Kyoto, Universitas Osaka, Universitas Keio, Universitas Teknologi Tokyo, Universitas Hokkaido, Universitas Nagoya dan Universitas Tsukuba.

Program Studi internasional

Jika dilihat dari segi kondisi dinamika kelas, cara dosen dalam mengajar, serta kurikulum yang diterapkan, sistem pendidikan di Jepang tidak berbeda jauh dengan di Indonesia. Akan tetapi, penelitian yang dilakukan di Jepang merupakan syarat kelulusan. Selama tiga tahun pertama, pelajar diajarkan mengenai teori yang kemudian diaplikasikan langsung ke dalam bidang penelitian. Pada umumnya, objek yang diteliti di S-1 terus berlanjut hingga S-2 bahkan S-3. Salah satu faktor sistem di Jepang lebih maju adalah sistem riset yang sangat baik serta dukungan penuh dari universitas maupun pemerintah. Dana yang dikucurkan juga tidak serba irit, jepang sangat totalitas dalam hal riset.

Kesempatan Karier

Setelah lulus, perusahaan-perusahaan di Jepang juga memberikan kesempatan bagi pelajar internasional untuk magang maupun meniti karier menjadi bagian dari perusahaanya. Beberapa bidang yang menyediakan banyak lowongan kerja adalah Teknik, IT, dan Pendidikan. Selain itu, Jepang juga memperkuat posisinya di pasar global dengan membuka banyak cabang di negara lain. Oleh karenanya, ada banyak kesempatan untuk tinggal dan bekarier di negara lain sambil bekerja di perusahaan Jepang. Jadi bisa disimpulkan kalau prospek karier di Jepang untuk para pelajar internasional sangat menjanjikan.

           Baca Juga: Beasiswa Magang di Jepang, Okinawa Institute of Science and Technology

Jurusan Kuliah Favorit di Jepang

Setelah mengetahui alasan mengapa Jepang bisa menjadi pilihan menempuh pendidikan, waktunya mengetahui jurusan kuliah di Jepang. Jurusan favorit ini bisa dijadikan referensi apabila Hunters tertarik melanjutkan pendidikan di negeri sakura.

1. Bisnis dan Manajemen

Jurusan Bisnis dan Manajemen sangat ramai peminatnya, hampir semua lini indsutri pasti membutuhkan lulusan ini untuk mengisi posisi tertentu di perusahaannya. Adanya arus globalisasi dan perkembangan teknologi, membuat kemampuan berbisnis sangat diperlukan. Ada banyak universitas di Jepang yang menawarkan jurusan ini, seperti Kwansei Gakuin University, Nagoya University, Waseda University, Kyushu University, maupun Rikkyo University.

2. Animasi

Pilihan selanjutnya yaitu jurusan animasi yang populer di kalangan pelajar. Pasalnya, Jepang memang terkenal di seluruh dunia akan animasinya. Oleh karena itu, banyak universitas di Jepang yang membuka jurusan animasi. Misalnya, Japan Animation and Manga College, Tokyo University of Arts, Kyoto Seika University, Osaka University or Arts, atau Yokohama University of Art and Design.

3. IT (Information and Technology)

Tidak sedikit pelajar memilih jurusan kuliah IT karena teknologi di Jepang yang sangat unggul. Universitas di Jepang yang memiliki jurusan IT yaitu Universitas Teikyo, Universitas Aoyama Gakuin, Universitas Chukyo, Universitas Hosei, atau Universitas Fukuoka.

Beasiswa di Jepang

Adapun beberapa beasiswa fully funded yang bisa Hunters coba ikuti:

  1. Monbukagakusho (MEXT) Gakubu (S-1).
  2. Monbukagakusho (MEXT) Research (S-2 & S-3) Scholarship.
  3. LPDP Reguler (S2 & S3).

          Baca juga: Beasiswa MEXT-Undergraduate (Gakubu) untuk Kuliah di Jepang

Siap Mendaftar Beasiswa Impianmu?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini.

jurusan kuliah di jepang