Ketahui Jurusan Teknik Sipil, Prospek, & Rekomendasi Kampus!

Jurusan teknik sipil adalah salah satu jurusan populer di bidang teknik yang banyak diincar para calon mahasiswa yang tertarik dengan bidang teknik. Sebelum memilih jurusan teknik, Hunters wajib ketahui hal-hal ini karena artikel ini akan membahas tuntas mengenai jurusan teknik sipil, prospek kerja, dan rekomendasi universitas luar negeri untuk jurusan teknik sipil.

 

Apa itu teknik sipil?

Teknik sipil adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang perencanaan, perancangan, manufaktur, hingga konservasi untuk mendukung terbentuknya suatu wilayah. Mata kuliah yang dipelajari di jurusan ini adalah Kalkulus, Fisika Dasar, Kimia Dasar, Dasar-Dasar Arsitektur, Pengantar Rekayasa dan Desain, Rekayasa Bahan Konstruksi Sipil, Mekanika Bahan, Mekanika Tanah, Rekayasa Lalu Lintas, Perancangan Geometrik Jalan, dan masih banyak lagi. Dari berbagai mata kuliah ini, seorang lulusan teknik sipil dapat mengerti tentang desain dan konstruksi bangunan dengan memperhatikan aspek lingkungan sekitarnya. 

 

Prospek kerja jurusan teknik sipil

1. Konsultan konstruksi bangunan

Konsultan teknik sipil bisa bekerja secara independen atau untuk perusahaan konsultan yang memberikan layanan teknis kepada klien eksternal. Lulusan jurusan ini nantinya dapat memberikan saran ahli dalam berbagai proyek konstruksi.

2. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Beberapa BUMN juga menyediakan lowongan untuk sarjana teknik contohnya di Cipta Karya (perencanaan), Waskita Karya (bangunan gedung), Hutama Karya (jalan dan jembatan) dan perusahaan-perusahaan BUMN lainnya.

3. Insinyur perencana bangunan

Insinyur perencana bangunan bertanggung jawab untuk merancang proyek-proyek konstruksi, mengidentifikasi masalah potensial, dan merancang solusi. Selain itu, profesi ini juga membuat perhitungan teknis dan memastikan proyek sesuai dengan standar operasional yang berlaku.

4. Insinyur struktural

Umumnya, seorang insinyur struktur bertindak sebagai konsultan bagi para arsitek dan kontraktor. Setelah seorang arsitek selesai merancang bangunan, insinyur struktur akan membuat perhitungan dan estimasi, seperti menentukan bahan bangunan yang digunakan, mengestimasi daya tahan bahan bangunan, dan lain-lain. Kemudian, insinyur struktur akan berkoordinasi dengan tim lain yang terlibat dalam proyek ini.

5. Manajer proyek

Manajer proyek adalah perencana utama dalam proyek. Manajer Proyek akan mengelola anggaran, sumber daya manusia, dan waktu untuk memastikan proyek berjalan dengan lancar. Profesi ini juga memainkan peran penting dalam mengawasi dan mengkoordinasikan tim agar proyek dapat berjalan dengan baik dan sesuai rencana.

6. Surveyor kontrol bangunan

Profesi ini bertanggungjawab untuk memastikan semua proyek bangunan mematuhi peraturan dan hukum yang berlaku. Menguji ketahanan pondasi, bahan bangunan, drainase dan inspeksi lainnya juga merupakan tanggung jawab dari surveyor kontrol bangunan.

7. Peneliti dan pendidik

Beberapa lulusan teknik sipil memilih untuk menjadi peneliti di universitas atau bekerja di lembaga penelitian. Bahkan, peneliti dan pendidik ini nantinya akan berkontribusi pada inovasi dalam teknologi konstruksi dan mendidik generasi mendatang.

 

Tertarik kuliah ke luar negeri dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

jurusan teknik sipil

 

Rekomendasi universitas luar negeri untuk jurusan teknik sipil

1. University of Oxford

Secara konsisten kampus ini berada di peringkat atas dalam institusi akademik terbaik di dunia. Bahkan, Universitas Oxford berada di peringkat ke-3 dalam QS World Rank University Rankings 2024. Jurusan teknik sipil di kampus ini selalu masuk yang terbaik di dunia versi Times Higher Education World University Ranking. Dalam empat tahun masa pendidikan, jurusan ini mampu membawa lulusan almamaternya berkarir di dunia konstruksi dengan kursus yang mengintegrasikan setiap disiplin ilmu untuk pemahaman dasar profesi.

2. Stanford University

Universitas Stanford berada pada peringkat ke-5 dalam QS World Rank University Rankings 2024. Berdiri sejak 1885, Universitas Stanford menjadi salah satu benteng akademis Amerika. Di jurusan ini, setiap mahasiswa diwajibkan menyelesaikan setiap mata kuliah teknik maupun rekayasa sebelum lulus, yang dirancang untuk memberikan pengantar hukum dasar teknik.

3. University of Cambridge

Universitas Cambridge menawarkan gelar teknik untuk mahasiswa yang mengambil spesialisasi dalam bidang teknik sipil dan lingkungan. Kelebihan yang dimiliki oleh Universitas Cambridge adalah mahasiswanya memiliki ruang untuk mengembangkan kemampuan pada bidang komputasi, desain, dan analisis. Kini, Universitas Cambridge berada pada peringkat ke-2 dalam QS World Rank University Rankings 2024.

4. ETH Zurich

ETH Zurich merupakan kampus dari alumni terkenal seperti Albert Einstein, Wilhelm Conrad Rontgen, dan Wolfgang Pauli. Kampus ini membekali para siswanya dengan pemahaman kompetensi di bidang fisika, hidrolik, hidrologi, teknik struktur, ilmu material, geoteknik, dan infrastruktur transportasi. Di top global universities, ETH Zurich berada pada peringkat ke-7 dalam QS World Rank University Rankings 2024.

5. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Kampus ini berdiri sejak tahun 1861 atau lebih dari dua dekade sebelum Universitas Stanford dan merupakan rumah bagi sekitar 11.000 siswa. Universitas ini memiliki jurusan teknik dengan jalur khusus yang memungkinkan para mahasiswa untuk memiliki spesialisasi di bidang sipil, lingkungan atau sistem. Sebagai kampus top global, Massachusetts Institute of Technology berada pada peringkat ke-1 dalam QS World Rank University Rankings 2024.

 

Baca Juga : Ini 8 Jurusan Teknik yang Banyak Dibutuhkan oleh Perusahaan

 

Rekomendasi bimbingan persiapan masuk ke universitas teknik sipil

Ingin lolos kuliah ke universitas teknik sipil dunia? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan daftar beasiswa ke luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

jurusan teknik sipil

Sumber:

Mengenal Jurusan Teknik Sipil dan Prospek Kerjanya, Tertarik?. Institut Teknologi Indonesia. https://iti.ac.id/mengenal-jurusan-teknik-sipil-dan-prospek-kerjanya/.