Kerja Manufaktur di Jepang, Ini 5 Keuntungan dan Syaratnya!

Jepang adalah salah satu negara maju di dunia. Sebagai salah satu negara maju, Jepang membuka banyak lowongan pekerjaan di berbagai bidang yang salah satunya adalah bidang manufaktur. Namun, pekerjaan pabrik di Jepang berbeda dengan di Indonesia karena terdapat berbagai keuntungan yang didapatkan jika kerja manufaktur di Jepang. Artikel ini akan memberikan informasi seputar kerja manufaktur di Jepang, mulai dari keuntungan, persyaratan umum, serta hal yang dikerjakan saat kerja manufaktur di Jepang.

 

A. Keuntungan kerja manufaktur di Jepang

1. Gaji yang didapatkan menjanjikan

Keuntungan pertama yang didapatkan saat bekerja di manufaktur Jepang adalah gaji yang tinggi. Jika dibandingkan dengan di Indonesia, pekerja pabrik mendapatkan gaji yang tidak begitu besar seperti pekerja di kantor. Jika memiliki visa keterampilan spesifik, maka gaji yang didapatkan berkisar dari Rp14,000,000 sampai Rp27,000,000 tergantung pada wilayah tempat kerja, jam kerja, dan pekerjaan yang dilakukan.

2. Dapat memperpanjang kontrak kerja

Umumnya para pekerja akan mengikuti kontrak kerja selama minimal 3 bulan. Namun, di bidang ini Hunters dapat memperpanjang kontrak kerja sesuai kondisi sampai 6 bulan atau lebih jika tidak ingin bekerja di perusahaan lain.

3. Diberikan bantuan untuk kehidupan sehari-hari

Keuntungan kerja manufaktur di Jepang adalah mendapatkan bantuan untuk kehidupan sehari-hari dengan ketentuan sudah pernah bekerja selama minimal 2 tahun. Bantuan tersebut bisa berupa asrama, biaya listrik dan air, hingga tunjangan keluarga.

4. Tidak perlu harus sudah memiliki banyak pengalaman

Tidak semua perusahaan di Jepang mengharuskan calon pekerjanya untuk harus pernah memiliki pengalaman. Beberapa perusahaan di Jepang tidak membutuhkan calon pekerja dengan pengalaman tertentu, asalkan memiliki keahlian maka akan dapat diterima di sana.

5. Mempelajari teknologi canggih di Jepang

Di Jepang, pembuatan alat dan mesin dikolaborasikan dengan teknologi canggih, seperti melibatkan robot. Jadi, Hunters dapat mempelajari cara menggunakan teknologi dalam pembuatan produk, kemudian dapat menerapkannya ketika Hunters pulang ke Indonesia.

 

B. Persyaratan umum kerja manufaktur di Jepang

1. Pria maupun wanita boleh mendaftar

2. Berusia minimal 18 tahun

3. Pendidikan minimal SMA/SMK/Paket C

4. Tidak memiliki riwayat penyakit jantung,TBC, dan patah tulang

5. Memiliki kemampuan berbahasa Jepang JLPT N4 atau JFT A2 atau NAT level 4

6. Sertifikat lulus kemampuan bidang kerja

 

Baca Juga : Mau Tahu Cara Kerja di Pabrik Makanan Jepang? Simak Informasi Ini!

 

C. Hal yang dikerjakan di manufaktur Jepang

Pekerjaan yang dilakukan saat bekerja di bidang manufaktur Jepang adalah memproduksi alat dan barang, produksi makanan, produksi minuman, menyortir bahan baku, mengoperasikan, merawat mesin, serta melakukan pengemasan sesuai dengan standar perusahaan.

 

Rekomendasi bimbingan persiapan kerja manufaktur di Jepang

Ingin lolos kerja manufaktur di Jepang? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.