Mau Kerja Pengolahan Makanan di Jepang? Simak Info Terkini!

Jepang adalah salah satu negara maju yang banyak menerapkan teknologi di dalam industrinya, termasuk salah satunya adalah industri pengolahan makanan. Meskipun banyak menggunakan mesin, tetapi pekerjaan ini tidak dapat digantikan oleh robot sehingga masih memerlukan tenaga kerja manusia. Artikel ini akan membahas informasi penting seputar kerja pengolahan makanan di Jepang, mulai dari pekerjaan yang dilakukan, keuntungan, dan persyaratannya.

 

A. Pekerjaan yang dilakukan

1. Bekerja di lini produksi

Pekerjaan ini membutuhkan kontribusi banyak orang untuk memproduksi atau merakit produk. Pekerjaan bidang ini biasanya melibatkan mesin otomatis yang bekerja secara kontinu dan beraturan sesuai dengan urutan proses produksi. Selain itu, pekerja di bidang ini harus memiliki fisik yang kuat karena biasanya Hunters memerlukan konsentrasi yang penuh dan berdiri untuk waktu yang lama.

2. Monitoring dan pengujian

Pekerja di bidang ini akan melakukan pengecekan dan pengujian kebersihan dan kualitas produk. Hunters dituntut untuk memastikan agar produk dalam keadaan bersih dan tidak ada kecacatan sebelum akhirnya produk dikirimkan ke tangan konsumen.

3. Pengoperasian mesin

Mengoperasikan mesin menjadi salah satu keterampilan yang diasah dalam pekerjaan ini. Mesin-mesin ini akan digunakan untuk memproduksi produk makanan dan minuman. Pekerja di bagian ini akan memastikan bahwa mesin dapat bekerja secara optimal. Beberapa mesin bisa saja berhenti atau tidak dapat beroperasi dengan sempurna jika kotor. Oleh karena itu, pekerja bagian ini harus melakukan pengontrolan dan penjagaan kebersihan pada mesin.

4. Pengemasan

Pekerja di bagian pengemasan bertugas untuk mengemas produk makanan atau minuman yang telah diproduksi. Meskipun beberapa proses pengemasan dilakukan oleh mesin, tetapi detail-detail pengemasan tertentu tetap membutuhkan campur tangan manusia.

5. Distribusi

Selanjutnya adalah proses di bagian distribusi. Para pekerja di bidang ini memerlukan kekuatan fisik yang baik karena harus mengangkut kardus-kardus produk dalam jumlah yang tidak sedikit. Proses distribusi ini umumnya dilakukan di pergudangan untuk disimpan sebelum dikirim ke konsumen.

 

B. Keuntungan kerja pengolahan makanan di Jepang

1. Banyak kesempatan untuk pekerja wanita

Umumnya berbagai industri pekerjaan di pabrik memerlukan atau memprioritaskan tenaga kerja laki-laki dibandingkan dengan wanita. Namun, hal tersebut berbeda dengan bidang pekerjaan ini. Bekerja di tempat pengolahan makanan di Jepang adalah salah satu industri yang banyak menyerap tenaga kerja wanita selain di bidang pekerjaan sebagai careworker.

2. Pekerjaan yang sederhana

Pekerjaan di pabrik pengolahan makanan dan minuman dapat digolongkan sebagai pekerjaan yang lebih sederhana apabila dibandingkan dengan pekerja pabrik di industri lain. Meskipun pekerjaan yang dilakukan relatif lebih mudah, tetapi tetap membutuhkan kefokusan yang baik, terutama saat bekerja di bagian lini produksi.

3. Kerja di pabrik makanan relatif tidak seberat bekerja di jenis pabrik lainnya

Jika dibandingkan dengan pekerjaan di luar ruangan, bekerja di pabrik pengolahan makanan di Jepang tidak memerlukan kekuatan fisik yang terlalu berat. Namun, di bagian-bagian tertentu seperti pergudangan dan pendistribusian tetap memerlukan kekuatan fisik sehingga menjaga kekuatan fisik agar tetap dalam kondisi baik juga menjadi penting.

 

Baca Juga : Pengalaman dan Tantangan Bekerja di Pabrik Jepang

 

C. Persyaratan kerja pengolahan makanan di Jepang

1. Pria dan wanita

2. Pendaftar dengan usia minimal 18 tahun

3. Tinggi dan berat badan proporsional

4. Pendidikan minimal SMA/SMK/Paket C

5. Tidak memiliki riwayat penyakit kronis

6. Kemampuan berbahasa Jepang yang dibuktikan dengan sertifikat kemampuan bahasa Jepang JLPT N4  atau JFT A2

7. Memiliki sertifikat kemampuan SSW (Specified Skilled Workers) Pengolahan Makanan OTAFF 

 

Rekomendasi bimbingan persiapan kerja pengolahan makanan di Jepang

Ingin lolos kerja pengolahan makanan di Jepang? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.