Korea University: Profil, Jurusan, Syarat Masuk, dan Beasiswa

Popularitas Korea Selatan sebagai negara tujuan studi impian bagi banyak pelajar internasional terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2022, jumlah pelajar internasional yang melanjutkan pendidikan di berbagai institusi perguruan tinggi di Korea Selatan mencapai kurang lebih 167 ribu pelajar atau meningkat dari tahun sebelumnya, di mana jumlah pelajar internasional yang berangkat ke Korea Selatan untuk menuntut ilmu mencapai kurang lebih 152 ribu pelajar.

Tentu saja, animo tinggi pelajar internasional terhadap Korea Selatan ini tidak terlepas dari tingginya kualitas pendidikan yang ditawarkan oleh berbagai universitas terbaik dunia yang berlokasi di Korea Selatan. Berdasarkan daftar perguruan tinggi terbaik dunia yang dirilis oleh QS Tahun 2023, terdapat 6 (enam) perguruan tinggi Korea Selatan yang berada dalam deretan 100 besar perguruan tinggi terbaik dunia, termasuk salah satunya adalah Korea University.

Korea University adalah salah satu dari 3 (tiga) perguruan tinggi paling prestisius di Korea Selatan yang sering dikenal oleh masyarakat Korea Selatan dengan sebutan SKY – sebuah akronim yang terbentuk dari huruf pertama masing-masing universitas terbaik Korea Selatan, yaitu Seoul National University, Korea University, dan Yonsei University. Persaingan untuk masuk ke dalam SKY University terkenal ketat dari tahun ke tahun, dengan rata-rata tingkat penerimaan mahasiswa baru hanya mencapai 8.3%. Inilah sebabnya mengapa bagi masyarakat Korea Selatan, lulusan dari SKY University dianggap memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik serta peluang yang lebih berlimpah untuk membangun jaringan sosial yang berguna.

Kalau kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan di Korea University, ada beberapa informasi menarik yang perlu kamu ketahui untuk mempersiapkan diri masuk ke salah satu universitas terbaik di Korea Selatan ini. Apa saja informasi tersebut? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Informasi Umum Tentang Korea University

Sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Korea Selatan, Korea University saat ini menduduki peringkat 74 dalam daftar perguruan tinggi terbaik dunia versi QS 2023. Universitas swasta yang berlokasi di Seoul ini sudah berdiri sejak tahun 1905 dan merupakan perguruan tinggi modern pertama di Korea Selatan yang didirikan oleh warga Korea. Saat ini, Korea University memiliki 2 (dua) kampus utama yang berlokasi di Seoul dan Sejong serta 3 (tiga) rumah sakit, yaitu Anam Hospital, Guro Hospital dan Ansan Hospital. Ketiga rumah sakit ini membuka pelayanan medis untuk masyarakat umum sekaligus melatih deretan calon dokter dan perawat

Untuk membantu proses belajar mengajar di Korea University, universitas ini juga menyediakan berbagai fasilitas menarik termasuk perpustakaan yang memiliki koleksi hingga lebih dari 3.6 juta buku, 670.000 koleksi digital, sistem monitoring buku yang menggunakan RFID (Radio Frequency Identification), mobile application, dan juga Scholarly Information Curation Service (SICS) yang banyak membantu mahasiswa di Korea University dalam melakukan berbagai macam studi, riset, dan proyek akademik. Selain perpustakaan konvensional, Korea University juga memiliki CJ Creator Library yang dilengkapi dengan studio dan ruangan editing untuk mendorong berbagai kegiatan di dunia seni kreatif. Tidak hanya CJ Creator Library, mahasiswa yang ingin mengembangkan bakatnya di bidang seni kreatif juga akan dimanjakan dengan keberadaan π-Ville 99, yaitu sekumpulan studio yang dapat digunakan mahasiswa untuk merencanakan start-ups dan kegiatan sukarelawan atau merancang proyek seni. Untuk membantu mahasiswa dalam berbagai proyek seni, studio ini juga dilengkapi dengan auditorium, Idea Café, dan 3D Printer Open Lab yang bisa digunakan untuk mahasiswa secara cuma-cuma.

Selain fasilitas akademik, Korea University juga memiliki berbagai kegiatan menarik non-akademik lain yang bisa diikuti mahasiswa termasuk di antaranya 80 klub dan asosiasi mahasiswa, Granite Tower Festival – sebuah festival musik dan makanan populer yang dilaksanakan pada bulan Mei untuk merayakan ulang tahun Korea University, serta pertandingan olahraga persahabatan tahunan antara Korea University dan Yonsei University yang disiarkan di seluruh negeri setiap tahunnya.

Terakhir yang tidak boleh ketinggalan, Korea University juga memiliki International Student Festival (ISF) yang diselenggarakan setiap musim gugur sebagai ajang bagi pelajar internasional untuk mempromosikan kebudayaan negara asal masing-masing melalui berbagai makanan dan banyak kegiatan kebudayaan.

Jurusan yang Tersedia di Korea University

Saat ini, Korea University membuka berbagai program studi untuk seluruh jenjang pendidikan, mulai dari sarjana hingga pascasarjana yang tersebar di 16 colleges, 7 schools, 23 graduate schools, dan 152 research centers. Untuk jenjang sarjana, Korea University menawarkan banyak program studi menarik di bidang Business Administration, Liberal Arts, Life Sciences and Biotechnology, Political Science and Economics, Science, Engineering, Medicine, Education, Nursing, dan masih banyak lagi.

Untuk jenjang pascasarjana, Korea University membuka berbagai program studi di bidang Law, Business Administration, Information Security, Management of Technology, dan masih banyak lagi.

Dari seluruh bidang studi yang ada, beberapa bidang studi juga menjadi andalan dari universitas ini termasuk Hukum atau Law. Korea University adalah universitas pertama di Korea Selatan yang menyediakan pendidikan di bidang Hukum di awal abad 20, sehingga Fakultas Hukum di Korea University juga menjadi Fakultas Hukum tertua yang didirikan di Korea Selatan. Selain itu, Fakultas Hukum di Korea University juga merupakan Fakultas Hukum pertama yang menyediakan Legal Clinic dan Legal Research Institute di Korea Selatan. Saat ini, Fakultas Hukum di Korea University menduduki peringkat 51-100 dalam daftar Law School terbaik dunia versi QS 2023.

Selain jurusan Hukum, program studi lainnya di Korea University yang sudah mendapatkan pengakuan internasional adalah Business Administration, Humanities, Asian Studies, Science, Engineering dan Medicine. 

Persyaratan Masuk ke Korea University

Persyaratan masuk Korea University bisa berbeda tergantung program studi dan jenjang studi yang dipilih.

Persyaratan masuk jenjang Sarjana (Undergraduate)

Untuk jenjang Sarjana (Undergraduate), beberapa persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar masuk ke Korea University antara lain :

  1. Sebelum mendaftar, calon mahasiswa dapat melihat terlebih dahulu katalog dan kurikulum yang ditawarkan oleh program studi yang diinginkan. Saat mendaftar, calon mahasiswa bisa memilih 2 (dua) pilihan untuk program studi yang ingin diambil.
  2. Sudah menyelesaikan seluruh pendidikan dasar dan menengah, baik di Korea Selatan maupun di luar negeri yang setara dengan Grade 1-12 di Korea Selatan.
  3. Memiliki kemampuan berbahasa Korea atau Inggris yang ditunjukkan dengan menggunakan salah satu dari beberapa dokumen hasil kemampuan bahasa.
    1. Untuk bahasa Korea, calon mahasiswa dapat menunjukkan hasil skor TOPIK, sertifikat, dan transkrip bahasa dari Korean Language University yang ada di Korea University (Seoul Campus) atau sertifikat dan transkrip bahasa dari Korean Language Center lainnya di Korea Selatan yang diakreditasi oleh Kementerian Pendidikan Korea Selatan.
    2. Untuk bahasa Inggris, calon mahasiswa dapat menunjukkan hasil skor TOEFL iBT atau IELTS Academic.
  4. Memasukkan seluruh dokumen pendukung ke dalam portal pendaftaran berikut ini.

Persyaratan masuk jenjang Pascasarjana

Persyaratan masuk yang dibutuhkan untuk mendaftar ke jenjang Pascasarjana di Korea University dapat berbeda-beda tergantung program studi yang dipilih. Calon mahasiswa dapat melihat persyaratan akademik yang telah ditetapkan oleh masing-masing program studi dengan membuka website masing-masing fakultas (graduate school) tujuan.

Tertarik kuliah di Korea University dan ingin berkonsultasi lebih lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih jurusan, beasiswa, persiapan dokumen, hingga interview. Silakan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun👇

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

Beasiswa yang Bisa Diikuti

Kalau kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Korea University, namun khawatir dengan kendala biaya, kamu bisa mencoba berbagai program beasiswa yang dibuka untuk pelajar internasional di universitas ini. Pilihan program beasiswa yang dapat dicoba bisa berbeda-beda, tergantung jenjang pendidikan yang dituju.

Beasiswa untuk jenjang Sarjana

Untuk jenjang Sarjana, beberapa program beasiswa yang bisa dicoba antara lain :

  1. Global Korea Scholarship (Undergraduate)Global Korea Scholarship (Undergraduate) adalah program beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Korea Selatan kepada pelajar internasional yang melanjutkan pendidikan tinggi di banyak universitas di Korea Selatan. Terdapat 2 (dua) jalur pendaftaran yang bisa digunakan untuk mendaftar program beasiswa GKS, yaitu Embassy Track (Jalur Kedutaan) dan University Track (Jalur Universitas).

    Program beasiswa GKS termasuk kategori beasiswa fully funded yang mencakup tiket penerbangan pulang pergi dari negara asal dari Korea Selatan, uang saku bulanan, tunjangan kedatangan, biaya pelatihan bahasa, biaya kuliah, biaya pencetakan disertasi, biaya asuransi kesehatan, serta tunjangan kemampuan Bahasa Korea (Korean Proficiency Grants) bagi pelajar internasional yang memiliki skor TOPIK Level 5 atau 6.

 

Baca Juga : Info Lengkap Seputar Beasiswa GKS

 

  1. Global Leader ScholarshipProgram beasiswa Global Leader Scholarship adalah program beasiswa yang diberikan Korea University kepada mahasiswa baru yang berhasil memenuhi persyaratan akademik saat mendaftar ke universitas.

    Program beasiswa ini sendiri dibedakan menjadi 2 (dua) kategori, yaitu Global Leader Scholarship A dan Global Leader Scholarship B. Global Leader Scholarship A memberikan pembebasan biaya kuliah sepenuhnya (termasuk biaya pendaftaran) selama 2 (dua) semester kepada mahasiswa yang berhasil mendapatkan GPA (Grade Point Average) 3.5 atau lebih selama semester pertama.

    Sedangkan Global Leader Scholarship B memberikan pembebasan sebesar 50% biaya kuliah (termasuk biaya pendaftaran) selama 2 (dua) semester kepada mahasiswa yang berhasil mendapatkan GPA 3.0 atau lebih selama semester pertama.

  2. Excellence ScholarshipSedikit berbeda dengan beasiswa sebelumnya, program beasiswa Excellence Scholarship adalah program beasiswa yang diberikan Korea University kepada mahasiswa yang berhasil mendapatkan GPA memuaskan pada semester sebelumnya. Penerima beasiswa ini bisa menerima pembebasan biaya kuliah sepenuhnya atau sebesar 65%, tergantung GPA yang didapatkan.
  3. High Achievers ScholarshipSerupa dengan program beasiswa Excellence Scholarship, program beasiswa High Achievers Scholarship juga diberikan Korea University kepada mahasiswa yang berhasil mendapatkan GPA memuaskan, namun dalam 2 (dua) semester berturut-turut. Penerima beasiswa ini dapat menerima pembebasan biaya kuliah sebesar 30%.
  4. Bright Futures ScholarshipProgram Bright Futures Scholarship adalah beasiswa yang diberikan Korea University kepada mahasiswa yang mengalami kesulitan keuangan, namun berhasil mendapatkan GPA 2.75 atau lebih. Penerima beasiswa dapat menerima pembebasan biaya kuliah sebesar 50%.

 

Beasiswa untuk jenjang Pascasarjana

Untuk jenjang pascasarjana, beberapa program beasiswa yang dapat dicoba antara lain:

  1. Global Korea Scholarship (Graduate)Global Korea Scholarship (Graduate) adalah program beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Korea Selatan kepada pelajar internasional yang berminat kuliah di Korea Selatan. Sama seperti program GKS untuk Undergraduate, terdapat 2 (dua) jalur pendaftaran yang bisa digunakan untuk mendaftar program beasiswa GKS, yaitu Embassy Track (Jalur Kedutaan) dan University Track (Jalur Universitas).

    Benefit yang diterima untuk program Graduate juga sama dengan program Undergraduate.

     

  2. Global Leader Scholarship (Type A)Program beasiswa ini diberikan oleh Korea University kepada mahasiswa yang memiliki IPK 3.57 (dari skala 4), memiliki kemampuan bahasa Inggris/Korea yang baik (ditunjukkan dengan skor minimal TOEFL iBT 90 atau skor IELTS Academic minimal 7.0 atau skor TOPIK Level 6) dan direkomendasikan oleh fakultas masing-masing. Penerima beasiswa ini mendapatkan pembebasan biaya kuliah sepenuhnya dan tunjangan hidup selama 4 bulan.
  3. Humanities and Social Sciences Scholarship (Type B)Program beasiswa ini diberikan oleh Korea University kepada mahasiswa yang memiliki IPK 3.14 (dari skala 4), memiliki kemampuan bahasa Inggris atau Korea yang baik (ditunjukkan dengan skor minimal TOEFL iBT 82 atau skor IELTS Academic minimal 6.0 atau skor TOPIK Level 4) dan direkomendasikan oleh Fakultas masing-masing. Penerima beasiswa ini mendapatkan pembebasan biaya kuliah sebesar 60%.
  4. Natural Science and Engineering (Type C)Program beasiswa ini diberikan oleh Korea University kepada mahasiswa yang memiliki IPK 3.14 (dari skala 4), memiliki kemampuan bahasa Inggris atau Korea yang baik (ditunjukkan dengan skor minimal TOEFL iBT 82 atau skor IELTS Academic minimal 6.0 atau skor TOPIK Level 4) dan direkomendasikan oleh Fakultas masing-masing. Penerima beasiswa ini mendapatkan pembebasan biaya kuliah sebesar 65%.
  5. Hyundai Motor Chung Mong-Koo Global ScholarshipProgram beasiswa ini diberikan kepada 8 (delapan) negara anggota ASEAN, termasuk Indonesia, yang berminat melanjutkan pendidikan pascasarjana di KU untuk bidang studi yang telah ditentukan, termasuk Natural Science, Business, Management, Science and Engineering Industries, Korean Language, Korean Studies, dan lain-lain. Penerima beasiswa ini akan mendapatkan biaya kuliah, uang saku bulanan, dan tunjangan kedatangan selama durasi studi.
  6. Posco Asia FellowshipProgram beasiswa ini diberikan kepada calon pemimpin muda Asia yang ingin menempuh studi Master dan Doktoral di KU. Penerima beasiswa ini akan mendapatkan biaya kuliah, uang saku bulanan, tunjangan kedatangan, biaya asuransi kesehatan, biaya kelas bahasa, kesempatan internship, dan masih banyak lagi.
  7. Higher Education for ASEAN Talents (HEAT)Program beasiswa ini diberikan kepada dosen yang datang dari negara ASEAN yang berminat melanjutkan pendidikan Doktoral di KU, khususnya di bidang Civil, Environmental and Architectural Engineering. Penerima beasiswa ini akan mendapatkan tiket penerbangan pulang pergi, uang saku bulanan, tunjangan kedatangan, biaya penerbitan disertasi, biaya kelas bahasa, biaya asuransi kesehatan, dan berbagai biaya-biaya lainnya yang mungkin dibutuhkan.

 

Baca Juga : Tips Membuat CV untuk Beasiswa Luar Negeri

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Lolos Korea University

Ingin lolos Korea University? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

[Schoters] Form Konsultasi Harvester