Info Kuliah Sambil Kerja di Australia untuk Pelajar Internasional

Merasa tertantang untuk kuliah sambil kerja di Australia? Kalau iya, tenang, Hunters nggak sendirian, kok. Menjadi salah satu negara pelajar dengan lingkungan dan budayanya yang ramah terhadap pendatang, banyak pelajar dari seluruh dunia yang kuliah sambil kerja di Australia. Jika Hunters merasa bisa untuk melakukan keduanya, berikut beberapa panduan untuk memulai kuliah sambil kerja di Australia!

 

Overview kuliah sambil kerja di Australia

Negari Kanguru ini merupakan tempat yang cocok bagi para mahasiswa internasional yang ingin kuliah dan bekerja. Selain untuk menambah uang saku, Hunters juga bisa mendapatkan lebih banyak pengalaman dalam pola berkomunikasi dan budaya Australia yang kaya. Sementara itu, beberapa hal yang harus dicatat antara lain:

  1. Jam Kerja: Hunters dapat bekerja lebih dari 40 jam setiap 2 minggu ketika kuliah dan jam kerja tidak terbatas ketika musim libur kuliah.
  2. Perlindungan Tempat Kerja: Hunters akan mendapatkan perlindungan di tempat kerja sama seperti orang lain yang ada di Australia. 
  3. Upah Minimum: Hunters akan mendapatkan setidaknya tingkat upah minimum per jam, apa pun pekerjaan yang dilakukan.
  4. Dukungan yang Kuat: Hunters akan menemukan dukungan di setiap langkah perjalanan Anda sebagai pekerja siswa. Bantuan selalu tersedia dari organisasi pemerintah dan swasta serta penyedia pendidikan Anda.

 

Bagaimana, cukup menarik bukan untuk jaminan perlindungan dan jam kerjanya untuk para mahasiswa?

 

Baca Juga: Penasaran Dengan Visa Pelajar Australia? Ayo Cek Disini

 

Ketentuan kuliah sambil kerja di Australia untuk mahasiswa internasional

Jika Hunters memang sudah merencanakan untuk kuliah sambil kerja di Australia, ada beberapa jenis visa yang harus dipersiapkan. 

1. Higher Education Sector Visa (Subclass 573)

Visa ini biasanya diberikan kepada mahasiswa yang kuliah di jenjang Sarjana dan sederajat. Melalui visa ini, mahasiswa internasional diperbolehkan untuk bekerja selama  40 jam setiap 2 minggu ketika kuliah dan jam kerja tidak terbatas ketika musim libur kuliah.

2. Postgraduate Research Sector Visa (Subclass 574)

Sementara itu, bagi mahasiswa yang mendaftar di jenjang Pascasarjana dan sederajat akan membutuhkan visa ini. Melalui visa ini, mahasiswa internasional diperbolehkan untuk bekerja selama  40 jam setiap 2 minggu ketika kuliah dan jam kerja tidak terbatas ketika musim libur kuliah.

3. Pastikan dengan Ketentuan Beasiswa (Jika Ada)

Nah, sebelum Hunters kuliah sambil kerja, pastikan bahwa beasiswa yang Hunters gunakan (jika ada) memperbolehkan Hunters untuk bekerja, ya.

 

Baca Juga: Cek Perkiraan Biaya Hidup Bulanan di Australia dan Tipsnya Agar Hemat

 

Rekomendasi pekerjaan yang bisa dilakukan saat kuliah sambil kerja di Australia

Para pencari kerja di Australia sendiri biasanya mendapatkan info lowongan pekerjaan melalui website seperti AustralianJobSearch, Pedestrian.tv, atau seek.com.au. Sedangkan beberapa pekerjaan yang direkomendasikan untuk mahasiswa yang kuliah sambil kerja di Australia adalah:

  1. Retail, seperti supermarket, butik, dll:
  2. Hospitality, seperti kafe, bar, restoran, pengiriman;
  3. Bertani dan memetik buah yang merupakan pekerjaan musiman;
  4. Layanan seperti pengasuhan anak, perawatan lansia dan pembersihan;
  5. Administrasi dan pekerjaan klerikal;
  6. Les.

 

Atau jika Hunters tertarik dengan kegiatan sukarelawan dan magang, Hunters bisa mencoba:

  1. Australian Capital Territory (Canberra, ACT) – Volunteering and Contact ACT;
  2. New South Wales (NSW) – The Centre for Volunteering NSW;
  3. Northern Territory (NT) – Volunteering SA & NT;
  4. Queensland (QLD) – Volunteering Queensland;
  5. South Australia (SA) – Volunteering SA & NT;
  6. Tasmania (TAS) – Volunteering Tasmania;
  7. Victoria (VIC) – Volunteering Victoria;
  8. Western Australia (WA) – Volunteering WA.

 

Cukup menarik dan banyakkan kesempatannya? Tunggu apa lagi, ambil kesempatan emas untuk kuliah sambil kerja di Australia dengan persiapan yang matang ya. 

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kuliah Sambil Kerja di Australia

Ingin dapat lebih banyak tips persiapan kuliah sambil kerja di Australia? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap

kuliah sambil kerja di australia