Cara Cepat Bisa Bahasa Korea ala Kursus Bahasa Korea

Tips & Trik, 13 Sep 2022

Beberapa dekade belakangan, budaya Korea Selatan menjadi salah satu hal yang diminati banyak orang. Berbagai produknya pun sangat digemari oleh kebanyakan masyarakat Indonesia, terutama drama, film, dan musiknya. Tidak heran apabila banyak orang tertarik untuk mengenal lebih dalam tentang Korea dengan cara mempelajari bahasanya. Banyak pula yang berminat untuk mendaftarkan diri kursus bahasa Korea.

Bahasa Korea memiliki banyak aksen dan logat tergantung provinsi, sama seperti di Indonesia Meskipun begitu, huruf yang digunakan sama, yaitu Hangeul. Jika Hunters termasuk salah satunya, berikut beberapa tips cepat belajar Bahasa Korea yang biasanya diterapkan oleh lembaga kursus di negara kita.

Cara Cepat Belajar Bahasa Korea

1. Belajar Hangeul

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, alfabet Korea atau Hangeul cenderung lebih mudah dipahami dibanding aksara tradisional negara Asia lainnya. Jadi, jika ingin memahami Bahasa Korea lebih cepat, pelajari dulu tentang Hangeul. Hangeul termasuk mudah dihafalkan karena pengucapan huruf tidak jauh beda dengan yang tertulis.

Bentuk konsonan Hangeul dituliskan sesuai dengan bentuk mulut ketika mengucapkan huruf tersebut. Sedangkan huruf vokalnya terdiri dari beberapa garis vertikal dan horizontal. Hal ini tentu berbeda dengan kaidah fonetik huruf dari negara lain.

Bahkan yang paling mudah seperti bahasa Inggris saja, pelafalan tulisan biasanya memiliki bunyi berbeda dengan huruf yang dipakai. Dibanding ini, jelas mempelajari Bahasa Korea akan lebih mudah jika kita mulai mempelajari Hangeul.

2. Memperkaya Kosakata

Untuk memiliki kemampuan berbahasa yang mumpuni, kunci utamanya adalah dengan memperbanyak kosakata. Semakin banyak kosakata yang dihafalkan, semakin mudah pula kita belajar Bahasa Korea. Hal ini tidak berlaku pada Bahasa Korea saja, tetapi juga semua bahasa.

Untuk memperkaya kosakata, banyak hal yang bisa kita lakukan. Mulai dari membaca buku yang ditulis dengan aksara dan Bahasa Korea, bercakap dengan teman sekelas di kursus Bahasa Korea menggunakan bahasa sederhana, melihat drama, atau bahkan mendengarkan musik.

           Baca juga: Berminat Kuliah di Korea Selatan? Cari Tahu Kampus Terbaik dan Info Beasiswanya

3. Belajar Berhitung dalam Bahasa Korea

Kelihatannya sepele, nyatanya angka dalam Bahasa Korea cukup rumit. Orang Korea Selatan biasanya menggunakan dua kelompok bilangan pokok yang berbeda tergantung situasi ketika angka disebutkan. Untuk menghitung jumlah benda, masyarakat Korea menggunakan kelompok bilangan Hangeul.

Beberapa contoh angka Hangeul yang sering kita dengar adalah “hana, dul, set” untuk menyebutkan menyebut angka 1, 2, dan 3. Sedangkan saat menyebut tanggal, nominal uang, nomor rumah, atau nomor telepon, kelompok bilangan yang biasanya dipakai adalah Sino-Korea.

Beberapa contoh penyebutan angka Sino-Korea adalah “il, ee, sam” untuk menyebutkan angka 1, 2, dan 3. Jadi jika ingin belajar Bahasa Korea secara cepat, hafalkan dulu dua kelompok bilangan di atas sehingga kita bisa lebih mudah memahami konteks dan memperkaya kosakata.

4. Pelajari Tingkatan Formalitas Bahasa

Berbeda dengan bahasa Indonesia atau Inggris, di Bahasa Korea terdapat tingkatan formalitas. Misalnya, menggunakan kata “baik” untuk orang dewasa berbeda dengan kata “baik” yang digunakan untuk anak-anak atau teman sebaya. Struktur ini mirip dengan tata bahasa Jawa yang memiliki kosakata berbeda tergantung kepada siapa kata tersebut diucapkan.

Dalam bahasa Korea, ada tingkat formalitas yang perlu diketahui, yaitu bahasa Korea nonformal untuk orang yang seumuran atau lebih muda. bahasa Korea sopan, untuk digunakan ketika berbicara dengan orang yang lebih tua atau dalam situasi sosial resmi, dan bahasa Korea penghormatan.

Bahasa Korea penghormatan biasanya dipakai dalam keadaan formal, seperti penyampaian berita di televisi, percakapan di dunia militer, dan percakapan yang dilakukan oleh pejabat dan politikus. Zaman dulu, bahasa penghormatan ini biasanya dipakai untuk berbicara dengan raja dan bangsawan.

5. Mulai Gunakan Kosakata Sederhana untuk Percakapan Sehari-Hari

Tips terakhir ala kursus Bahasa Korea adalah, jangan ragu untuk mulai menggunakan kosakata sederhana dalam percakapan sehari-hari. Kebiasaan yang kelihatannya sepele ini, ternyata cukup efektif dalam melatih keluwesan kita dalam berbahasa asing terutama Bahasa Korea.

Seperti kata salah satu pepatah Inggris, “Practice makes perfect.” Bercakap sehari-hari menggunakan kosakata Bahasa Korea Sederhana akan membuat lidah kita terbiasa dan lama-kelamaan, kita semakin jago dalam menggunakan bahasa ini.

           Baca juga: Beasiswa Fully Funded dari Pemerintah Korea Selatan, Global Korea Scholarship

Rekomendasi Kursus Bahasa Korea Terpercaya

Inti dari belajar bahasa baru adalah berlatih. Semakin sering kita berlatih berbicara atau menulis, semakin mudah pula untuk menguasai bahasa tersebut. Selain itu, kita juga perlu mengikuti kelas khusus supaya apa yang dipelajari bisa lebih disempurnakan dengan belajar tata bahasa yang tepat.

Sebagai rekomendasi, Hunters bisa mencoba untuk kursus di lembaga seperti Schoters. Dipandu oleh tutor profesional dan ahli di bidangnya, kursus di tempat ini  membuat belajar bahasa asing semakin mudah. Selain melayani kursus Bahasa Korea, Schoters juga melayani kursus bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya.

Informasi lengkap mengenai Korean Academy dan kelas persiapan bisa Hunters dapatkan di sini, ya.

kursus bahasa korea