Ragam Informasi Kursus Bahasa Korea Yang Penting Diketahui

Tips & Trik, 13 Jan 2023

Beberapa dekade belakangan, budaya Korea Selatan menjadi salah satu hal yang diminati banyak orang. Berbagai produknya pun sangat digemari oleh kebanyakan masyarakat Indonesia, terutama drama, film, dan musiknya. Tidak heran apabila banyak orang tertarik untuk mengenal lebih dalam tentang Korea dengan cara mempelajari bahasanya. Banyak pula yang berminat untuk mendaftarkan diri kursus bahasa Korea.

Bahasa Korea memiliki banyak aksen dan logat tergantung provinsi, sama seperti di Indonesia Meskipun begitu, huruf yang digunakan sama, yaitu Hangeul. Jika Hunters termasuk salah satunya, berikut beberapa tips cepat belajar Bahasa Korea yang biasanya diterapkan oleh lembaga kursus di negara kita.

Kegunaan Belajar Bahasa Korea

Tidak bisa dipungkiri, bahasa Korea merupakan salah satu bahasa asing yang popularitasnya bisa dibilang sedang naik daun dalam beberapa tahun belakangan berkat keberhasilan Korea Selatan menyebarkan berbagai produk kebudayaannya seperti makanan, drama, film dan musik dalam skala global. Menurut Language Report yang dirilis pada tahun 2021 oleh Duolingo, salah satu aplikasi belajar bahasa asing terpopuler di dunia, bahasa Korea ternyata menduduki peringkat tujuh dalam bahasa asing yang paling banyak diminati. Lalu, apa saja manfaat atau kegunaan belajar bahasa Korea? 

1. Bahasa Korea ternyata mudah dipelajari

Meskipun pada awalnya, belajar bahasa Korea terlihat rumit dengan huruf Korea yang tidak sama dengan huruf yang kita kenal sehari-hari, menguasai bahasa Korea ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Sistem Hangul atau huruf Korea yang pertama kali dicetuskan oleh Raja Sejong dari Dinasti Joseon ini cukup sederhana dan mudah dipelajari, sehingga rata-rata waktu yang diperlukan untuk menguasai dan menghafal hurul Hangul hanya berkisar sekitar 60-90 menit saja.

2. Membantu memahami kebudayaan Korea

Apakah kamu termasuk penggemar drama, film atau Kpop? Menguasai bahasa Korea akan membantu kamu memahami kebudayaan dan dinamika masyarakat Korea yang kaya dengan makna dan sejarah dengan lebih baik lagi.

3. Meningkatkan nilai tambah dalam dunia kerja

Dengan berbagai perusahaan global seperti Samsung, LG atau Hyundai, Korea Selatan terus menjadi salah satu negara dengan ekonomi terkuat di dunia. Selain itu, berdasarkan laporan yang dirilis oleh Bloomberg, Korea Selatan juga merupakan negara paling inovatif di dunia, mengalahkan Jepang dan Amerika Serikat. Melihat pengaruh ekonomi dan teknologi Korea Selatan yang begitu besar saat ini, tidak heran kalau menguasai bahasa Korea juga dapat menjadi nilai tambah utama yang akan membuka banyak peluang di dunia kerja nantinya. 

Berapa Lama Kursus Bahasa Korea

Meskipun menguasai Hangul atau huruf Korea cukup mudah dan hanya membutuhkan waktu singkat, menguasai bahasa Korea hingga lancar membutuhkan konsistensi dalam waktu yang tidak sebentar.

Secara umum, seseorang biasanya akan membutuhkan waktu sekitar 3-6 bulan untuk dapat menguasai tata bahasa dasar dalam bahasa Korea. Setelah itu, untuk sampai ke tingkat high intermediate, seseorang akan membutuhkan waktu setidaknya 1200 jam dan untuk sampai lancar berbahasa Korea, seseorang akan membutuhkan waktu kurang lebih 2400 jam atau setara dengan 23 jam belajar per minggu selama 2 (dua) tahun. Tentu saja, waktu yang dibutuhkan untuk lancar berbahasa Korea bisa dibuat menjadi lebih singkat selama kita belajar dengan konsisten dan menggunakan metode belajar yang tepat.

Biaya Kursus Bahasa Korea

Biaya kursus bahasa Korea cukup bervariasi tergantung dari tempat kursus, level bahasa dan program yang diminati. Meskipun demikian, rata-rata biaya yang harus dikeluarkan untuk kursus bahasa Korea berkisar sekitar IDR 1.200.000 – 2.500.000 per tingkat. 

Cara Cepat Belajar Bahasa Korea

1. Belajar Hangeul

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, alfabet Korea atau Hangeul cenderung lebih mudah dipahami dibanding aksara tradisional negara Asia lainnya. Jadi, jika ingin memahami Bahasa Korea lebih cepat, pelajari dulu tentang Hangeul. Hangeul termasuk mudah dihafalkan karena pengucapan huruf tidak jauh beda dengan yang tertulis.

Bentuk konsonan Hangeul dituliskan sesuai dengan bentuk mulut ketika mengucapkan huruf tersebut. Sedangkan huruf vokalnya terdiri dari beberapa garis vertikal dan horizontal. Hal ini tentu berbeda dengan kaidah fonetik huruf dari negara lain.

Bahkan yang paling mudah seperti bahasa Inggris saja, pelafalan tulisan biasanya memiliki bunyi berbeda dengan huruf yang dipakai. Dibanding ini, jelas mempelajari Bahasa Korea akan lebih mudah jika kita mulai mempelajari Hangeul.

2. Memperkaya kosakata

Untuk memiliki kemampuan berbahasa yang mumpuni, kunci utamanya adalah dengan memperbanyak kosakata. Semakin banyak kosakata yang dihafalkan, semakin mudah pula kita belajar Bahasa Korea. Hal ini tidak berlaku pada Bahasa Korea saja, tetapi juga semua bahasa.

Untuk memperkaya kosakata, banyak hal yang bisa kita lakukan. Mulai dari membaca buku yang ditulis dengan aksara dan Bahasa Korea, bercakap dengan teman sekelas di kursus Bahasa Korea menggunakan bahasa sederhana, melihat drama, atau bahkan mendengarkan musik.

           Baca juga: Berminat Kuliah di Korea Selatan? Cari Tahu Kampus Terbaik dan Info Beasiswanya

3. Belajar Berhitung dalam Bahasa Korea

Kelihatannya sepele, nyatanya angka dalam Bahasa Korea cukup rumit. Orang Korea Selatan biasanya menggunakan dua kelompok bilangan pokok yang berbeda tergantung situasi ketika angka disebutkan. Untuk menghitung jumlah benda, masyarakat Korea menggunakan kelompok bilangan Hangeul.

Beberapa contoh angka Hangeul yang sering kita dengar adalah “hana, dul, set” untuk menyebutkan menyebut angka 1, 2, dan 3. Sedangkan saat menyebut tanggal, nominal uang, nomor rumah, atau nomor telepon, kelompok bilangan yang biasanya dipakai adalah Sino-Korea.

Beberapa contoh penyebutan angka Sino-Korea adalah “il, ee, sam” untuk menyebutkan angka 1, 2, dan 3. Jadi jika ingin belajar Bahasa Korea secara cepat, hafalkan dulu dua kelompok bilangan di atas sehingga kita bisa lebih mudah memahami konteks dan memperkaya kosakata.

4. Pelajari Tingkatan Formalitas Bahasa

Berbeda dengan bahasa Indonesia atau Inggris, di Bahasa Korea terdapat tingkatan formalitas. Misalnya, menggunakan kata “baik” untuk orang dewasa berbeda dengan kata “baik” yang digunakan untuk anak-anak atau teman sebaya. Struktur ini mirip dengan tata bahasa Jawa yang memiliki kosakata berbeda tergantung kepada siapa kata tersebut diucapkan.

Dalam bahasa Korea, ada tingkat formalitas yang perlu diketahui, yaitu bahasa Korea nonformal untuk orang yang seumuran atau lebih muda. bahasa Korea sopan, untuk digunakan ketika berbicara dengan orang yang lebih tua atau dalam situasi sosial resmi, dan bahasa Korea penghormatan.

Bahasa Korea penghormatan biasanya dipakai dalam keadaan formal, seperti penyampaian berita di televisi, percakapan di dunia militer, dan percakapan yang dilakukan oleh pejabat dan politikus. Zaman dulu, bahasa penghormatan ini biasanya dipakai untuk berbicara dengan raja dan bangsawan.

5. Mulai Gunakan Kosakata Sederhana untuk Percakapan Sehari-Hari

Tips terakhir ala kursus Bahasa Korea adalah, jangan ragu untuk mulai menggunakan kosakata sederhana dalam percakapan sehari-hari. Kebiasaan yang kelihatannya sepele ini, ternyata cukup efektif dalam melatih keluwesan kita dalam berbahasa asing terutama Bahasa Korea.

Seperti kata salah satu pepatah Inggris, “Practice makes perfect.” Bercakap sehari-hari menggunakan kosakata Bahasa Korea Sederhana akan membuat lidah kita terbiasa dan lama-kelamaan, kita semakin jago dalam menggunakan bahasa ini.

Tips Memilih Tempat Kursus Bahasa Korea

Memilih tempat kursus bahasa Korea terbaik yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan tentu membutuhkan beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan baik-baik agar tidak salah memilih. Beberapa tips yang bisa dicoba saat memilih tempat kursus bahasa Korea antara lain:

1. Memilih tempat kursus dengan program belajar yang sesuai

Karena setiap orang memiliki tujuan belajar yang berbeda, pilihlah tempat kursus yang bisa menawarkan program belajar beragam yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Selain itu, pilih juga tempat kursus yang menawarkan pilihan program online sehingga waktu belajar dapat lebih fleksibel

2. Memilih tempat kursus dengan pengajar berkualitas

Pilihlah tempat kursus yang memiliki pengajar yang berpengalaman dan berkualitas, yang bisa dilihat dari sertifikasi resmi yang dimiliki. Kamu juga bisa mencari tempat kursus yang memiliki penutur asli bahasa Korea sebagai tenaga pengajar untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih baik.

3. Memilih tempat kursus dengan metode belajar yang tepat

Pilihlah tempat kursus yang menawarkan metode belajar yang efektif namun tetap menyenangkan. Belajar bahasa asing membutuhkan konsistensi dan disiplin tinggi, sehingga metode belajar yang tepat dan tidak membosankan dibutuhkan agar proses belajar tetap terasa menyenangkan

4. Memilih tempat kursus dengan fasilitas memadai

Pilihlah tempat kursus yang menawarkan berbagai fasilitas yang dapat mendukung proses belajar. Fasilitas tersebut bisa saja berupa modul belajar, perpustakaan, ujian penempatan atau berbagai kelas tambahan yang menarik seperti kelas kebudayaan Korea Selatan.

5. Memilih tempat kursus dengan biaya terjangkau

Tentu saja, biaya harus menjadi salah satu pertimbangan yang tidak boleh dilupakan saat memilih tempat kursus. Carilah tempat kursus yang bisa menawarkan program belajar yang sesuai dengan kebutuhan namun tetap terjangkau dan sesuai dengan kondisi keuangan.

           Baca juga: Beasiswa Fully Funded dari Pemerintah Korea Selatan, Global Korea Scholarship

Rekomendasi Kursus Bahasa Korea Terpercaya

Inti dari belajar bahasa baru adalah berlatih. Semakin sering kita berlatih berbicara atau menulis, semakin mudah pula untuk menguasai bahasa tersebut. Selain itu, kita juga perlu mengikuti kelas khusus supaya apa yang dipelajari bisa lebih disempurnakan dengan belajar tata bahasa yang tepat.

Sebagai rekomendasi, Hunters bisa mencoba untuk kursus di lembaga seperti Schoters. Dipandu oleh tutor profesional dan ahli di bidangnya, kursus di tempat ini  membuat belajar bahasa asing semakin mudah. Selain melayani kursus Bahasa Korea, Schoters juga melayani kursus bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya.

Informasi lengkap mengenai Korean Academy dan kelas persiapan bisa Hunters dapatkan di sini, ya.

Kursus Bahasa Korea