Kursus IELTS Online Kapan Saja dan Dimana Saja

Saat mendaftar kuliah di luar negeri, biasanya Hunters akan diminta untuk menyediakan bukti sertifikat kemampuan bahasa Inggris. Hal ini dilakukan untuk memastikan kamu memiliki kemampuan membaca, berbicara, dan menulis dalam bahasa Inggris yang cukup untuk mengikuti pelajaran di universitas nantinya. Salah satu diantaranya yaitu IELTS (International English Language Testing System).

IELTS adalah sistem tes bahasa Inggris internasional yang terpopuler di dunia untuk keperluan studi, bekerja, dan imigrasi. Pada umumnya, tes IELTS diterima oleh institusi di negara Australia, Inggris, dan Selandia Baru. Pada tes IELTS, bahasa Inggris yang digunakan adalah bahasa Inggris Britania atau British.

IELTS menguji empat keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan (listening), membaca (reading), menulis (writing), dan berbicara (speaking). Jika Hunters mengikuti tes IELTS, maka kamu akan mengerjakan tes listening, reading, dan writing pada hari yang sama secara bertahap, tanpa jeda di antaranya. Sementara, speaking section dapat diselesaikan setelah mengikuti tes lainnya secara terpisah.

Para peserta tes IELTS boleh memilih Modul Akademik (bagi yang ingin mendaftar di universitas dan pendidikan tinggi lainnya) atau Modul Pelatihan Umum (bagi yang berencana mengikuti pelatihan non akademik, untuk memperoleh pengalaman kerja atau untuk tujuan keimigrasian). Tes IELTS menilai setiap bagian dengan skor 0-9 yang kemudian akan diratakan untuk skor akhir dalam skala 0-9. Tes IELTS berdurasi lebih lama dibandingkan TOEFL yaitu dapat mencapai 2 jam 45 menit.

Langkah Awal Persiapan IELTS

Lakukan persiapan

IELTS merupakan penilaian kemampuan Bahasa Inggris dengan skor ketat. Saat pelaksanaan ujiannya saja kamu hanya boleh membawa KTP. Ketika sedang proses latihan, pastikan kamu mencari tempat yang tenang dan nyaman. Gunakan referensi belajar IELTS di internet, seperti iPass IELTS, IELTS buddy, atau lainnya. Jika sudah mengetahui pada bagian mana kekurangannya, maka kamu bisa fokus belajar dan mengasah kemampuan.

Mulai belajar

Ada banyak cara untuk mulai belajar persiapan tes IELTS. Salah satunya menyediakan buku sebagai sumber belajar, berupa softcopy atau hardcopy. Beberapa buku memiliki tips mengerjakan soal Reading, Speaking, Grammar, Vocabulary, dan Listening. Selanjutnya, kamu dapat membuat jadwal belajar agar dapat meningkatkan hasil. Konsistensi adalah kunci utama dalam hal tersebut. Agar tetap rutin, pastikan kamu dapat merubah jadwal sesuai kebutuhan. Sesuaikan jadwal dengan kemampuan, misalnya jika writing adalah kelemahan kamu, maka kamu harus menambah lagi jadwal latihan writing.

Buat teknik belajar dengan tepat

Hindari belajar secara acak, lebih baik belajar secara berurutan sesuai skill. Kemudian, ikuti latihan menggunakan buku terbaru supaya belajar soal IELTS ter-update. Misalnya, jika sedang belajar listening, maka pastikan langsung jawab pertanyaan yang sudah kamu dengar. Fokus dengan instruksi yang sering berisi tentang peraturan. Pertanyaan listening pada soal IELTS juga sering menggunakan paraphrase. Latih juga spelling, dan pahami tentang huruf kapital.

Sedangkan soal reading, berarti kamu harus membaca secara scanning atau skimming. Tulis jawaban pada kertas jawaban langsung karena tidak ada waktu tambahan untuk menyalin jawaban. Pilih soal paling mudah, biasanya pada passage 1 atau 2. Pada soal writing, kamu harus menggunakan paraphrase, bukan kata yang sama. Pelajari juga tentang struktur kalimat, kosakata tidak formal, dan hindari menulis kata singkat, seperti does not bukan doesn’t. Pada IELTS tes speaking, bicara sacara natural dan santai tanpa mengabaikan penggunaan grammar. Idiom dan kata tidak formal juga dapat kamu gunakan. Perhatikan pula bagaimana pengucapan dalam speaking.

Kembangkan kemampuan bahasa Inggris dan strategi IELTS

Salah satu kesalahan terbesar para pelajar adalah hanya berfokus pada IELTS. Di mana sering megerjakan latihan soal IELTS tetapi lupa untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya. Selain itu, sadari bahwa menguasai materi IELTS adalah sebuah proses. Umumnya, menaikkan band sebanyak satu poin membutuhkan waktu 12 minggu. Mulailah melakukan persiapan sedikitnya 3 – 6 bulan sebelum tes. Kemudian, pilih institusi yang benar-benar akan membantu perkembangan bahasa Inggris dan strategi tes IELTS kamu.

Benamkan diri dalam bahasa Inggris

Usahakan untuk bersinggungan dengan bahasa Inggris semaksimal mungkin selama persiapan tes. Bacalah tulisan-tulisan yang menarik minat kamu dalam bahasa Inggris. Kamu bisa mulai dengan membaca majalah online dan blog. Tulislah artikel dalam bahasa Inggris setiap hari dalam bentuk buku harian, blog, atau berkomunikasi dengan komunitas online yang memiliki ketertarikan serupa denganmu, seperti grup Facebook. Simaklah para penutur asli bahasa Inggris ketika mereka berkomunikasi dan bergabunglah jika mungkin. Cobalah teknik ‘meniru (shadowing)’. Teknik ini dilakukan dengan mengulangi apa yang baru saja diucapkan oleh seseorang dalam bahasa Inggris. Teknik ini akan membantu kamu dalam pengucapan, intonasi, dan penekanan.

Baca Juga: Kenali 4 Bagian Tes IELTS Beserta Pembahasannya disini!  

Alasan untuk Belajar IELTS Secara Online

  1. Hemat waktu dan biaya perjalanan, kamu tidak perlu pergi ke tempat kursus dengan jadwal tetap dan bisa belajar sesuai dengan rencanamu sendiri.
  2. Hemat biaya untuk kursus karena situs tersebut telah menyediakan bahan dan materi yang diperlukan bagi kamu untuk berlatih secara efektif.
  3. Banyak situs online asing yang memiliki program persiapan ujian berkualitas sesuai standar internasional, sehingga bisa membantumu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang masih kurang.
  4. Kamu yang punya kesibukan lain bisa memanfaatkan waktu luang, tanpa terbatas oleh jadwal yang pasti.
  5. Dapat mengikuti tes IELTS dengan judul terbaru yang tidak tersedia di negaramu, dan belajar dari mereka yang telah berhasil mencapai skor yang diinginkan dengan metode belajar online.

 

7 Rekomendasi Website Belajar IELTS Online

  1. IELTS For Free

    IELTS For Free merupakan situs persiapan IELTS gratis yang sangat populer. Konten pada situs ini sangat beragam. Banyak materi IELTS yang berguna, seperti tes komprehensif untuk keempat keterampilan. Terdapat kursus yang disediakan dalam bentuk video. Kamu juga bisa menjawab pertanyaan dari komunitas persiapan IELTS di situs tersebut.

  2. IELTS Simon

    IELTS Simon adalah guru IELTS yang terkenal sekaligus penguji IELTS yang sudah memiliki pengalaman selama bertahun-tahun. Simon akan memberikanmu latihan, ringkasan e-book, atau pertanyaan sekaligus jawaban dari ujian-ujian IELTS beberapa tahun terakhir. Konten di dalam situs ini selalu di-update secara berkala, dengan berbagai pengetahuan, dan tips-tips yang sangat berguna dan mudah dimengerti. IELTS Simon menarik pembaca karena ia memiliki cara untuk mengimplementasikan keterampilan penulisan dengan ringkas dan efektif, sangat ideal bagi mereka yang mau mendapatkan skor IELTS 7.0 ke atas.

  3. IELTS Mentor

    IELTS Mentor dirancang sedemikian rupa untuk kedua modul IELTS: modul akademik (bagi yang mau mendaftar di perguruan tinggi), dan modul umum (bagi yang mau bekerja). Situs ini juga menyediakan banyak template untuk setiap keterampilan IELTS, disertai dengan tips yang efektif. Salah satu keterampilan yang difokuskan pada situs IELTS Mentor adalah menulis.

  4. IELTS-Blog

    IELTS-Blog adalah situs “klasik” yang mendukung calon peserta ujian dari seluruh dunia untuk berlatih IELTS secara gratis. Kamu bisa menemukan contoh artikel, melihat perbedaannya, lalu mempelajari rahasia dari para penerima skor tinggi.

  5. IELTS.org

    Untuk membantu peserta berlatih IELTS dari dasar hingga tingkat lanjutan, dengan cara yang masuk akal, IELTS.org telah menawarkan program untuk belajar IELTS secara mandiri dari rumah. Program ini melatih keempat keterampilan: Mendengarkan – Berbicara – Membaca – Menulis, serta memberikan tips rahasia sehingga kamu bisa belajar secara efektif.

  6. IELTS buddy

    IELTS buddy adalah salah satu situs persiapan ujian yang terkenal. Kamu akan mendapatkan pelajaran untuk pemula hingga level tinggi sekalipun, seperti 7.0 atau 8.0.

  7. IELTS Master

    IELTS Master Menyediakan kursus online IELTS jangka pendek, dirancang langsung oleh Macquarie University of Australia. Situs ini memberikanmu tips serta materi lengkap untuk simulasi ujian IELTS yang sebenarnya, untuk dipraktikkan selama 90 hari. Latihan dirancang untuk empat keterampilan. Kamu bisa fokus pada keterampilanmu yang paling lemah terlebih dahulu.

 

Baca Juga: Butuh Sertifikat Bahasa Inggris Lain Selain IELTS? Kenali Struktur Tes TOEFL disini!

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan IELTS di Schoters

Butuh bimbingan IELTS terpercaya? Join IELTS Academy by Schoters.  Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)