Mau Kuliah di Jepang? Yuk Studi di Kyushu University!

Info Beasiswa, 25 Okt 2022

Kualitas pendidikan yang mumpuni, lingkungan yang aman dan tenang, serta kesempatan kerja yang luas adalah sedikit dari banyak alasan utama yang membuat Jepang terus menjadi destinasi studi favorit bagi pelajar internasional. Namun tahukah anda kalau Jepang juga memiliki tradisi pendidikan tinggi yang sudah dimulai sebelum tahun 1900?

Salah satu fakta menarik tentang pendidikan tinggi di Jepang adalah Jepang memiliki 7 (tujuh) perguruan tinggi yang dikenal dengan sebutan The Imperial Universities, yaitu perguruan tinggi yang didirikan oleh Kekaisaran Jepang sekitar tahun 1886 sampai 1939. Sampai saat ini, 7 (tujuh) perguruan tinggi nasional yang bersejarah ini terus dikenal sebagai kelompok perguruan tinggi paling prestisius dengan kualitas pendidikan terbaik di Jepang, setara dengan Ivy League di Amerika Serikat, Golden Triangle di Inggris dan C9 League di Cina. Salah satu perguruan tinggi yang termasuk dalam The (Former) Imperial Universities ini adalah Kyushu University. 

Berikut adalah beberapa info menarik mengenai Kyushu University yang perlu untuk diketahui

Tentang Kyushu University

Kyushu University adalah salah satu perguruan tinggi nasional di Jepang yang sudah berdiri sejak tahun 1911. Perguruan tinggi berorientasi riset yang menduduki peringkat 135 berdasarkan QS World University Rankings 2023 ini berlokasi di Fukuoka, salah satu kota pelabuhan terbesar di Jepang yang terkenal dengan berbagai kuliner ikonik serta berbagai kekayaan budaya yang masih bisa dikunjungi sampai sekarang. Di antara kota-kota besar lainnya di Jepang, Fukuoka juga menjadi kota yang paling diminati sebagai tempat tinggal mengingat biaya hidup yang cukup terjangkau.

Pilihan Studi di Kyushu University

Bagi pelajar yang ingin melanjutkan studi di perguruan tinggi ini, Kyushu University membuka berbagai pilihan jurusan baik di tingkat sarjana maupun pasca sarjana, termasuk di antaranya jurusan di bidang studi arts and humanities, engineering and technology, business and economics, law, social sciences, clinical, pre-clinical and health, life sciences, psychology, physical sciences, education dan computer science. 

Kendala bahasa juga tidak perlu menjadi masalah bagi pelajar internasional yang ingin melanjutkan studi di Kyushu University mengingat universitas ini juga membuka berbagai jurusan/program yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama, termasuk 5 (lima) program sarjana (applied chemistry, civil engineering, electrical engineering and computer science, mechanical and aerospace engineering, bioresource and bioenvironment) serta lebih dari 60 (enam puluh) program pascasarjana. Menariknya, Kyushu University juga menyediakan kelas bahasa Jepang gratis bagi pelajar internasional yang sudah diterima di Kyushu University dan ingin belajar atau meningkatkan kemampuan bahasa Jepang.  

Selain itu, untuk membantu pelajar internasional yang hendak melanjutkan studi di Kyushu University, Kyushu University juga menyediakan online application system khusus untuk membantu pelajar internasional dalam berbagai tahapan terkait aplikasi visa, pendaftaran di ward office di Jepang, membuka rekening bank lokal sampai mencari akomodasi. Berbagai fasilitas ini tentu saja membuat Kyushu University menjadi salah satu destinasi favorit yang menarik untuk dipertimbangkan.

Timeline dan dokumen pendukung yang diperlukan untuk mendaftar di Kyushu University berbeda-beda tergantung jurusan yang dituju. Pelajar internasional yang tertarik untuk melanjutkan studi di Kyushu University dapat melihat langsung persyaratan yang dibutuhkan pada tautan : https://www.kyushu-u.ac.jp/en/education/policy/

            Baca Juga: Daftar Universitas Terbaik di Jepang Paling Terbaru

Beasiswa di Kyushu University

Bagaimana dengan kesempatan beasiswa yang tersedia di Kyushu University?

Pelajar internasional yang tertarik untuk melanjutkan studi di Kyushu University dapat mencoba berbagai program beasiswa yang tersedia antara lain seperti MEXT Scholarship dan berbagai beasiswa dari organisasi swasta lainnya. 

Japanese Government (MEXT) Scholarship

Japanese Government Scholarship (MEXT) adalah beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Jepang kepada pelajar internasional dari seluruh dunia yang berminat melanjutkan studi di perguruan tinggi di Jepang, termasuk Kyushu University.

Melalui program beasiswa ini, Kyushu University menerima pelajar internasional dari berbagai jenjang, termasuk di antaranya research students (pasca sarjana), undergraduate students (sarjana), pelajar yang mengikuti program Japanese Language and Culture Course serta pelajar yang mengikuti Young Leaders’ Program. Pelajar yang tertarik untuk mengikuti program beasiswa ini dapat mencoba melamar beasiswa melalui 2 (dua) jalur yang berbeda:

  • Jalur rekomendasi oleh Kyushu University

Pelajar yang tertarik untuk mengikuti program beasiswa MEXT melalui jalur ini dapat langsung mengirimkan aplikasi ke fakultas yang menjadi tujuan di Kyushu University. Pendaftaran umumnya dibuka dari akhir bulan November – Januari setiap tahunnya. 

  • Jalur rekomendasi oleh Kedutaan Besar Jepang

Pelajar yang tertarik untuk mengikuti program beasiswa MEXT melalui jalur ini dapat langsung mengirimkan aplikasi ke Kedutaan Besar Jepang di negara asal. Pendaftaran melalui jalur ini umumnya dibuka pada bulan Februari – Maret setiap tahunnya. 

 

          Baca Juga: Beasiswa MEXT-Undergraduate (Gakubu) untuk Kuliah di Jepang

Beasiswa Swasta di Kyushu University

Selain Pemerintah Jepang, pelajar internasional yang sudah diterima sebagai mahasiswa Kyushu University juga dapat mencoba berbagai program beasiswa yang tersedia di perguruan tinggi ini. Pelajar internasional dapat melamar program beasiswa melalui fakultas masing-masing untuk mendapatkan rekomendasi dari fakultas dan dapat juga mendaftar langsung kepada penyedia beasiswa. 

Hingga tahun 2022, terdapat 13 program beasiswa yang tersedia di Kyushu University untuk pelajar internasional di berbagai jenjang dengan nilai beasiswa berkisar dari 50.000 Yen per bulan hingga 2 Juta Yen per tahun.

Siap Mendaftar Beasiswa Impianmu?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan beasiswa incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini.

kyushu university