Ketahui Lembaga Sertifikasi TOEIC Berikut Ini!

Saat ini, ujian sertifikasi bahasa Inggris tidak hanya digunakan sebagai syarat kuliah, tapi juga melamar pekerjaan.

Adalah TOEIC, ujian yang diperuntukkan khusus untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris di dunia kerja.

Sama seperti ujian bahasa Inggris lainnya, TOEIC juga mempunyai lembaga sertifikasinya sendiri. Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui informasinya!

 

A. Apa itu TOEIC? 

TOEIC (Test of English for International Communication) adalah salah satu ujian standar yang digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang berbahasa Inggris, terutama di lingkungan kerja. 

TOEIC mengukur empat keterampilan utama, yaitu listening, reading, speaking, dan writing. Secara spesifik, TOEIC dibagi menjadi 2 yaitu TOEIC Listening & Reading serta TOEIC Speaking & Writing. 

 

B. Manfaat TOEIC

1. Penilaian Kemampuan Komunikasi Bisnis

TOEIC memberikan gambaran yang jelas tentang kemampuan seseorang dalam menggunakan bahasa Inggris dalam konteks bisnis. 

Ini mencakup kemampuan mendengarkan pertemuan bisnis, membaca laporan, berbicara dalam diskusi profesional, dan menulis dokumen bisnis.

2. Peningkatan Kesempatan Karir

Skor TOEIC yang tinggi dapat meningkatkan peluang karir di dunia kerja global. 

Banyak perusahaan dan organisasi internasional menggunakan skor TOEIC sebagai salah satu kriteria dalam proses perekrutan dan promosi.

 

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Informasi Lengkap mengenai Skor TOEIC

 

3. Kemudahan Mobilitas Internasional

TOEIC membantu mempersiapkan individu untuk berkomunikasi dengan efektif dalam lingkungan internasional. 

Ini dapat membuka pintu untuk kesempatan mobilitas dan kerja di berbagai negara atau perusahaan multinasional.

4. Peningkatan Kualitas Layanan dan Produk

Bagi perusahaan, memiliki karyawan dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik dapat meningkatkan kualitas layanan dan produk, terutama dalam bisnis yang beroperasi secara global.

 

Ingin mendapatkan skor TOEFL maksimal? Persiapkan TOEFL kamu dengan tutor expert lulusan kampus top dunia di Schoters. Silakan klik tombol “Konsultasi Kelas Persiapan TOEFL” di bawah ini dan bisa tanya apapun sebelum bimbingan 👇

lembaga sertifikasi toeic

 

C. Lembaga sertifikasi TOEIC

Educational Testing Service (ETS) adalah lembaga sertifikasi TOEIC. Lebih lengkap, ETS merupakan lembaga yang bertugas mengembangkan ujian standar dan mengukur kemampuan bahasa. 

ETS sebagai lembaga sertifikasi TOEIC, bertanggung jawab untuk melaksanakan tes dengan standar penilaian tertentu yang bisa menggambarkan kemampuan komunikasi bahasa Inggris peserta ujian dalam konteks profesional.

ETS selaku lembaga sertifikasi TOEIC juga berperan dalam memastikan keamanan dan integritas ujian. Hal ini mencakup penyusunan prosedur pengawasan ujian yang ketat dan upaya untuk mencegah praktik curang. 

ETS membanderol harga ujian TOEIC sebesar USD 125-200 atau sekitar 2,3 juta-3,1 juta rupiah.

 

Rekomendasi bimbingan agar tidak ada kesalahan dalam persiapan TOEFL

Butuh bimbingan TOEFL terpercaya? Ikuti kelas persiapan TOEFL by Schoters. Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.