Mengenal TOEIC: Pengertian, Manfaat, dan Biaya

Tips & Trik, 17 Des 2022

Di era pasar global seperti saat ini, memiliki kemampuan berbahasa Inggris jadi salah satu keterampilan yang paling banyak dibutuhkan. Tidak heran apabila saat ini ada banyak sekali lembaga yang menawarkan kursus bahasa Inggris lengkap dengan fasilitas tes kemampuan bahasa Inggris bersertifikat. Di antara sederet tes kemampuan Bahasa Inggris, salah satu yang kerap diikuti orang adalah TOEIC atau Test of English International Communication. Lalu, apa sebenarnya tes ini? Berikut ulasan lengkapnya!

Apa itu TOEIC?

Seperti namanya, Test of English International Communication merupakan uji kemampuan berbahasa Inggris yang bisa digunakan di negara yang bahasa utamanya bukan Bahasa Inggris.  Tes ini awalnya dipakai untuk keperluan ujian di North American Business. Dalam perkembangannya, negara-negara lain yang bahasa utamanya bukan Bahasa Inggris juga mensyaratkan ujian ini. Bahkan di Jepang, sistem Test of English International Communication dikembangkan lebih lanjut dan dimodifikasi menjadi ETS atau Education Testing Server.

Manfaat TOEIC

Sebagaimana sempat disinggung sebelumnya, peserta yang mengikuti ujian Test of English International Communication akan menerima sertifikat sebagai bukti bahwa mereka telah mengikuti tes ini. Isi sertifikat biasanya adalah hasil skor. Skor tersebut adalah indikator seberapa baik kemampuan Bahasa Inggris peserta berdasarkan TOEIC.

Manfaat utama sertifikat ini adalah untuk melamar pekerjaan ke perusahaan tertentu, mendaftar beasiswa luar negeri, atau untuk keperluan pekerjaan. Banyak sekali perusahaan di luar negeri, terutama yang bertaraf internasional, mensyaratkan sertifikat Test of English International Communication sebagai dokumen yang wajib dilampirkan.

Sebagai informasi, sertifikat Test of English International Communication memiliki masa berlaku, yaitu dua tahun sejak sertifikat dikeluarkan. Jadi ketika lewat masa dua tahun dari terakhir mengikuti ujian, kita wajib memperbarui sertifikat dengan mengikuti Test of English International Communication lagi.

           Baca juga: Penjelasan Lengkap Perbedaan TOEFL, IELTS, dan TOEIC

Mengapa harus TOEIC?

Tentu saja untuk memberikan bukti yang otentik dan resmi kepada orang lain bahwa kalian telah memenuhi kualifikasi dan memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang sesuai dengan standar. Lebih dari itu, sertifikat TOEIC adalah bukti bahwa kalian dapat berkomunikasi dalam lingkungan profesional secara efisien. Hal ini sangat diperlukan terutama dalam karir dan menjalankan bisnis dengan orang-orang yang menggunakan bahasa Inggris.

Selain itu, TOEIC juga sudah menjadi rujukan bagi banyak akademisi sehingga kredibilitasnya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Beberapa skenario yang memerlukan sertifikat TOEIC adalah:

  1. Pendaftaran beasiswa kuliah di luar negeri
  2. Melamar pekerjaan di luar negeri yang mana bahasa Inggris digunakan bahasa pengantar
  3. Meningkatkan kredibilitas secara profesional
  4. Mengamati kemajuan dalam mempelajari bahasa Inggris

Apa saja yang diujikan di TOEIC?

Dalam pelaksanaannya, Test of English International Communication memiliki empat macam materi, yaitu reading, listening, speaking, dan writing. Dari empat materi itu, akan dikelompokkan lagi menjadi dua materi yang diujikan yaitu:

1. Listening and Reading Test

Dalam tes ini, kemampuan listening dan reading peserta akan diuji. Peserta akan diminta untuk mendengarkan percakapan dan membaca tulisan Bahasa Inggris selama dua jam. Dalam kurun waktu tersebut, peserta diharapkan mampu menjawab 100 pertanyaan yang ada dengan baik.

Agar manajemen waktunya bermanfaat, materi ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu 45 menit untuk sesi listening dan 75 menit untuk sesi reading. Namun sebelum tes dimulai, peserta wajib melakukan pengisian administrasi selama 30 menit. Jadi total waktu keseluruhan pada materi listening and reading test ini sekitar 2 jam 30 menit.

TOEIC

2. Speaking and Writing Test

Dalam materi ini kemampuan berbicara dan menulis dalam Bahasa Inggris diuji. Mengingat tujuan TOEIC terkait dengan pekerjaan dan bisnis, maka materi yang diujikan pun tidak jauh dari bidang tersebut. Contohnya, presentasi, konferensi, rapat, atau percakapan melalui telepon.

Tes ini juga dibagi menjadi 2 bagian, yaitu speaking dan writing. Untuk menyelesaikan soal speaking, peserta akan diberi waktu selama 20 menit dan diharapkan dapat menyelesaikan 11 soal. Sedangkan sesi writing harus ditempuh selama 60 menit dan peserta diharapkan dapat menyelesaikan 8 soal.

Jika sesi listening and reading test memiliki pertanyaan pilihan ganda, maka pada sesi speaking and writing test kita tidak akan menemukan pilihan ganda. Inilah mengapa sistem penilaian kedua sesi dilakukan secara berbeda dengan bibit nilai yang berbeda pula.

Berbeda dengan uji kemampuan Bahasa Inggris lainnya, Test of English International Communication bisa diambil terpisah. Misalnya, kita hanya membutuhkan hasil dari speaking and writing test saja. Maka peserta tidak perlu mengikuti sesi listening and reading test

Namun sebaiknya, Hunters mengambil dua jenis Test of English International Communication secara bersamaan agar kemampuan berbahasa Inggris kita benar-benar diuji secara menyeluruh sehingga data yang dihasilkan bisa menjadi informasi atau referensi penting perusahaan saat perekrutan.

Sistem skoring TOEIC

Penilaian pada TOEIC didasarkan pada jawaban benar dan salah. Meski tidak ada skor gagal dan skor lulus, namun ada skor minimum dan maksimum. Skor ini dapat disandingkan dengan metode pengukuran Common European Framework of Reference for Language (CEFR) dengan detail sebagai berikut:

1. Listening and Reading Test

  1. Skor minimal: 5
  2. Skor maksimal per tes: 495
  3. Level sandingan dengan CEFR: A1 hingga C1
  4. Skor total minimal: 10
  5. Skor total maksimal: 990

2. Speaking and Writing Test

  1. Speaking: 
    1. Pertanyaan nomor 1-9 diberikan skor antara 1-3
    2. Pertanyaan nomor 10-11 diberikan skor antara 0-4
    3. Jumlah skor dikonversi ke skala 0-200
    4. Level sandingan dengan CEFR: A1 hingga C1
  2. Writing:
    1. Pertanyaan nomor 1-5 diberikan skor antara 0-3
    2. Pertanyaan nomor 6-7 diberikan skor antara 0-4
    3. Pertanyaan nomor 8 diberikan skor antara 0-5
    4. Jumlah skor dikonversi ke skala 0-200
    5. Level sandingan dengan CEFR: A1 hingga C1 

Biaya TOEIC

Biaya yang harus dikeluarkan untuk mengikuti Test of English International Communication cukup beragam. Hal ini tergantung kebijakan dan kualitas masing-masing lembaga. Meskipun begitu, materi tes yang diujikan tetap sama karena disesuaikan dengan standar yang berlaku. 

Harga yang ditawarkan lembaga biasanya harga satuan, yaitu tergantung materi ujian yang dipilih atau harga paketan. Kisaran harga Test of English International Communication adalah sekitar USD85 atau Rp1,2 juta. Mengingat manfaat yang ditawarkan dan kegunaan sertifikat TOEIC dalam dunia kerja, harga tersebut tentu tidak bisa dibilang mahal.

Di mana bisa mendaftarkan TOEIC?

Di Indonesia, ada banyak sekali lembaga yang menawarkan ujian Test of English International Communication sekaligus sertifikatnya. Masing-masing tentu memiliki keunggulannya. Meskipun begitu, ada beberapa kualitas yang harus dimiliki sebuah lembaga kredibel. Di antaranya:

  1. Telah mengantongi izin resmi lembaga terkait, misal KEMEMDIKBUD RI.
  2. Sertifikat yang dikeluarkan resmi dan diakui secara internasional
  3. Bekerjasama dengan lembaga penyelenggara tes kemampuan Bahasa Inggris yang diakui secara internasional.
  4. Proses pendaftaran mudah dan melayani berbagai jenis pembayaran
  5. Memiliki tutor profesional dan berpengalaman
  6. Memiliki after service berupa feedback dari tutor begitu ujian usai 
  7. Dilengkapi dengan fasilitas mumpuni
  8. Biaya yang ditawarkan masuk akal

          Baca juga: Serba-serbi Tes IELTS untuk Persiapan Beasiswa dan Pekerjaan

Beasiswa yang memerlukan TOEIC

Berikut daftar beberapa beasiswa yang menerima TOEIC sebagai bukti kecakapan berbahasa Inggris serta minimal skornya:

  1. MEXT Scholarship Japan

    1. TOEIC L&R: 785

    2. TOEIC S&W: 310

  2. GSIS scholarship for international students: 880

  3. Fooyin University Rewards for Excellent Overseas Students: 500

  4. Fujitsu Scholarship: 600

  5. National Tsing Hua University’s Fully Funded Scholarship Program in Taiwan: 650

  6. Scholarship for Excellent Foreign Students (EFS) at Sirindhorn International Institute of Technology (SIIT): 500

  7. Yonsei University Campus Scholarship: 940

Persiapan Tes TOEIC dengan Schoters

Tertarik mengikuti tes TOEIC? Daftar di Schoters yuk! Hunters tidak hanya bisa mengikuti ujian dan memperoleh sertifikat resmi. Hunters juga bisa mengikuti kelas preparation agar hasil tes sesuai harapan. 

Hunters juga bisa memilih jadwal tes yang sesuai supaya bisa mengikuti dengan tenang dan mendapat hasil maksimal. Selain itu Schoters juga menawarkan tes kemampuan berbahasa Inggris lain yang bisa diikuti seperti TOEFL atau IELTS. Daftarkan segera di sini.

Itulah ulasan tentang TOEIC, jangan lupa untuk membaca informasi menarik lainnya di blog Schoters, ya! Semoga bermanfaat.