Penjelasan Lengkap Perbedaan TOEFL, IELTS, dan TOEIC

Tips & Trik, 22 Sep 2022

Hunters pernah mendengar tentang TOEFL, IELTS, atau TOEIC? Ketiga merupakan sertifikasi kemampuan berbahasa Inggris. Test of English as a Foreign Language (TOEFL), International English Language Testing System (IELTS), dan Test of English for International Communication (TOEIC) umumnya diperlukan jika kamu hendak mendaftar beasiswa, kuliah ke luar negeri, maupun urusan pekerjaan. Namun, tahukah kamu apa perbedaan TOEFL, IELTS, dan TOEIC? Simak penjelasan selengkap di artikel ini ya!

Pengertian TOEFL, IELTS, dan TOEIC

TOEFL, IELTS, dan TOEIC merupakan tes kompetensi berbahasa Inggris resmi. Meskipun ketiganya merupakan tes kemampuan berbahasa Inggris komunikasi internasional, terdapat perbedaan antara TOEFL, IELTS, dan TOEIC. 

Namun, TOEFL sendiri ada 2 jenis, yaitu TOEFL ITP dan TOEFL IBT. Oleh karena itu, TOEFL ITP umumnya berlaku secara nasional dan bukan internasional. Pada artikel ini yang akan kita bahas adalah TOEFL IBT. Penggunaan kata TOEFL pada artikel ini mengacu pada TOEFL IBT. Jadi, jangan bingung ya, Hunters. 

Perbedaan TOEFL, IELTS, dan TOEIC yang pertama adalah dari segi pengertian. Berikut ini penjelasannya: 

 

Pengertian TOEFL, IELTS, dan TOEIC

TOEFL Tes kemampuan berbahasa Inggris yang biasanya sertifikatnya digunakan untuk mencari beasiswa,  masuk ke perguruan tinggi, atau masuk lembaga pemerintah. TOEFL memiliki empat bagian yaitu Reading, Listening, Writing, dan Speaking.  
IELTS Tes kemampuan berbahasa Inggris yang gunanya lebih luas daripada TOEFL. Sertifikat tes ini bisa digunakan untuk keperluan pendidikan seperti mencari beasiswa atau masuk perguruan tinggi. Selain itu, bisa juga digunakan untuk pembuatan visa kerja hingga perpindahan kewarganegaraan. IELTS terdiri dari empat bagian yaitu Reading, Listening, Writing, dan Speaking. 
TOEIC Tes kemampuan berbahasa Inggris untuk bekerja di luar negeri, menjadi pengajar Bahasa Inggris, atau untuk keperluan bisnis, industri, dan perdagangan. Sertifikasi ini difokuskan untuk urusan pekerjaan, bukan untuk mencari beasiswa atau masuk ke perguruan tinggi. 

 

TOEIC terdiri dari dua jenis yaitu TOEIC Listening Reading dan TOEIC Speaking Writing. TOEIC Listening Writing untuk mengukur kemampuan seseorang dalam mendengarkan dan membaca teks berbahasa Inggris. Sementara TOEIC Speaking Writing untuk mengukur kemampuan berbicara dan menulis menggunakan Bahasa Inggris. 

 

Masa Berlaku dan Tempat Berlaku TOEFL, IELTS, dan TOEIC

Sudah tahu berapa lama dan di mana saja TOEFL, IELTS, dan TOEIC berlaku? Berikut ini penjelasannya:

  TOEFL IELTS

TOEIC

Masa berlaku Dua tahun Dua tahun Dua tahun
Tempat berlaku Seluruh dunia Seluruh dunia Seluruh dunia

 

Biaya, Cara Mendaftar, Bahasa Inggris yang Digunakan, dan Aksen

Perbedaan TOEFL, IELTS, dan TOEIC juga terletak pada biaya, cara mendaftar, Bahasa Inggris yang digunakan, hingga aksen yang digunakan. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

 

TOEFL

IELTS

TOEIC

Biaya Biaya sekitar 3,4 juta rupiah.  Biaya sekitar 3,25 juta rupiah.  Biaya sekitar 700 ribu rupiah (untuk TOEIC Listening Reading) dan sekitar 1,5 juta rupiah (untuk TOEIC Speaking Writing)
Cara mendaftar Pendaftaran bisa dilakukan secara online dengan membuat akun terlebih dahulu. Kemudian, akan muncul pilihan tanggal dan lokasi tes yang dapat kamu pilih. Cek informasi selengkapnya pada website www.ets.org. Pendaftaran dapat dilakukan secara online dengan membuat akun terlebih dahulu. Setelah itu, akan muncul tampilan tanggal tes dan lokasi tes yang bisa dipilih. Informasi lebih lengkap bisa kamu temukan pada website www.ialf.edu. Pendaftaran secara online dengan membuat akun di www.ets.org. Setelah itu, kamu dapat memilih tanggal lokasi tes yang muncul setelah melakukan pendaftaran. 
Bahasa Inggris yang digunakan Tes TOEFL menggunakan Bahasa Inggris Amerika Tes IELTS menggunakan Bahasa Inggris British Tes TOEIC menggunakan Bahasa Inggris Amerika
Aksen Amerika Beragam seperti aksen UK, Amerika, Kanada, Australia Beragam seperti aksen Amerika, Bristih, Austrlia, dan Kanada

          Baca Juga: Beasiswa Kuliah di Luar Negeri tanpa TOEFL, Coba Daftar Yuk!

Sistem Penilaian dan Jenis Soal TOEFL, IELTS, dan TOEIC

Masih ada lagi loh perbedaan tiga tes ini yaitu dari segi sistem penilaian dan jenis soal tesnya. Simak tabel berikut untuk memahami lebih lanjut:

 

TOEFL

IELTS

TOEIC

Sistem Penilaian Rentang nilai adalah 0-120.  Masing-masing bagian (Reading, Listening, Writing, dan Speaking) memiliki nilai maksimal 30. Skor masing-masing bagian selanjutnya akan diakumulasikan menjadi skor keseluruhan.  Rentang skor tes IELTS adalah 0-9 untuk masing-masing bagian (Reading, Listening, Writing, dan Speaking). Skor dari keempat bagian akan dijumlahkan dan dibagi empat untuk mencapai skor akhir. Skor akhir memiliki rentang 0-9.   Rentang nilai tes TOEIC Listening Reading adalah 10-990 (berasal dari akumulasi skor Listening (5-495) dan Reading(5-495)). Sementara nilai tes TOEIC Speaking Writing adalah 0-400 (dari akumulasi skor Speaking (0-200) dan Writing (0-200)). 
Soal Reading Berupa pilihan ganda Bentuk soal beragam bisa berupa isian atau pilihan ganda (tetapi sangat jarang). Umumnya peserta tes diminta menentukan ide pikiran setiap paragraf. Berupa pilihan ganda
Soal Listening Berupa pilihan ganda Berupa isian singkat. Terkadang berupa pilihan ganda tetapi jumlahnya sedikit.  Berupa pilihan ganda
Soal Speaking Berbicara dengan komputer Berbicara dengan komputer Berbicara dengan komputer
Soal Writing Menulis dua esai. Pada esai 1, peserta tes harus membaca membaca teks yang berisi penjelasan singkat mengenai topik tertentu kemudian menuliskan pendapatnya mengenai topik yang telah dijelaskan. Pada esai 2, peserta diminta menuliskan masalah-masalah tertentu.  Menulis 2 esai. Pada esai 1, peserta tes harus menjelaskan tabel atau grafik yang disajikan. Pada esai 2, peserta tes harus mengutarakan dan menjelaskan pendapatkan akan suatu permasalahan.  Pertama, peserta diminta menulis kalimat berdasarkan gambar yang dilihat. Kedua, menuliskan jawaban dari soal yang dikirimkan ke email peserta. Ketiga, menulis esai berisi opini tentang suatu topik yang disediakan pihak penyelenggara tes. 

           Baca Juga: Panduan Cara Menghitung Band IELTS, Berapa Skor Kamu? 

Bimbingan Persiapan TOEFL, IELTS, dan TOEIC di Schoters

Ingin daftar beasiswa, kuliah ke luar negeri, atau kerja di luar negeri tapi belum mempunyai sertifikat tes Bahasa Inggris?     ->     Kamu bisa mengikuti bimbingan persiapan tes Bahasa Inggris di Schoters sesuai kebutuhanmu seperti Bimbingan Persiapan TOEFL, Bimbingan Persiapan IELTS, atau Bimbingan TOEIC. Book kelasmu sekarang yuk!