Motivation Letter Organisasi: Panduan & Contoh Untuk Membuat

Motivation letter organisasi merupakan sebuah tulisan yang dibuat oleh seseorang yang ingin bergabung dalam suatu organisasi. Esai ini juga bertujuan untuk menyampaikan alasan mengapa seseorang ingin bergabung dalam organisasi tersebut dari menjelaskan kontribusi hingga cara untuk mencapai tujuan organisasi. Tujuan lainnya adalah untuk membantu Hunters menunjukkan komitmen dan minat, menampilkan kemampuan yang dimiliki, serta hal yang membedakan diri kamu dengan kandidat lainnya.

Kemampuan menulis dalam esai ini salah satunya menggunakan bahasa yang singkat, jelas, dan padat. Sehingga, pembaca dapat dengan mudah memahami tulisan yang ditulis oleh Hunters. Jika Hunters ingin membuat motivation letter organisasi, ada beberapa hal yang perlu diketahui yaitu:

1. Penggunaan bahasa

Penggunaan bahasa merupakan hal yang penting untuk membuat motivation letter organisasi. Bahasa yang digunakan ialah bahasa yang tentu saja mudah dipahami. Bahasa yang digunakan juga harus sopan dan tidak harus formal. Dilanjutkan dengan menyampaikan alasan mengapa ingin bergabung organisasi tersebut serta memberikan bentuk kontribusi yang akan diberikan. Selain itu, menjelaskan pengalaman dan keterampilan yang kamu miliki. Sebagai pelengkap, kamu bisa menyampaikan tujuan dan harapan jika diterima bergabung dalam organisasi tersebut.

2. Visi dan misi organisasi

Jika ingin bergabung organisasi tersebut, kamu perlu terlebih dahulu memahami visi dan misi. Lakukan pengamatan seperti program atau kegiatan yang dilakukan oleh organisasi tersebut. Tujuannya adalah memudahkan kamu untuk memberikan alasan yang baik dan spesifik mengapa ingin bergabung pada organisasi tersebut.

3. Penulisan tidak plagiat

Dalam penulisan motivation letter organisasi harus dibuat secara orisinil tanpa ada plagiarisme. Hindari menjiplak tulisan sumber lain dan sebisa mungkin untuk menulis dengan tulisan unik dan orisinil agar berbeda dari kandidat lainnya. Gunakan topik yang relevan serta menggunakan kata kunci yang mudah agar terbaca oleh google.

Tidak hanya itu saja yang perlu kamu ketahui, berikut panduan menulis motivation latter organisasi:

1. Menentukan tujuan bergabung pada organisasi. Kamu harus menjelaskan tujuan mengapa ingin bergabung pada organisasi tersebut dengan jelas dan memberikan alasan spesifik.

2. Kemampuan yang dimiliki. Tahapan kedua yaitu kamu harus menjelaskan kemampuan yang dimiliki guna membantu dan memberikan kontribusi pada organisasi. Kemampuan yang dimiliki harus dijelaskan dengan jelas dan terperinci serta bagaimana kemampuan tersebut diaplikasikan dalam aktivitas organisasi.

3. Menunjukkan motivasi. Memberikan penjelasan motivasi kamu ingin bergabung pada organisasi tersebut mulai hal apa yang tertarik untuk bergabung dan bagaimana bergabung dengan organisasi tersebut dapat mencapai tujuan pribadi.

4. Menjelaskan kontribusi yang diberikan. Menjelaskan kontribusi yang akan kamu berikan pada organisasi tersebut untuk kedepannya.

5. Menjaga kekompakan dalam penulisan. Dalam penulisan motivation letter organisasi harus terstruktur dan rapi. Selain itu menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami.

 

Baca Juga: Simak Panduan Menulis Essay Beasiswa ke Luar Negeri

 

Contoh Motivation Letter Organisasi

Salam Sejahtera,

         Nama saya Caca, anak kedua dari dua bersaudara. Dahulu, ayah saya bekerja sebagai petani dari salah satu desa di Garut. Setiap hari, beliau berangkat dari pagi hingga sore hari. Namun, kesehatannya mulai menurun dan memutuskan untuk beristirahat di rumah sementara waktu. Di sela waktunya, terkadang beliau mengurus kebun di belakang rumah. Sedangkan ibu sehari-hari mengurus pekerjaan rumah dan mengurus kebun.

         Sejak kecil, saya sering diajak ayah ke sawah. Saya diajari cara menanam padi dan memanen padi ketika waktu panen telah tiba. Ayah juga mengajarkan saya untuk memanen beberapa sayur-sayuran dan buah-buahan di belakang rumah. Saya juga membantu ibu untuk memanen dan mengurus perkebunan. Saya sangat menyukai keduanya karena menurut saya hal tersebut sangat menyenangkan, terlebih banyak hewan-hewan ternak yang berlalu lalang melewati sawah dan perkebunan. Saya sering melakukan percobaan untuk mengcangkok dan menyetek tanaman dari perkebunan ibu dan ayah serta mencoba membuat pupuk alami sendiri dengan bahan yang ada. Melihat hal itu, kedua orang tua saya mulai memberikan dukungan kepada saya untuk menekuni bidang tersebut.

         Oleh karena itu, saya sangat bersemangat untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan kemampuan yang saya miliki. Saya akan merantau dari Sumatera Barat ke Jakarta untuk menempuh pendidikan strata satu (S1) di salah satu universitas Jakarta. Setelah lulus, saya akan mencoba untuk melanjutkan pendidikan magister (S2) di Taiwan karena Taiwan terkenal dengan teknologi pertaniannya yang modern.

         Di masa depan, saya bercita-cita untuk memajukan Indonesia khususnya di bidang pertanian dengan sistem yang lebih modern dan ramah lingkungan. Untuk saat ini, saya bertekad untuk tekun belajar dengan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dan menambah wawasan organisasi dengan bergabung ke organisasi mahasiswa.

 

Baca Juga: Pahami Contoh Motivation Letter Beasiswa

 

Rekomendasi Bimbingan Bikin Motivation Letter Organisasi

Ingin bisa memvuat motivation letter organisasi? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar kamu lebih tahu informasi selengkapnya bersama Schoters!

Butuh program lain? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

motivation letter organisasi