3 Info Negara dengan Biaya Kuliah dan Hidup Murah

Kuliah di luar negeri memang kesempatan yang sangat berharga untuk pengembangan diri dan masa depan. Namun, tidak dapat dipungkiri jika kuliah di luar negeri memerlukan biaya ekstra yang tidak murah. Berikut Schoters berikan 3 rekomendasi negara dengan biaya kuliah dan hidup murah yang bisa Hunters pertimbangkan!

 

Selayang Pandang Kuliah di Luar Negeri

Sejatinya ada beberapa kelebihan dan kesempatan yang bisa Hunters dapatkan selama kuliah di luar negeri. Beberapa diantaranya adalah kualitas pendidikan dan jaringan internasional. Kuliah di luar negeri dapat memberikan akses kepada Hunters untuk belajar dari para pengajar terkemuka di bidang mereka, terlibat dalam penelitian yang inovatif, dan mengakses fasilitas modern dan sumber daya akademik yang canggih. Universitas-universitas di luar negeri sering kali fokus pada pendekatan praktis dan berbasis proyek, yang memungkinkan Hunters untuk mengembangkan keterampilan praktis yang relevan dengan karir.

Melalui kuliah di luar negeri pula, Hunters dapat membangun jaringan internasional yang luas. Jaringan ini dapat memberikan peluang kolaborasi, magang, atau penelitian di masa depan, serta membantu memperluas peluang karir di tingkat global.

 

Baca Juga: Inilah 4 Universitas Luar Negeri yang Tidak Sulit Untuk Dimasuki

 

3 Negara dengan Biaya Kuliah dan Hidup Murah

Seperti yang disampaikan di atas, meski kuliah ke luar negeri sering membutuhkan lebih banyak biaya untuk dikeluarkan. Berikut beberapa negara dengan biaya kuliah dan hidup termurah yang masih menawarkan kualitas pendidikan dan jaringan internasional yang baik. 

1. Malaysia

Malaysia merupakan negara dengan biaya kuliah dan hidup termurah yang bisa Hunters pertimbangkan. Malaysia yang menawarkan pendidikan tinggi berkualitas dengan biaya kuliah yang terjangkau. Biaya hidup di Malaysia juga relatif rendah, terutama jika dibandingkan dengan negara-negara seperti Amerika Serikat atau Inggris.

Universitas-universitas negeri di Malaysia umumnya memiliki biaya kuliah yang lebih terjangkau bagi mahasiswa internasional. Biaya kuliah di universitas negeri bisa berkisar antara 7.000 hingga 20.000 MYR per tahun untuk program sarjana. Sedangkan biaya hidup sendiri bisa disesuaikan dengan kebutuhan Hunters ya.

2. Taiwan

Taiwan adalah negara yang semakin populer bagi mahasiswa internasional. Banyak universitas di Taiwan menawarkan beasiswa dan biaya kuliah yang terjangkau. Biaya hidup di Taiwan juga lebih rendah dibandingkan dengan beberapa negara Asia lainnya seperti Jepang atau Singapura.

Salah satu negara dengan biaya kuliah dan hidup termurah ini menawarkan kualitas pendidikan dna biaya pendidikan berkisar antara 30.000 hingga 100.000 TWD per tahun untuk universitas negeri dan biaya makan dan transportasi yang cukup terjangkau. 

3. Jerman

Negara dengan biaya kuliah dan hidup termurah selanjutnya adalah Jerman. Jerman terkenal sebagai tujuan pendidikan yang terjangkau bagi mahasiswa internasional. Banyak universitas di Jerman menawarkan program sarjana dan master tanpa biaya kuliah atau dengan biaya kuliah yang sangat rendah. 

Namun, ada beberapa universitas swasta yang menerapkan biaya kuliah yang lebih tinggi. Biaya kuliah di universitas swasta di Jerman bisa berkisar antara 10.000 hingga 30.000 EUR per tahun.

Sedangkan untuk biaya hidup sendiri, sebagai mahasiswa Hunters akan sangat terbantu dengan pelayanan gratis khusus untuk para mahasiswa yang banyak diberikan di Jerman. Seperti layanan kesehatan, fasilitas perpustakan dan sumber daya akademik, kegiatan olahraga, transportasi umum, dan kegiatan budaya atau sosial.

 

Baca Juga: Ayo Cek 8 Panduan Agar Dapat Tetap Hemat di Luar Negeri

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kuliah di Negara dengan Biaya Kuliah dan Hidup Termurah

Ingin sekolah di negara dengan biaya kuliah dan hidup termurah di atas? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

negara dengan biaya kuliah dan hidup murah