3 Negara dengan Biaya Kuliah dan Hidup Termurah di Eropa

Punya cita-cita untuk kuliah di Eropa? Yuk, persiapkan rencana studimu dengan tiga pilihan negara dengan biaya kuliah dan hidup termurah di Eropa berikut ini!

Selayang pandang kuliah dan hidup di Eropa

Eropa adalah tempat yang sangat beragam secara budaya. Ada banyak negara di sana yang memiliki tradisi, bahasa, dan budaya yang unik. Sebagai mahasiswa internasional, Hunters akan banyak mendapatkan pengalaman baru melalui budaya mereka yang kaya jika kamu melanjutkan studi ke Eropa. 

Selain itu, banyak universitas di Eropa memiliki reputasi yang sangat baik dan menawarkan program pendidikan berkualitas tinggi. Dosen-dosen dan staf pengajar biasanya sangat berkomitmen dalam memberikan pengajaran yang baik dan mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis.

Hunters juga akan banyak mendapatkan keuntungan lain, seperti lingkungan belajar yang inovatif, akses ke fasilitas penelitian, sumber daya yang banyak, hingga kesempatan untuk menjelajah Eropa. 

 

Baca Juga: 8 Tips Agar Pengeluaran Kuliah di Luar negerimu Tidak Boros

 

Negara dengan biaya kuliah dan hidup termurah di Eropa

Jika dibandingkan, memang mata uang Euro dan Rupiah punya perbandingan yang cukup jauh. Oleh karena itu, tidak dapat dipungkiri biaya kuliah dan hidup di Eropa akan cukup jauh dari Indonesia.

Meski begitu, ada beberapa negara di Eropa yang terkenal dengan biaya kuliah dan biaya hidup yang murah. Berikut tiga negara dengan biaya kuliah dan hidup termurah di Eropa yang bisa Hunters gunakan sebagai pertimbangan.

1. Ukraina

Salah satu negara dengan biaya kuliah dan hidup termurah di Eropa adalah Ukrania. Rata-rata biaya kuliah di universitas publik Ukraina untuk mahasiswa internasional berkisar $1,000 hingga $4,000 per tahun. Jika dikonversi ke rupiah, perkiraan biaya kuliah tersebut adalah sekitar Rp 14 juta hingga Rp 56 juta per tahun.

Secara umum, biaya hidup di Ukraina juga lebih rendah dibandingkan dengan banyak negara Eropa Barat. Perkiraan biaya hidup bulanan untuk mahasiswa di Ukraina adalah sekitar $300 hingga $600, termasuk akomodasi, makanan, transportasi, dan belanja sehari-hari. Dalam rupiah, perkiraan biaya hidup bulanan tersebut adalah sekitar Rp4,2 juta hingga Rp8,4 juta.

2. Bulgaria

Salah satu negara dengan biaya kuliah dan hidup termurah di Eropa Timur adalah Bulgaria. Biaya kuliah dan hidup di Bulgaria cukup bervariasi, tergantung dengan universitas dan kota yang Hunters tinggali. Kota Sofia, sebagai ibu kota, cenderung memiliki biaya hidup yang lebih tinggi dibandingkan dengan kota-kota lainnya, seperti Plovdiv atau Varna.

Untuk transportasi di Bulgaria sendiri cukup terjangkau. Tiket transportasi umum di Sofia memiliki harga sekitar 1,60 BGN per perjalanan. Biaya transportasi bulanan sekitar 50 hingga 70 BGN, tergantung pada seberapa sering Hunters menggunakan transportasi umum. 

3. Polandia

Salah satu negara dengan biaya kuliah dan hidup termurah di lainnya adalah Polandia. Biaya kuliah untuk program sarjana di universitas negeri biasanya berkisar antara 3.000 hingga 6.000 PLN per tahun. Di universitas swasta, biaya kuliahnya bisa mencapai 10.000 hingga 20.000 PLN per tahun, tergantung pada program studi dan universitasnya.

Namun, perlu diingat, ya, Hunters bahwa biaya hidup adalah faktor yang kompleks dan dapat dipengaruhi oleh banyak hal seperti tingkat inflasi, kurs mata uang, penghasilan rata-rata, dan gaya hidup pribadi. Oleh karena itu, sebelum memutuskan tinggal atau mengunjungi suatu negara, kamu disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut dan mempertimbangkan aspek-aspek lain. Beberapa di antaranya, seperti kesempatan kerja, infrastruktur, keamanan, dan kualitas hidup secara keseluruhan. 

 

Baca Juga: Inilah 5 Rekomendasi Beasiswa Eropa untuk Pelajar Indonesia

 

Rekomendasi bimbingan persiapan kuliah di negara dengan biaya kuliah dan hidup termurah di Eropa

Ingin sekolah di negara dengan biaya kuliah dan hidup termurah di Eropa di atas? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

 

Negara dengan Biaya Kuliah dan Hidup Termurah di Eropa