7 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Asia Tenggara

Kuliah di Luar Negeri, 10 Mar 2023

Kawasan ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) merupakan sebuah organisasi yang terdiri dari 10 negara di Asia Tenggara dan merupakan salah satu kawasan maju di Asia. Sepuluh negara tersebut ialah Brunei Darussalam, Malaysia, Indonesia, Vietnam, Kamboja, Thailand, Laos, Singapura, Filipina, dan Myanmar. Tahukah Hunters, ternyata Singapura menjadi negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia Tenggara. 

Meski Singapura menjadi yang terbaik, ternyata sistem pendidikan di negara-negara ASEAN lainnya juga tak kalah berkualitas. Banyak negara-negara ASEAN yang menjadi rujukan untuk menimba ilmu mahasiswa internasional dari berbagai belahan dunia. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas 7 negara di Asia Tenggara yang memiliki sistem pendidikan terbaik. Tak hanya itu, Hunters juga dapat menemukan kampus-kampus terbaik dari masing-masing negara barangkali kamu ingin melanjutkan studi di negara kawasan ASEAN. Berikut ini 7 negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia Tengara:

 

1. Singapura

Sistem pendidikan Singapura dianggap sebagai yang terbaik di Asia Tenggara dengan beberapa alasan. Pertama, sistem pendidikan di Singapura sangat fokus pada kualitas. Kurikulum di Singapura sangat ketat dan siswa diwajibkan untuk menguasai semua subjek yang diajarkan.

Selain itu, pemerintah Singapura juga memberikan banyak dukungan kepada sekolah-sekolah dan guru-guru mereka, termasuk dukungan finansial dan pelatihan yang berkualitas tinggi. 

Kondisi geografis Singapura yang kecil dibandingkan dengan negara Asia Tenggara lainnya juga menjadi faktor percepatan dan pemerataan kualitas pendidikan. Dengan luas yang tak jauh berbeda dengan DKI Jakarta, tentu saja akan lebih mudah dalam implementasi dan pengawasan kualitas pendidikannya. 

Selain itu, pendidikan di Singapura sangat terstruktur dan terorganisir dengan baik. Pemerintah Singapura memiliki rencana jangka panjang untuk memastikan bahwa setiap anak menerima pendidikan yang setara. Ada juga sistem evaluasi yang ketat untuk mengevaluasi kemajuan siswa. Para siswa diuji secara teratur untuk memastikan bahwa mereka menguasai materi yang diajarkan.

Singapura juga dikenal sebagai tempat yang ramah bagi para pelajar internasional. Banyak pelajar dari seluruh dunia memilih Singapura sebagai destinasi pendidikan karena sistem pendidikan di sana yang berkualitas tinggi, lingkungan yang aman dan bersih, serta budaya yang ramah dan inklusif.

Berdasarkan data pada tahun 2021, sebanyak 74.2% siswa melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi. Jumlah ini menjadi yang tertinggi di kawasan Asia Tenggara. Sementara itu, jumlah penduduk Singapura yang buta huruf sebanyak 0.9% dari total populasi dewasa.

Contoh lain yang menunjukkan keunggulan sistem pendidikan di Singapura adalah prestasi akademis siswanya. Menurut QS World University Rankings, tiga universitas terbaik di Singapura adalah:

  1. National University of Singapore (NUS) peringkat 11 
  2. Nanyang Technological University (NTU) peringkat 13
  3. Singapore Management University (SMU) peringkat ke-511-520

 

Baca Juga : Tertarik Melanjutkan Studi di Singapura? Simak Info 5 Kampus Top di Singapura

 

2. Malaysia

Sistem pendidikan Malaysia memiliki reputasi yang sangat baik di dunia pendidikan. Hal ini dibuktikan oleh peringkat universitas-universitas di Malaysia yang masuk dalam daftar universitas terbaik di dunia. Beberapa faktor yang menjadikan sistem pendidikan Malaysia menjadi kualitas yang tinggi adalah:

  1. Pendidikan yang Berfokus pada Pengembangan Individu

    Pendidikan di Malaysia tidak hanya memberikan pengetahuan kepada siswa, tetapi juga membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan, moral, dan sosial mereka. Program pendidikan yang disediakan membantu siswa menjadi pribadi yang berintegritas dan bertanggung jawab.

  2. Pendidikan Berkualitas Tinggi dan Terjangkau

    Pendidikan di Malaysia sangat terjangkau bagi semua orang, dan ini menjadikannya sangat terjangkau bagi masyarakat. Kualitas pendidikan yang tinggi di Malaysia dapat diakses oleh siapa saja, terlepas dari latar belakang sosio-ekonomi mereka.

  3. Kemitraan dengan Industri

    Sistem pendidikan di Malaysia berusaha untuk membawa dunia pendidikan lebih dekat dengan industri. Ini memungkinkan siswa untuk mendapatkan pengalaman langsung di tempat kerja dan mengeksplorasi peluang kerja di masa depan.

Tiga universitas terbaik di Malaysia berdasarkan QS World University Rankings adalah:

  1. University of Malaya peringkat 59
  2. Universiti Teknologi Malaysia peringkat 187
  3. Universiti Kebangsaan Malaysia peringkat 207

Salah satu fakta menarik tentang sistem pendidikan di Malaysia yaitu bahasa pengantar di sekolah-sekolah menggunakan bahasa Melayu. Namun, ini bukan menjadi hambatan bagi siswa untuk belajar bahasa Inggris karena bahasa Inggris juga merupakan bahasa yang diajarkan di sekolah-sekolah di Malaysia.

Berdasarkan data pada tahun 2021, sebanyak 28% siswa pendidikan menengah melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi. Jumlah ini menjadi yang tertinggi ke-3 di kawasan Asia Tenggara setelah Brunei Darussalam. Sementara itu, jumlah penduduk Malaysia yang buta huruf sebanyak 1.3% dari total populasi dewasa.

 

3. Thailand

Sistem pendidikan Thailand terkenal memiliki kualitas yang tinggi dan berkembang pesat dalam beberapa dekade terakhir. Salah satu alasan keberhasilan sistem pendidikan Thailand adalah fokus pada pengembangan keterampilan praktis. Di samping itu, pemerintah Thailand telah menginvestasikan sumber daya yang besar untuk memperbarui sistem pendidikan mereka, termasuk meningkatkan kualitas guru dan menyediakan fasilitas yang lebih baik.

Contoh lain yang menunjukkan kualitas sistem pendidikan Thailand adalah peningkatan kualitas pendidikan tinggi. Sejumlah universitas Thailand, seperti Chulalongkorn University dan Mahidol University, telah meraih peringkat tinggi dalam QS World University Rankings. Selain itu, Thailand juga menjadi tuan rumah beberapa universitas terkemuka di dunia, termasuk Webster University dan Carnegie Mellon-KMITL University yang berlokasi di Bangkok.

Berikut adalah 3 universitas terbaik di Thailand berdasarkan QS World University Rankings:

  1. Chulalongkorn University peringkat 245
  2. Mahidol University peringkat  314
  3. King Mongkut's University of Technology Thonburi peringkat 447

Sistem pendidikan Thailand memiliki kualitas yang baik karena berfokus pada pembelajaran bahasa Inggris dengan tujuan untuk meningkatkan daya saing internasional siswa mereka. Selain itu, pemerintah Thailand juga telah memperkenalkan program pendidikan inklusif untuk memastikan bahwa setiap siswa, termasuk mereka yang berkebutuhan khusus, mendapat kesempatan yang sama untuk belajar.

Berdasarkan data pada tahun 2021, sebanyak 33.8% siswa pendidikan menengah melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi. Jumlah ini menjadi yang tertinggi ke-5 di kawasan Asia Tenggara setelah Vietnam. Sementara itu, jumlah penduduk Thailand yang buta huruf sebanyak 1.5% dari total populasi dewasa.


Tertarik untuk kuliah di universitas luar negeri di Asia Tenggara dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview. Silakan klik tombol "Konsultasi Kuliah di Luar Negeri" di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇🏽

Konsultasi Kuliah di Luar Negeri

 

4. Indonesia

Sistem pendidikan Indonesia masih menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat, baik di Indonesia maupun mancanegara. Hal ini disebabkan jumlah penduduknya yang menjadi terbanyak ke-4 di dunia (275 juta jiwa), namun banyak yang berpendapat bahwa kualitas pendidikan di Indonesia masih perlu ditingkatkan. Padahal, pada kenyataannya Indonesia memiliki beberapa universitas yang dikenal internasional dan menunjukkan kemajuan dalam beberapa tahun terakhir.

Salah satu alasan mengapa sistem pendidikan Indonesia memiliki kualitas yang tinggi adalah karena ada beberapa universitas yang telah memenuhi standar internasional dan mampu bersaing ditingkat global. Misalnya:

  1. Universitas Gadjah Mada pada peringkat 231
  2. Institut Teknologi Bandung pada peringkat 235
  3. Universitas Indonesia pada peringkat 248

Selain itu, Pemerintah Indonesia terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dengan mengembangkan kurikulum yang lebih baik, memperluas akses pendidikan, serta meningkatkan fasilitas dan kualitas guru.

Salah satu hal yang menopang tingginya kualitas sistem pendidikan Indonesia yaitu, pendidikan di Indonesia wajib untuk semua anak usia 7-15 tahun dan tersedia secara gratis di sekolah negeri. 

Di samping itu, Indonesia memiliki banyak sekolah yang menawarkan program pendidikan internasional, seperti IB dan Cambridge, yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dan terbuka. Lulusan sekolah dengan kedua program tersebut juga memiliki kesempatan untuk melanjutkan kuliah di luar negeri lebih besar.

Berdasarkan data pada tahun 2021, sebanyak 29.4% siswa pendidikan menengah melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi. Jumlah ini menjadi yang tertinggi ke-7 di kawasan Asia Tenggara setelah Filipina. Namun, patut diingat bahwa persentase ini terbilang kecil karena jumlah pendudukan Indonesia yang jauh lebih besar dibanding dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Sementara itu, jumlah penduduk Indonesia yang buta huruf sebanyak 1.5% dari total populasi dewasa.

 

5. Filipina

Sistem pendidikan Filipina merupakan salah satu sistem pendidikan yang berkualitas di Asia Tenggara. Salah satu alasan mengapa sistem pendidikan Filipina memiliki kualitas yang tinggi yaitu, Filipina fokus pada pengembangan keterampilan sosial dan kepemimpinan siswa selain hanya fokus pada akademik. Selain itu, pemerintah Filipina juga memberikan akses pendidikan gratis pada anak-anak dari keluarga yang kurang mampu.

Contoh lain yang menunjukkan kualitas pendidikan Filipina adalah kualitas universitas Filipina yang diakui secara internasional. Berdasarkan QS World University Rankings, tiga universitas terbaik di Filipina adalah:

  1. University of the Philippines pada peringkat 412
  2. Ateneo de Manila University pada peringkat 651-700 
  3. De La Salle University pada peringkat 801-1000

Alasan utama sistem pendidikan Filipina menjadi berkualitas karena bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa pengantar utama dalam pendidikan. Selain itu, banyak sekolah Filipina yang menawarkan program bilingual untuk memastikan bahwa siswa dapat berbicara dengan baik dalam bahasa Inggris dan bahasa Filipina, maupun bahasa lokal lainnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Filipina juga berfokus pada pengembangan teknologi pendidikan dan pembelajaran jarak jauh. Pada tahun 2020, dengan pandemi COVID-19, pemerintah Filipina memperkuat program pembelajaran jarak jauh sebagai alternatif pendidikan. Semua ini menunjukkan bahwa sistem pendidikan Filipina terus beradaptasi dan berkembang untuk memenuhi kebutuhan siswa dan tuntutan masa depan.

Berdasarkan data pada tahun 2021, sebanyak 22% siswa pendidikan menengah melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi. Jumlah ini menjadi yang tertinggi ke-6 di kawasan Asia Tenggara setelah Thailand. Sementara itu, jumlah penduduk Filipina yang buta huruf sebanyak 3.6% dari total populasi dewasa.

 

6. Brunei Darussalam

Brunei Darussalam dikenal sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan yang berkualitas di Asia Tenggara. Hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah pemerintah Brunei Darussalam yang sangat peduli terhadap pendidikan dan memiliki visi jangka panjang untuk menciptakan masyarakat yang berpengetahuan dan berkualitas. Selain itu, sistem pendidikan di Brunei juga menekankan pada pendidikan karakter dan moral yang mengajarkan etika dan nilai-nilai yang baik kepada siswa.

Faktor yang menunjang kualitas sistem pendidikan di Brunei adalah adanya dana yang cukup besar yang dialokasikan untuk sektor pendidikan. Selain itu, pendidikan di Brunei diberikan secara gratis dan wajib untuk semua warga negara hingga tingkat menengah atas. Kurikulum di Brunei juga dirancang untuk mempersiapkan siswa menjadi warga yang produktif dan dapat bersaing di tingkat global.

Beberapa universitas terbaik di Brunei yang masuk dalam QS World University Rankings, antara lain:

  1. Universitas Brunei Darussalam peringkat 256
  2. Universiti Teknologi Brunei peringkat 340

Pendidikan formal di Brunei dimulai sejak usia empat tahun dengan tujuan untuk memperkenalkan nilai-nilai dasar kepada anak-anak. Selain itu, Brunei juga memiliki pusat-pusat riset yang terkenal, seperti Pusat Penelitian Ilmiah dan Teknologi (SIRIM) dan Pusat Studi Strategis dan Kepemimpinan Antarabangsa.

Berdasarkan data pada tahun 2021, sebanyak 51% siswa pendidikan menengah melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi. Jumlah ini menjadi yang tertinggi ke-2 di kawasan Asia Tenggara setelah Singapura. Sementara itu, jumlah penduduk Brunei yang buta huruf sebanyak 1% dari total populasi dewasa.

 

7. Vietnam

Sistem pendidikan Vietnam telah mengalami perkembangan yang signifikan dalam beberapa dekade terakhir. Hal ini dibuktikan dengan kualitas pendidikan yang semakin baik, tingginya jumlah siswa yang mengikuti ujian masuk universitas, dan sejumlah prestasi dalam olimpiade internasional. Ada beberapa alasan mengapa sistem pendidikan Vietnam semakin berkembang antara lain:

  1. Pemerintah Vietnam telah melakukan upaya besar-besaran untuk meningkatkan pendidikan di negara tersebut. Mereka telah melakukan reformasi pendidikan, memperbarui kurikulum, dan meningkatkan kualitas guru.
  2. Vietnam memiliki budaya yang sangat mendukung pendidikan. Orang tua di Vietnam cenderung memberikan prioritas yang tinggi terhadap pendidikan anak-anak mereka dan mengharapkan anak-anak mereka untuk meraih sukses melalui pendidikan.

Vietnam memiliki sejumlah universitas terkemuka yang menawarkan program pendidikan berkualitas. Berikut adalah tiga universitas terbaik di Vietnam menurut QS World University Rankings yang semuanya berada di rentang peringkat 801-1000, antara lain:

  1. Duy Tan University 
  2. Viet Nam National University Ho Chi Minh City (VNU-HCM)
  3. Vietnam National University, Hanoi

Salah satu alasan mengapa sistem pendidikan Vietnam berkembang cukup pesat karena mereka menerapkan sistem pendidikan yang sangat kompetitif dan ujian nasional mereka dianggap sebagai salah satu ujian yang paling sulit di dunia. Selain itu, Vietnam juga mengirimkan banyak mahasiswa untuk belajar di luar negeri dan mengembangkan kerja sama pendidikan internasional dengan negara-negara lain.

Berdasarkan data pada tahun 2021, sebanyak 30% siswa pendidikan menengah melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi. Jumlah ini menjadi yang tertinggi ke-4 di kawasan Asia Tenggara setelah Malaysia. Sementara itu, jumlah penduduk Vietnam yang buta huruf sebanyak 6.6% dari total populasi dewasa.

 

Baca Juga : Kuliah di Luar Negeri dengan Beasiswa LPDP! Simak Info Lengkapnya disini

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Lolos Universitas Luar Negeri

Ingin lolos universitas luar negeri? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner K2 - Schoters