Arti Penerjemah Tersumpah, Dokumen, dan Jasa Penerjemahnya

Tahukah kamu, kuliah ke luar negeri membutuhkan beragram dokumen sebagai syarat pendaftaran. Seringkali, dokumen yang kita miliki tidak dalam bahasa Inggris atau bahasa negara tujuan. Oleh karena itu, Hunters pasti membutuhkan pihak ketiga untuk membantu melancarkan komunikasi berupa dokumen translasi untuk daftar ke universitas atau beasiswa tujuan dengan menggunakan penerjemah tersumpah.

Apa itu penerjemah tersumpah?

Penerjemah tersumpah adalah orang yang telah mengikuti dan lulus ujian kualifikasi penerjemah teks hukum yang diselenggarakan oleh Lembaga Bahasa Internasional (LBI), Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB), Universitas Indonesia. Penerjemah ini harus melewati berbagai macam tes kualifikasi penerjemahan dan harus lolos dengan nilai minimum 80. Setelah lulus kualifikasi, mereka kemudian diberi sertifikat resmi yang dikeluarkan oleh Himpunan Penerjemah Indonesia.

Apakah cara menjadi penerjemah tersumpah hanya cukup sampai di situ? Oh, tidak. Seorang ahli bahasa harus disahkan pengukuhannya, yaitu diambil sumpahnya di depan Gubernur DKI Jakarta. Kemudian, setelah melewati beberapa tahapan prosedural, barulah status sebagai jasa penerjemah diberikan dan diperbolehkan untuk membuka layanan resmi. Tentu saja, kemampuannya dalam menerjemahkan bahasa sudah pasti terjamin bagus dan akurat.

 

Baca Juga: Cara Daftar Beasiswa Luar Negeri

 

Perbedaannya dengan penerjemah biasa

Pada prinsipnya penerjemahan harus benar dan baik sesuai tata bahasa dan konteks. Terjemahan tersumpah (sworn translation) adalah dokumen yang telah ditandatangani dan disegel oleh penerjemah resmi (tersumpah). Terjemahan tersumpah memiliki nilai yang sama dengan dokumen resmi lainnya di mata hukum. Terjemahan tersumpah diperlukan jika hasil terjemahan akan diajukan ke otoritas pemerintah.

Selain dibedakan dengan gelar dan sertifikasi resmi dari pemerintah, perbedaan antara tersumpah dan biasa adalah dari bidang terjemahan yang dikerjakan. Pada umumnya, penerjemah tersumpah mengerjakan dokumen yang berhubungan dengan legalitas dan pemerintahan saja.

Namun, masih ada saja pemahaman keliru seolah-olah penerjemah tersumpah tahu segala bidang. Padahal, spesialisasi penerjemah ini adalah teks hukum. Penerjemah ini juga terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Luar Negeri, dan berbagai kedutaan asing juga Kedutaan Besar Republik Indonesia.

Penerjemah tersumpah

Dokumen apa yang memerlukan penerjemah tersumpah?

Tentu saja Hunters akan sangat memerlukan penerjemah tersumpah untuk pendaftaran beasiswa atau universitas ke luar negeri. Hal Ini dikarenakan akan ada permintaan dokumen administrasi yang memuat keterangan resmi dari lembaga tertentu. Adapun dokumen yang dapat diterjemahkan oleh penerjemah ini, yaitu sebagai berikut:

  1. Akta Kelahiran;
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  3. Kartu Keluarga (KK);
  4. Surat Nikah;
  5. Ijazah Pendidikan;
  6. Transkrip nilai;
  7. Surat Kuasa;
  8. Surat izin ekspor-impor dan lainnya.

 

Baca Juga: Cara Jitu Membuat CV Beasiswa

 

Perlu Hunters ketahui bahwa, tidak ada batasan waktu untuk lembar terjemahan tersumpah. Oleh karena itu, tidak masalah kalau Hunters menggunakan terjemahannya kapanpun. Selain itu, format hasil terjemahan dibuat sedekat mungkin dengan dokumen sumbernya.

Hasil terjemahan dicetak pada kertas putih polos biasa ukuran A4, berat 80 gram, ada affidavit (kalimat pernyataan), cap, dan tanda tangan penerjemah tersumpah. Menurut standar praktek penerjemahan internasional, logo, cap/stempel, dan tanda tangan yang ada pada dokumen sumber tidak dimasukkan (copy-paste) ke dokumen hasil terjemahan, melainkan hanya ditulis.

 

Tips dan cara memilih penerjemah tersumpah

1. Bersertifikat

Penerjemah tersumpah yang mengantongi sertifikat, akan tercap sebagai penerjemah profesional dan terpercaya. Sebab, tujuan menggunakan jasa penerjemah ini adalah melegalkan dokumen tersebut agar hukum yang berlaku sama dengan dokumen aslinya.

2. Profesional

Memilih jasa penerjemah yang profesional tentunya Hunters akan mendapatkan hasil terjemahan yang baik pula. Tidak hanya itu, profesionalisme juga dapat menjadi acuan untuk Hunters dalam memilih penerjemah, dan itu dapat dilihat dari website yang dimiliki oleh perusahaan penyedia jasa penerjemah tersebut.

3. Review yang diberikan klien

Nah, cara yang ketiga dalam memilih jasa penerjemah tersumpah adalah melihat review atau testimoni yang klien telah berikan dari perusahaan jasa tersebut. Dengan melihat testimoni, Hunters dapat membandingkan dan memilih serta memilah jasa penerjemah mana yang harus digunakan.

4. Menjamin kerahasiaan dokumen

Selanjutnya, untuk memilih jasa penerjemah tersumpah terbaik adalah perusahaan penyedia jasa siap memberikan jaminan agar kerahasian dokumen tetap terjaga dengan ketat dan tidak akan bocor keluar. Tentunya, dengan menjamin kerahasiaan dokumen milik klien, ini menjadikan perusahaan jasa penyedia penerjemah ini dapat dipercaya kualitas dan pelayanannya.

5. Melampirkan dokumen asli dan hasil terjemahan

Sebagai perusahaan penyedia jasa penerjemah yang baik, pastinya akan melampirkan dokumen asli dan hasil dari terjemahan untuk klien. Ini bertujuan agar klien dapat mengetahui kualitas penerjemahan sehingga klien dapat yakin untuk memilih jasa penerjemah.

6. Kualitas

Cara memilih penerjemah tersumpah yang selanjutnya adalah dengan melihat kualitas. Kualitas yang dimaksud adalah kualitas penerjemah dan kualitas terjemahan yang dihasilkan. Lihatlah kualitas dari keduanya agar Hunters tidak salah memilih jasa penerjemah.

7. Harga

Tentunya bagi sebagian orang harga adalah suatu pertimbangan yang patut dipikirkan. Jika bisa mendapatkan terjemahan dokumen dengan hasil yang baik dan dengan harga yang relatif murah. Tentu untungnya sangat berkali lipat, bukan?

 

Jasa penerjemah tersumpah terpercaya di Indonesia

Kesulitan mencari penerjemah tersumpah? Tenang, Hunters. Selain bimbingan studi ke luar negeri, Schoters juga menawarkan produk sworn translation, lho!

Schoters menyediakan jasa penerjemah tersumpah yang akurat serta bersertifikasi. Jadi, jika Hunters ingin melanjutkan pendidikan di luar negri, Schoters dapat membantu kamu melalui layanan penerjemah tersumpah Schoters. Tanyakan tentang detail layanan ini di sini.

Penerjemah tersumpah