Jasa Penerjemah Tersumpah: Ini bedanya dengan Penerjemah Biasa

Persyaratan Beasiswa, 02 Nov 2022

Tahukah kamu, kuliah ke luar negeri membutuhkan beragram dokumen sebagai syarat pendaftaran. Seringkali, dokumen yang kita miliki tidak dalam bahasa Inggris atau bahasa negara tujuan. Sehingga, Hunters pasti membutuhkan pihak ketiga untuk membantu melancarkan komunikasi berupa dokumen translasi untuk daftar ke universitas atau beasiswa tujuan menggunakan penerjemah tersumpah.

Apa itu penerjemah tersumpah?

Penerjemah tersumpah adalah orang yang telah mengikuti dan lulus ujian kualifikasi penerjemah teks hukum yang diselenggarakan oleh Lembaga Bahasa Internasional (LBI), Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia. Penerjemah ini harus melewati berbagai macam tes kualifikasi penerjemahan dan harus lolos dengan nilai minimum 80. Setelah lulus kualifikasi, mereka kemudian diberi sertifikat resmi yang dikeluarkan oleh Himpunan Penerjemah Indonesia.

Apakah cara menjadi penerjemah tersumpah hanya cukup sampai di situ? Oh, tidak. Seorang ahli bahasa harus disahkan pengukuhannya, yaitu diambil sumpahnya di depan Gubernur DKI Jakarta. Kemudian setelah melewati beberapa tahapan prosedural, barulah status sebagai jasa penerjemah diberikan dan diperbolehkan untuk membuka layanan resmi. Tentu saja, kemampuannya dalam menerjemahkan bahasa sudah pasti terjamin bagus dan akurat.

          Baca Juga: Cara Daftar Beasiswa Luar Negeri

Perbedaan Penerjemah Tersumpah dengan Penerjemah Biasa

Pada prinsipnya penerjemahan harus benar dan baik sesuai tata bahasa dan konteks. Terjemahan tersumpah (sworn translation) adalah dokumen yang telah ditandatangani dan disegel oleh penerjemah resmi (tersumpah). Terjemahan tersumpah memiliki nilai yang sama dengan dokumen resmi lainnya di mata hukum. Terjemahan tersumpah diperlukan jika hasil terjemahan akan diajukan ke otoritas pemerintah.

Selain dibedakan dengan gelar dan sertifikasi resmi dari pemerintah, perbedaan antara tersumpah dan biasa adalah dari bidang terjemahan yang dikerjakan. Pada umumnya, penerjemah tersumpah mengerjakan dokumen yang berhubungan dengan legalitas dan pemerintahan saja. Namun, masih ada saja pemahaman keliru seolah - olah penerjemah tersumpah tahu segala bidang, padahal spesialisasi penerjemah tersumpah adalah teks hukum. Penerjemah tersumpah juga terdaftar pada Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Luar Negeri , dan berbagai kedutaan asing juga kedutaan besar Republik Indonesia.

kuliah ke luar negeri

Dokumen apa yang memerlukan penerjemah tersumpah?

Tentu saja Hunters akan sangat memerlukan penerjemah tersumpah untuk pendaftaran beasiswa atau universitas ke luar negeri. Hal Ini dikarenakan, akan ada permintaan dokumen administrasi yang memuat keterangan resmi dari lembaga tertentu. Adapun dokumen yang dapat diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah yaitu:

  1. Akta Kelahiran
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Kartu Keluarga (KK)
  4. Surat Nikah
  5. Ijazah Pendidikan
  6. Transkrip nilai
  7. Surat Kuasa
  8. Surat izin ekspor-impor dan lainnya

          Baca Juga: Selain Penerjemah Tersumpah, Kamu Juga Harus Siapkan Syarat Berikut

Perlu Hunters ketahui bahwa, tidak ada batasan waktu untuk lembar terjemahan tersumpah. Sehingga, tidak masalah kalau Hunters menggunakan terjemahannya kapanpun. Selain itu, format hasil terjemahan dibuat sedekat mungkin dengan dokumen sumbernya. Hasil terjemahan dicetak pada kertas putih polos biasa ukuran A4, berat 80 gram, ada affidavit (kalimat pernyataan), cap, dan tanda tangan penerjemah tersumpah. Menurut standar praktek penerjemahan internasional, logo, cap/stempel, dan tanda tangan yang ada pada dokumen sumber tidak dimasukkan (copy-paste) ke dokumen hasil terjemahan, melainkan hanya ditulis.

Jasa Penerjemah Tersumpah Terpercaya di Indonesia

Kesulitan mencari penerjemah tersumpah? Tenang Hunters, selain bimbingan studi ke luar negeri, Schoters juga menawarkan produk sworn translation lho!

Schoters menyediakan jasa penerjemah tersumpah yang akurat serta bersertifikasi. Jadi jika Hunters ingin melanjutkan pendidikan di luar negri, Schoters dapat membantu kamu melalui layanan penerjemah tersumpah Schoters.

kuliah ke luar negeri