Pentingnya Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak

Kuliah di Luar Negeri, 01 Des 2022

Setiap orang tua pastinya ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya, apalagi jika itu terkait dengan pendidikan. Berbagai usaha dan dukungan dari orang tua, diberikan untuk anaknya dalam proses belajar, berkembang, dan tumbuh. Orang tua juga memberikan fasilitas untuk menunjang minat dan bakat anaknya.

Namun, mendidik anak tidak hanya dilakukan di lembaga pendidikan saja. Melainkan keluarga adalah lembaga pertama bagi anak untuk belajar sebelum adanya lembaga pendidikan seperti sekolah, tempat kursus, dan lainnya. Keluarga memainkan peran yang sangat penting bagi seorang anak, di mana orang tua harus mampu memahami pengalaman emosional anak dan memposisikan diri dengan apa yang anak pikirkan. Sebab, seorang anak akan mempelajari apapun dari orang tuanya maupun orang yang lebih dewasa di sekitarnya.

Pembelajaran dan didikan dari orang tua akan membentuk bagaimana sifat dan karakter anak saat mereka tumbuh besar nanti. Hal ini lah yang akan melekat hingga mereka dewasa. Oleh karena itu, penting untuk memberikan contoh yang baik, termasuk dalam melatih empati anak. Orang tua yang mampu berempati, akan mengajarkan nilai serta budi pekerti yang baik untuk anaknya.

peran orang tua dalam pendidikan anak

                Baca Juga: Kupas Tuntas Persiapan Awal Study Abroad untuk Kamu

Berikut tips yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk sang buah hati:

  1. Orang tua yang bisa memahami perasaan dan pikiran anaknya, akan lebih mudah untuk menjalin komunikasi yang positif. Sehingga, anak akan merasa bahwa dirinya tidak sedang dikontrol, melainkan diberikan kepercayaan penuh untuk eksplorasi. Nah hal ini akan memudahkan orang tua untuk diskusi terkait kebutuhan pendidikan anak
  2. Jadilah pendengar setia anak yang bisa mendengar keluhan maupun kebahagiaan anak dalam kesehariannya. Berikan ruang untuk anak mengekspresikan perasaannya, jangan langsung memberi penilaian
  3. Jadilah guru saat di rumah. Jika anak memiliki kesulitan di pendidikannya, jangan biarkan/paksa anak untuk memahami materinya sendiri. Ajaklah anak berdiskusi. Buat suasana yang menyenangkan dengan berbagi pengalaman pribadi

Orang tua yang mampu memahami kebutuhan anaknya, akan membentuk pola yang baik untuk kehidupan anak. Selain berperan sebagai guru, orang tua juga bisa menjadi teman untuk anaknya. Hal ini lah yang membuat anak mau mengutarakan apapun yang ada di benak mereka, dan akhirnya mau menerima pendapat yang disarankan tanpa merasa terbebani/tertekan, khususnya terkait masalah pendidikan.

Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak, memiliki manfaat dan dampak yang baik seperti:

  1. Mengembangkan kreativitas
  2. Meningkatkan kemampuan pengendalian emosi dan berpikir kritis
  3. Membangun rasa percaya diri
  4. Meningkatnya prestasi dan motivasi akademik

Tentunya, semua orang tua menginginkan pendidikan yang terbaik untuk anaknya, mulai dari pendidikan bertaraf nasional sampai internasional akan diusahakannya. Bahkan, tidak jarang orang tua yang sudah mendaftarkan pendidikan untuk anaknya sampai ke luar negeri. Akan tetapi, perlu diperhatikan juga dengan kebutuhan dan minat anak. Agar orang tua dan sang buah hati, bahagia bersama.

     Baca juga: 10 Negara Terbaik Buat Kuliah di Luar Negeri 

Konsultasikan Persiapan Kuliah ke Luar Negeri

Berikut negara dengan kuliah gratis untuk mahasiswa internasional yang bisa kamu pertimbangkan. Untuk informasi lebih banyak tentang beasiswa dunia, yuk konsultasi dengan pakar beasiswa di sini.