Kupas Tuntas Persiapan Awal Study Abroad untuk Kamu

Kuliah ke kampus luar negeri alias study abroad adalah salah satu pengalaman yang baik dalam perkembangan pendidikan dan karir kalian. Hal ini karena selain belajar di tempat yang baru, kalian dapat belajar banyak softskill yang mungkin tidak didapatkan jika kalian berkuliah di dalam negeri. Jika kalian masih bingung dalam tahap-tahap perencanaan awal kuliah di luar negeri, ikuti tahapan dibawah ini agar kalian lebih mantap kuliah di luar negeri.

1. Ketahui keinginan kalian

Yang tahu diri kalian ya diri kalian sendiri. Termasuk apa yang ingin kalian lakukan di masa depan. Tanyakan ini pada diri kalian: Ingin bekerja sebagai apa aku kelak?

Pastikan kalian memiliki motivasi yang besar agar apapun yang terjadi, termasuk hal yang ada di luar ekspektasi dan perencanaan, kalian tidak akan mudah putus asa dan bisa mencari alternatif agar kalian masih tetap di jalur yang tepat.

Selain itu, ketahui apa yang kalian suka pelajari sehingga jika kalian mengalami kesulitan selama studi, kalian masih bisa menemukan kenikmatan. Tidak ada yang namanya salah jurusan, yang ada hanya salah ekspektasi. Sehingga, pastikan kalian sudah mengetahui passion kalian ada dimana dan memilih program studi yang tepat. Kalian pun bisa mengejar cita-cita kalian menggunakan ilmu yang telah kalian pelajari.

Baca Juga: Rekomendasi Beasiswa S-2 Luar Negeri

2. Cari jurusan kuliah yang tepat

Ada begitu banyak pilihan universitas yang bisa kalian pilih. Untuk mempermudahnya, kalian bisa menggunakan website seperti QS World University Ranking untuk menyortir universitas-universitas yang kalian inginkan. Kalian bisa membuat daftar universitas yang kalian tuju beserta poin-poin pertimbangan di Microsoft Excel untuk mempermudah penentuan kalian.

Jika kalian sudah memiliki daftar universitas yang kalian inginkan, sortir lagi sesuai jurusan yang mereka miliki. Jurusan dengan nama yang sama di dua universitas belum tentu memiliki fokus keilmuan yang sama. Untuk itu, sangat penting bagi kalian dalam menentukan jurusan yang benar-benar tepat untuk goals atau tujuan kalian.

Selain itu, pastikan study plan kuliah kalian sesuai dengan rencana kalian setelah lulus ya. Jika kalian berencana untuk melanjutkan studi berikutnya setelah lulus, timeline kuliah juga perlu diperhatikan.

  1. Cari tahu cara pendaftaran 

Jika sudah menentukan universitas yang sesuai dengan kebutuhan kalian, sekarang saatnya membuka laman admission universitas itu dan cari informasi tentang langkah-langkah pendaftaran termasuk dokumen-dokumen yang diperlukan.

Pada umumnya universitas memiliki portal pendaftaran tersendiri yang mana kalian bisa membuat akun pendaftaran dan mengunggah berbagai dokumen yang diperlukan. Pastikan juga kalian telah mengetahui tanggal-tanggal penting seleksi penerimaan mahasiswa baru ya. Selain seleksi administrasi dari dokumen yang kalian unggah, ada seleksi teori tertulis serta wawancara secara daring.

Beberapa dokumen yang biasanya akan diminta adalah:

    1. Paspor
    2. Ijazah
    3. Study plan atau motivation letter
    4. Sertifikat kecakapan berbahasa Inggris
    5. Visa
  1. Cari tahu beasiswa yang tersedia

Ada beberapa beasiswa yang diberikan khusus atau diprioritaskan hanya untuk universitas atau jurusan tertentu. Sehingga penting untuk diketahui kira-kira beasiswa apa yang cocok untuk jurusan yang kalian pilih.

Beasiswa pada umumnya ditawarkan oleh pihak-pihak seperti pemerintah, universitas, organisasi, maupun swasta. Namun beasiswa biasanya juga memiliki ketentuan khusus seperti rentang waktu pemberiannya. Untuk itu, pastikan kalian mengetahui berbagai informasi atau terms and conditions tiap beasiswa yang ingin kalian daftar ya.

Baca Juga: Alasan Kenapa Harus S-2 dan S-3 di Luar Negeri

  1. Cari konsultan pendidikan yang berpengalaman

Berbagai persiapan untuk study abroad tentunya tak hanya menyita pikiran dan tenaga, namun juga waktu yang tak sedikit. Jika kalian tidak menyiapkannya dalam waktu yang cukup, kualitas dokumen-dokumen kalian bisa menurun. Oleh karena itu, berkonsultasi dengan konsultan pendidikan yang berpengalaman seperti Schoters akan sangat membantu kalian.

Rekomendasi Bimbingan Study Abroad Terpercaya

Terdapat berbagai layanan dari persiapan pendaftaran hingga keberangkatan yang diberikan oleh Schoters. Kalian akan dibimbing oleh para mentor lulusan universitas terkemuka dunia dan berpengalaman dalam membimbing ribuan mahasiswa Indonesia untuk mengejar impian mereka kuliah di luar negeri. Jangan tunda lagi, segera hubungi Schoters dan wujudkan impian kalian kuliah di luar negeri!

Yuk, Persiapkan Study Abroad-mu dengan Schoters