Persiapan Beasiswa Chevening : Tahapan Seleksi dan Berkas

Inggris adalah salah satu negara yang terus menjadi destinasi studi favorit para pelajar internasional yang ingin menempuh studi jenjang Master di luar negeri. Kualitas pendidikan kelas dunia, lingkungan yang aman dan multikultural serta peluang besar untuk membangun jenjang karier internasional, membuat Inggris terus menjadi primadona di mata pelajar internasional. Biaya pendidikan yang tidak murah juga tidak perlu menjadi kendala mengingat terdapat cukup banyak beasiswa pendidikan di Inggris yang dibuka bagi pelajar internasional. Salah satu beasiswa yang menarik untuk dicoba untuk melanjutkan studi Master di Inggris adalah beasiswa Chevening, sebuah program beasiswa yang sudah dibuka sejak tahun 1983. Saat ini, beasiswa Chevening adalah salah satu program beasiswa paling kompetitif yang sudah membawa 5000 penerima beasiswa untuk melanjutkan studi jenjang S1 di Inggris. Apa saja persiapan beasiswa Chevening yang perlu dilakukan untuk bisa sukses mendapatkan beasiswa ini? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.   

 

Overview Chevening Scholarship

Chevening Scholarship adalah program beasiswa S2 Inggris yang dibuka setiap tahunnya oleh Pemerintah Inggris kepada pelajar internasional yang tertarik melanjutkan pendidikan jenjang Master di berbagai perguruan tinggi di Inggris. Untuk mendaftar beasiswa Chevening, pendaftar harus sudah memiliki pengalaman kerja sebanyak minimal 2 (dua) tahun atau setara dengan 2800 jam pengalaman kerja. Pengalaman kerja ini mencakup pengalaman kerja penuh waktu (full time), paruh waktu (part time), sukarelawan (voluntary work) dan magang, baik dibayar maupun tidak (paid or unpaid internships).

 

Baca Juga: Cek Rincian Biaya Hidup di Inggris Untuk Kamu Mahasiswa

 

Tahapan persiapan beasiswa Chevening

Proses seleksi beasiswa Chevening biasanya berlangsung selama kurang lebih 8 (delapan) bulan sejak pendaftaran ditutup hingga hasil seleksi diumumkan. Tahapan seleksi beasiswa Chevening secara lengkap adalah sebagai berikut.

1. Persiapan beasiswa Chevening, Pendaftaran

Tahap ini biasanya dibuka pada bulan Agustus hingga bulan November setiap tahunnya

2. Persiapan beasiswa Chevening, Seleksi administrasi oleh Komite Independen

Tahap ini biasanya dilakukan pada pertengahan bulan November dan Desember

3. Panggilan wawancara oleh Kedutaan Inggris kepada pendaftar yang berhasil lolos seleksi administrasi dan berhak maju ke tahap wawancara

Tahap ini biasanya dilakukan pada awal hingga pertengahan Februari

4. Batas Waktu Penyampaian Surat Rekomendasi dan Dokumen Pendidikan

Kandidat yang sudah dinyatakan lolos ke tahap wawancara harus menyampaikan 2 (dua) surat rekomendasi dan dokumen pendidikan ke dalam portal pendaftaran beasiswa Chevening, sebelum jadwal wawancara tiba. Batas waktu penyampaian surat rekomendasi dan dokumen pendidikan ini berkisar antara bulan Februari hingga April.

5. Persiapan beasiswa Chevening, Seleksi Wawancara

Wawancara beasiswa Chevening biasanya akan diselenggarakan pada akhir bulan Februari hingga akhir bulan April

6. Pengumuman Penerima Beasiswa

Pengumuman penerima beasiswa Chevening akan dilakukan pada bulan Juni setiap tahunnya

7. Batas Waktu Penyampaian Offer Letter 

Setelah dinyatakan lulus, penerima beasiswa sudah harus menerima offer letter dari salah satu universitas Inggris dan mengunggah offer letter tersebut ke dalam portal pendaftaran beasiswa Chevening paling lambat pada bulan Juli

8. Perkuliahan Dimulai

Setelah semua proses dilalui, penerima beasiswa Chevening dapat memulai studi di Inggris pada bulan September/Oktober

 

Berkas persiapan beasiswa Chevening

Untuk mendaftar beasiswa Chevening, terdapat beberapa berkas yang harus disiapkan sebagai berikut.

1. Persiapan beasiswa Chevening, Dokumen Pendidikan

Berkas pertama yang harus disiapkan untuk mendaftar beasiswa Chevening adalah dokumen pendidikan, yaitu ijazah dan transkrip nilai dari jenjang pendidikan sebelumnya. Pendaftar dapat langsung mengunggah dokumen pendidikan asli, tanpa diterjemahkan terlebih dahulu ke dalam bahasa Inggris.

2. Persiapan beasiswa Chevening, Dokumen Kependudukan

Berkas berikutnya yang harus disiapkan adalah dokumen kependudukan, yang bisa berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Paspor.

3. Persiapan beasiswa Chevening, Esai Beasiswa

Esai adalah salah satu persyaratan utama dalam persiapan beasiswa Chevening untuk mendaftar beasiswa. Setiap pendaftar harus menjawab 4 (empat) pertanyaan esai yang tersedia dalam formulir pendaftaran beasiswa Chevening.

4. Surat Referensi

Persiapan beasiswa yang juga penting untuk disiapkan ketika persiapan beasiswa Chevening adalah 2 (dua) surat rekomendasi, yang diberikan oleh pihak yang mengetahui kompetensi kandidat penerima beasiswa dengan baik. Pemberi rekomendasi sebaiknya adalah seseorang yang mengenal kandidat dalam kapasitas akademik atau professional dan bukan seseorang yang tergolong keluarga atau teman dekat.  Sebagai catatan, surat rekomendasi hanya perlu diunggah oleh kandidat yang sudah lolos seleksi administrasi dan masuk ke tahap wawancara.

Isi surat rekomendasi yang harus diunggah sebaiknya mencakup beberapa hal sebagai berikut :

  1. Informasi pribadi kandidat, seperti alamat, alamat email dan nomor telepon
  2. Berapa lama pemberi rekomendasi mengenal kandidat?
  3. Dalam kapasitas apa pemberi rekomendasi mengenal kandidat?
  4. Kapan terakhir kali pemberi rekomendasi bertemu dengan kandidat?
  5. Deskripsi tentang kemampuan pendaftar di mata pemberi rekomendasi, termasuk keahlian pendaftar di bidang kepemimpinan dan networking, karakteristik pribadi, intelektual dan interpersonal kandidat serta kemampuan kandidat untuk menyelesaikan program studi di Inggris.

5. Persiapan beasiswa Chevening, Offer Letter dari Universitas

Salah satu dokumen persiapan beasiswa Chevening yang tak kalah pentingnya dalam persiapan beasiswa Chevening adalah offer letter dari salah satu universitas di Inggris, untuk diunggah ke dalam portal pendaftaran beasiswa Chevening sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan. Pendaftar beasiswa Chevening juga perlu mempersiapkan berkas aplikasi lamaran terpisah ke program studi di universitas tujuan, yang berbeda dari berkas Chevening, untuk mendapatkan offer letter ini. 

 

Baca Juga: Lihat 4 Pilihan Beasiswa Untuk Kuliah di Inggris

 

Rekomendasi bimbingan persiapan beasiswa Chevening

Ingin lolos mendapatkan beasiswa Chevening? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan beasiswa Chevening kamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan menembus beasiswa Chevening? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Persiapan Beasiswa Chevening

 

Sumber :

1. Website resmi beasiswa Chevening.https://www.chevening.org/