10 Tips Lolos Beasiswa Chevening dan Panduan Persiapannya

Jadi awardee Beasiswa Chevening? Siapa takut. Bagi Hunters yang lagi berjuang untuk melanjutkan studi di Inggris dengan beasiswa ini, berikut Schoters berikan tips lolos beasiswa Chevening yang bisa Hunters terapkan selama proses seleksi!

Tentang beasiswa Chevening

Beasiswa Chevening adalah program bantuan dana pendidikan untuk jenjang S2 dan S3 yang disponsori oleh Pemerintah Inggris. Program ini didirikan pada 1983 dan bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada individu berprestasi dari seluruh dunia untuk melanjutkan studi pascasarjana di universitas-universitas ternama di Inggris.

Beasiswa Chevening menawarkan dukungan keuangan yang komprehensif kepada para penerima beasiswa untuk biaya kuliah, biaya hidup, tiket pesawat pulang-pergi, visa, asuransi kesehatan, dan beberapa manfaat lainnya. Selain itu, para awardee juga memiliki akses ke jaringan dan kesempatan profesional melalui berbagai kegiatan dan acara yang diselenggarakan oleh Chevening.

Proses seleksi untuk beasiswa Chevening sangat kompetitif dan berdasarkan kriteria-kriteria seperti kepemimpinan, rekam jejak akademik yang kuat, potensi kontribusi di masa depan, dan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Penerima beasiswa diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi negara asal mereka setelah menyelesaikan program studi di Inggris.

 

Baca Juga: Ayo Cek Tips Menulis Esai Beasiswa Chevening Disini

 

Tips lolos beasiswa Chevening

Karena proses seleksinya yang sangat kompetitif, berikut tips lolos beasiswa Chevening yang bisa Hunters terapakan!

1. Mulai Persiapan dengan Waktu Cukup

Tips lolos beasiswa Chevening yang pertama adalah memulai dengan cepat dan jangan menunda-nunda. Mulai dari persiapan dokumen legal hingga esai yang diperlukan. 

2. Pahami Persyaratan dan Kriteria Seleksi

Baca dengan cermat persyaratan dan kriteria seleksi Beasiswa Chevening. Pastikan Hunters  memenuhi persyaratan dasar dan memahami apa yang dicari oleh panitia seleksi. Hunters juga bisa melihat ini melalui laman About Us dan Visi Misi dari Beasiswa Chevening sendiri. Meski terdengar sederhana, ini merupakan tips lolos beasiswa Chevening yang penting, lho.

3. Buat Rencana Studi yang Jelas

Tips lolos beasiswa Chevening yang kedua adalah sediakan rencana studi yang jelas dan terperinci untuk menjelaskan alasan Hunters memilih program studi tertentu di Inggris dan bagaimana hal itu akan membantu tujuan karir Hunters di masa depan.

4. Perhatikan Esai dengan Seksama

Tips lolos beasiswa Chevening yang keempat adalah esai. Esai adalah komponen penting dalam aplikasi Beasiswa Chevening. Tulis esai dengan baik, perhatikan struktur yang baik, dan jelaskan dengan jelas tujuan, motivasi, serta rencana Hunters setelah kembali ke negara asal.

5. Berfokus pada Kontribusi yang Diberikan

Tinjau ulang pengalaman dan keterampilan Hunters serta cara Hunters untuk dapat memberikan kontribusi positif di negara asal Hunters setelah menyelesaikan studi di Inggris.

6. Dapatkan Surat Rekomendasi yang Kuat

Tips lolos beasiswa Chevening yang keenam adalah surat rekomendasi yang kuat. Mintalah surat rekomendasi dari individu yang mengenal Hunters dengan baik dan dapat memberikan gambaran positif tentang kemampuan, kepemimpinan, dan potensi Anda.

7. Tekankan Pada Pengalaman Kepemimpinan dan Prestasi

Tips lolos beasiswa Chevening yang ketujuh adalah pengalaman kepemimpinan dan prestasi yang pernah Hunters dapatkan yang dapat membuktikan kemampuan Anda sebagai pemimpin masa depan.

8. Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Tips lolos beasiswa Chevening selanjutnya adalah komunikasi bahasa Inggris. Tingkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda dengan berlatih membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan secara aktif.

9. Persiapkan Seleksi Wawancara

Jika Hunters terpilih untuk tahap wawancara, persiapkan diri dengan baik. Pelajari tentang Beasiswa Chevening, pertanyaan umum wawancara, dan praktikan jawaban Hunters di depan kaca atau bersama teman.

10. Ikut Bimbingan Persiapan Beasiswa Luar Negeri

Tips lolos beasiswa Chevening yang kesepuluh adalah ikut bimbingan persiapan beasiswa luar negeri. Terlebih, bagi Hunters yang sedang bekerja dan tidak punya banyak waktu untuk mempersiapkan dokumen dan esai bisa menjadi bimbingan ini, ya. Salah satunya adalah bimbingan SAA dari Schoters yang bisa dilihat di bawah ini.

 

Baca Juga: Inilah Rincian Biaya Hidup di Inggris Untuk Mahasiswa

 

Rekomendasi bimbingan persiapan dan tips lolos beasiswa Chevening

Ingin lolos beasiswa Chevening? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Tips lolos beasiswa chevening