Persiapan Tes EJU Sebelum Masuk Universitas Top di Jepang!

Tips & Trik, 02 Sep 2022

Persiapan tes EJU menjadi hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mendaftar ke universitas Jepang.  Jepang adalah salah satu negara yang terkenal memiliki universitas terbaik di dunia dengan seleksi penerimaan mahasiswa cukup ketat.  Syarat agar dapat diterima sebagai mahasiswa di Jepang, kamu harus melalui tes ujian masuk universitas atau  disebut EJU. Apa itu EJU? Yuk, simak penjelasan selengkapnya!

Tentang Examination for Japanese (EJU)

EJU merupakan serangkain tes bagi mahasiswa asing untuk masuk universitas di Jepang dengan biaya sendiri. Tujuan tes ini untuk mengukur kemahiran bahasa jepang dan juga kemampuan dibidang akademik. EJU sendiri ada sejak tahun 2002 dan diselenggarakan oleh JASSO setiap dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan November di Jepang dan negara lainnya.

Menurut data Japan Services Organization (JASSO), sebanyak 870 universitas (tingkat sarjana) dan perguruan tinggi di Jepang menggunakan hasil tes EJU sebagai syarat seleksi masuk universitas. Tes EJU dapat diikuti calon mahasiswa asing di negara masing-masing sebelum berangkat ke Jepang. Untuk mengetahui daftar universitas yang menggunakan EJU dapat kamu temukan di sini.

          Baca Juga :  Kuliah S-1 di Jepang dengan Beasiswa Mitsui Bussan

Materi Tes EJU dan Skor Kelulusan

Pada tahap  ini, kamu dapat mengambil materi tes EJU berdasarkan jurusan dan universitas yang akan menjadi tempat kamu belajar. Berikut materi yang diujikan beserta skor kelulusannya:

Materi Tes Tujuan  Durasi Skor
Japanase as a

Foreign Language

Mengukur kemampuan bahasa Jepang yang dibutuhkan untuk belajar di universitas Jepang 125 menit 0 – 50 poin

 

0 – 400 poin

IPA Mengukur kemampuan akademik (fisika, kimia, biologi) bagi mahasiswa yang mengambil fakultas MIPA 80 Menit 0 – 200 poin
Japan and the World Mengukur kemampuan akademik tentang dasar Ilmu Sosial dan Humaniora 80 menit 0 – 200 poin
Matematika Mengukur kemampuan akademik dasar matematika yang terdiri dari course 1 dan 2 80 menit 0 – 200 poin

Penjelasan tambahan :

  1. Tes Japanese as a Foreign Language terdiri atas Writing (30 menit), Reading comprehension (40 menit), listening dan listening-reading comprehension sekitar (55 menit). Bahasa pengantar untuk ujian bahasa hanya tersedia dalam bahasa Jepang, sedangkan ujian akademik (IPA, Matematika, Japan and the World) tersedia dalam bahasa Jepang atau Inggris.
  2.  Skor writing pada tes bahasa yaitu 0-50 poin, sedangkan listening, reading, dan listening- reading adalah 0-400.
  3. Tes Japan and the World jadi ujian khusus yang merupakan gabungan pelajaran Kewarganegaraan, Geografi, dan Sejarah yang diajarkan di SLTA Jepang. Kamu akan dinilai berdasarkan kemampuan berlogika dan cara berpikir saat belajar di universitas. 
  4. Matematika yang diujikan terdiri: Course 1, Untuk kamu yang ingin masuk ke fakultas Ilmu Sosial, Humaniora, dan MIPA tidak memerlukan kemampuan matematika tingkat tinggi. Sementara itu, Course   2 Untuk kamu yang berencana masuk fakultas yang mensyaratkan kemampuan matematika.
  5. Komposisi ujian IPA yaitu memilih 2 dari 3 mata ujian yang ada di IPA (Setiap mata pelajaran nilainya 100).
  6. Kamu tidak dapat memilih pelajaran IPA dan Japan and the World karena waktu ujian yang berlangsung secara bersamaan.

          Baca Juga : 5 Kampus Terbaik di Jepang Bisa Jadi Pilihanmu!

Bimbingan Persiapan Tes EJU Bersama Schoters!

Punya impian kuliah di universitas top Jepang tapi persiapan masih nol? Jangan khawatir,  Hunters! Schoters menyediakan program bimbingan yang bisa jadi solusi untuk kamu menghadapi persiapan seleksi penerimaan mahasiswa di universitas Jepang, pastinya semakin besar kesempatan kamu untuk lolos seleksi loh!

Kenapa Harus EJU Preparation di Schoters?

Dengan mengikuti program ini, keuntungan yang kamu dapat antara lain:

  1. Kelas online interaktif
  2. Bimbingan dengan tutor berpengalaman 
  3. Mendapatkan panduan lengkap terkait persiapan tes EJU
  4. Mendapatkan feedback dari tutor untuk meningkatkan kemampuan

Daftar sekarang di program EJU Preparation dan raih universitas impianmu bersama Schoters!

Info Persiapan dan Tes EJU

Butuh dibimbing dalam persiapan tes EJU?   –>   Hunters bisa ikut EJU Preparation bersama mentor expert Schoters.

Atau ingin dibimbing untuk persiapan lanjut kuliah ke luar negeri?   –> Hunters bisa join program Study Abroad Academy by Schoters sekarang!