Pidato Bahasa Inggris: Simak Contoh & Tipsnya Disini

Pernah mencoba pidato bahasa Inggris?

Pidato bahasa Inggris sering dipakai untuk mengasah kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris, meningkatkan keahlian public speaking sampai membantu melatih rasa percaya diri seseorang ketika berbicara di hadapan orang banyak. Sama seperti bahasa Indonesia, tujuan pidato bahasa Inggris adalah untuk menyampaikan ide, gagasan atau pendapat kepada orang lain sehingga orang lain mendapatkan informasi, merasa terhibur atau terpengaruh untuk melakukan sesuatu sesuai dengan keinginan pembicara. Oleh karena itu, pidato bahasa Inggris dapat digunakan berbagai macam tema yang berbeda, sesuai kebutuhan.

Ingin tahu beberapa contoh pidato bahasa Inggris dalam berbagai tema? Simak contoh yang pidato bahasa Inggris yang sudah dirangkum dari berbagai sumber beserta terjemahannya di bawah ini.

 

Struktur pidato bahasa Inggris

pidato bahasa Inggris

  1. Introduction

Hunters bisa memulai pidato bahasa Inggris dengan introduction atau bagian pendahuluan dimulai dari perkenalan diri dan perkenalan topik yang akan dibahas. Pada bagian ini, pembicara dapat menarik perhatian audiens.

  1. Body

Setelah perkenalan, maka lanjut ke bagian body atau isi pidato bahasa Inggris yang berisi tentang pembahasan utama yang ingin disampaikan.

  1. Conclusion

Conclusion atau kesimpulan adalah bagian Hunters menjelaskan solusi untuk mengatasi permasalahan yang dijelaskan dalam body. Bagian ini juga memuat kalimat penutup pidato bahasa Inggris dari pembicara seperti permohonan maaf dan ucapan terima kasih.

 

Pidato Bahasa Inggris Dengan Tema Pemanasan Global

Good morning everyone and welcome to my presentation. First, let me thank you all for coming here today. For today presentation, I would like to deliver a little talk about global warming. Global Warming is the single greatest environmental challenge that the planet earth is facing at present. It is essential to understand the gravity of the situation. The fuel which you use in order to power your homes, cars, businesses, and more is heating up the planet faster than expected. What’s alarming is that the temperature of the earth has climbed to the highest point it has ever been in the past 12,000 years.

The time is now to do something to prevent global warming, otherwise, it will be irreversible. On an individual level also, we must work to adopt a greener and healthier lifestyle. Try to drive less and walk more or take public transport. Get into the habit of recycling and save electricity by switching off appliances when not in use. Remember, the change begins with you.

Terjemahan :

Selamat pagi semua dan selamat datang di presentasi saya. Pertama, izinkan saya mengucapkan terimakasih karena sudah datang hari ini. Untuk presentasi hari ini, saya ingin menyampaikan sedikit pidato tentang pemanasan global. Pemanasan global adalah tantangan lingkungan terbesar yang dihadapi saat ini. Penting bagi kita untuk memahami buruknya situasi yang kita hadapi saat ini. Bahan bakar yang digunakan untuk rumah, mobil, bisnis dan lainnya membuat suhu planet meningkat lebih cepat dari yang diperkirakan. Yang mengkhawatirkan adalah adalah suhu bumi saat ini sudah mencapai suhu bumi paling tinggi dalam waktu 12.000 tahun terakhir.

Inilah saatnya, untuk melakukan sesuatu untuk mengatasi pemanasan global sebelum semuanya terlambat. Pada level individual juga, kita juga harus mengadopsi gaya hidup yang lebih hijau dan sehat. Cobalah untuk mengurangi naik mobil dan lebih banyak berjalan atau naik transportasi umum. Bangun kebiasaan daur ulang dan mengurangi penggunaan listrik dengan mematikan peralatan kalau tidak digunakan. Ingat, perubahan dimulai dari diri anda.

 

Pidato Bahasa Inggris Dengan Tema Pentingnya Pendidikan

Good morning everyone. This morning I am going to take a look at the importance of education for our own self development. So, what is education?

Simply put, education is a procedure of learning where knowledge, skills, and habits move from one generation to the other. Moreover, education is essential for the overall development of a human being. If we talk about the importance of education in our daily life, we must admit that it improves our personal lives and helps in running the societies smoothly by protecting everyone including ourselves from the harmful and unexpected events. Education helps us in acquiring new skills and techniques. Thus, it becomes effortless for us to do our daily life activities in the best possible ways with maximum output and excellence. Education is necessary to raise a person’s standard of living.

Terjemahan :

Selamat pagi semuanya. Hari ini saya akan menyampaikan pidato bahasa Inggris tentang pentingnya pendidikan untuk perkembangan diri kita. Jadi apa itu pendidikan?

Secara sederhana, pendidikan adalah prosedur mempelajari pengetahuan, keahlian dan kebiasaan yang berpindah dari satu generasi ke generasi lainnya. Selain itu, pendidikan juga penting untuk perkembangan manusia secara keseluruhan. Kalau kita mau berbicara soal pentingnya pendidikan dalam kehidupan kita sehari-hari, kita harus mengakui bahwa pendidikan membuat kehidupan pribadi kita menjadi lebih baik dan membuat masyarakat berjalan dengan lancar dengan cara melindungi semua orang, termasuk diri kita sendiri, dari berbagai kejadian yang berbahaya dan tidak terduga. Pendidikan membantu kita mendapatkan keahlian dan teknik baru. Dengan demikian, kita dapat menjalani kehidupan kita sehari-hari sebaik mungkin dengan hasil maksimal dan sempurna. Pendidikan sangat penting untuk meningkatkan standar kehidupan seseorang.

 

Pidato Bahasa Inggris Dengan Tema Keselamatan di Jalan

Good morning everyone. I am going to address a crucial issue that is quite prevalent in our daily lives. Road Safety has been quite an issue for the past few years. The number of accidents that occur every year due to vehicles and not following traffic rules is quite alarming. Thus, people should abide by the road safety laws that were created to protect them.

Parents must teach their children about Road Safety from a very young age, so the idea gets instilled in their heads, and they do not forget it. Children tend to pick up habits and learn to see the adults around them. If the adults disrespect the rules by breaking them, the children would also never learn to respect these fundamental rules. Hence adults should try their best to follow the rules and teach it to the children, so they are responsible.

Terjemahan :

Selamat pagi semua. Saya akan berbicara tentang salah satu isu krusial yang cukup penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Keselamatan berkendara cukup sering menjadi isu dalam beberapa tahun terakhir. Jumlah kecelakaan yang terjadi setiap tahunnya karena kendaraan dan pelanggaran peraturan lalu lintas cukup mengkhawatirkan. Oleh karena itu, orang harus mematuhi peraturan keselamatan di jalan yang dibuat untuk melindungi mereka.

Orangtua harus harus mengajarkan kepada anak-anak tentang keselamatan berkendara dari usia dini, sehingga konsep tersebut tertanam di kepala mereka dan tidak dilupakan. Anak-anak cenderung untuk meniru kebiasaan dan belajar dengan melihat orang dewasa di sekitar mereka. Jika orang dewasa mengabaikan dan melanggar peraturan, anak-anak juga tidak akan pernah belajar untuk menghormati peraturan dasar tersebut. Oleh karena itu, orang dewasa harus berusaha sebisa mungkin untuk mengikuti peraturan dan mengajarkan peraturan tersebut kepada anak-anak, sehingga mereka bisa jadi lebih bertanggung jawab.

 

Kamu masih belum jago bahasa Inggris? Tenang, belum terlambat untuk belajar lebih dalam. Schoters punya kelas bahasa Inggris yang bisa bantu kamu lancar berbahasa Inggris, tidak hanya belajar teori saja tetapi juga didukung dengan praktik agar kamu bisa lebih cepat jago bahasa Inggris.

Silakan klik tombol “Konsultasi Kelas Bahasa Inggris” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

pidato bahasa inggris

 

Baca Juga: Pelajari Bahasa Inggris Dari Nol!

 

Pidato Bahasa Inggris Dengan Tema Mimpi

A perfect evening to one and all present here. Today I am standing before you all to share my thoughts on dreams. Primarily one refers to dreams as the beautiful imaginations that one takes to escape reality. For some people, dreams are those that we see with open eyes, and dreams are those that keep us alive and drive us.

Now let me give you a little background on the basic science behind dreams. Dreaming, in general, is a kind of mental activity that occurs in our subconscious minds while sleeping. Many clinical studies even show that dreams are more perceptual than conceptual, i.e., things are more seen and heard rather than heard. Coming to the dreams of ambitions, most people think that they want to achieve something big. However, they fail to plan and devote time to think about what it can be for them. Thus, one must have the resolution of dreaming big, but also, we should have the intelligence to plan it accordingly.

Terjemahan :

Malam yang baik untuk kita semua. Hari ini saya berdiri di sini untuk berbagi pendapat saya tentang mimpi. Umumnya, orang melihat mimpi sebagai imajinasi yang indah yang dialami seseorang untuk melarikan diri dari kenyataan. Bagi sebagian orang, mimpi adalah sesuatu yang kita lihat dengan mata terbuka, dan mimpi adalah sesuatu yang membuat kita bertahan hidup dan memotivasi kita.

Sekarang, izinkan saya memberikan sedikit gambaran tentang konsep dasar di balik mimpi. Mimpi, secara umum, adalah jenis kegiatan mental yang terjadi dalam alam bawah sadar kita ketika tidur. Banyak studi klinis menunjukkan bahwa mimpi sering kali lebih bersifat perseptual dibandingkan konseptual atau dengan kata lain, hal-hal dalam mimpi lebih sering terlihat dan terdengar dibandingkan hanya terdengar. Beralih ke mimpi yang berarti ambisi, banyak orang berpikir kalau mereka ingin mencapai hal yang besar. Namun, mereka gagal ketika membuat rencana dan menyisihkan waktu untuk memikirkan bagaimana cara melakukan hal besar tersebut. Dengan kata lain, seseorang harus memiliki mimpi yang besar dan juga kecerdasan untuk membuat rencana mencapai mimpi besar tersebut.

 

Pidato Bahasa Inggris Dengan Tema Musik

Good day, ladies and gentlemen. My name is Park Jimin, and today I am going to deliver a speech about the importance of music in our lives. But before I express my views, I would like first to discuss what music is. Music is one of the most significant discoveries of humans. And I am well aware of why I used the term ‘discovery’ rather than ‘creation.’ It is because the origin of music is not certain. A theory that I personally believe is that music already existed in nature.

It is assumed that humans discovered and observed the rhythm that natural resources interacting with each other caused. Soon humans started mimicking those phenomena creating sound and eventually adjusting the harmony through patterns, repetition, and tonality to create music. Music lets the musician and the listener express the innermost feeling without having to speak.

Terjemahan :

Hari yang baik, Ibu dan Bapak sekalian. Nama saya Park Jimin dan hari ini saya akan menyampaikan pidato mengenai pentingnya musik dalam hidup kita. Namun sebelum saya menyampaikan pendapat saya, saya ingin berdiskusi terlebih dahulu tentang apa yang dimaksud sebagai musik. Music adalah salah satu penemuan manusia yang paling penting. Dan saya tahu saya menggunakan kata penemuan, bukannya ciptaan. Hal ini dilakukan karena tidak ada yang tahu dari mana datangnya music. Salah satu teori yang saya percaya secara pribadi adalah bahwa musik sudah ada secara alami. Asumsinya kemudian adalah manusia menemukan dan mengobservasi bahwa alam memiliki ritmenya sendiri. Manusia kemudian mulai meniru ritme tersebut untuk menciptakan suara, sebelum kemudian menyesuaikan harmoni suara melalui pola, repetisi dan suara untuk menciptakan musik. Musik memberi kesempatan bagi musisi dan pendengar untuk mengekpresikan perasaan terdalam mereka tanpa harus berbicara.

 

Tips Pidato Bahasa Inggris

Apa saja yang harus kamu lakukan untuk membuat pidato bahasa Inggris yang baik?

Cari tahu siapa pendengar pidato kamu

Sebelum menulis naskah pidato, ada baiknya kamu mencari tahu tentang pendengar yang akan mendengarkan pidato yang kamu sampaikan. Gunakan informasi seperti usia, jenis kelamin, minat dan tingkat pengetahuan pendengar untuk menyesuaikan format dan isi naskah pidato.

Berikan penekanan di bagian awal dan akhir pidato

Karena orang lebih cenderung mengingat bagian awal dan bagian akhir sebuah pidato, kamu bisa memberi penekanan dan menggunakan punch line yang menarik pada bagian pembuka dan penutup pidato untuk membuat pendengar terkesan dengan pidato bahasa Inggris yang kamu berikan.

Menggunakan fakta dalam pidato

Lakukan riset menyeluruh saat menulis sebuah pidato bahasa Inggris, sehingga kamu bisa memasukkan fakta-fakta yang menarik perhatian pendengar.

Menggunakan lelucon dan pertanyaan retoris dalam pidato

Untuk menarik perhatian pendengar, kamu juga bisa menggunakan pertanyaan yang menantang pendengar untuk ikut berpikir. Selain itu, jangan lupa untuk menyelipkan beberapa humor di sela-sela pidato sehingga penonton tidak teralihkan perhatiannya dan mendengarkan pidato bahasa Inggris dari awal sampai akhir.

Timing yourself

Mengukur waktu yang diperlukan untuk menyampaikan pidato juga sangat penting ketikan menyusun pidato bahasa Inggris. Jangan menulis pidato yang melebihi batas waktu yang diberikan.

 

Baca Juga: Langkah-langkah Dasar Belajar Bahasa Inggris

 

Bimbingan bahasa Inggris terpercaya di Schoters

Bagaimana apakah Hunters sudah memahami materi di atas? Jika Hunters ingin mempelajari materi lainnya seputar bahasa Inggris, Hunters bisa mengikuti kelas bareng Schoters. Yuk kenalan dulu dengan Schoters!

Schoters adalah platform pendidikan digital terbesar di Asia Tenggara yang menyediakan program persiapan end-to-end bagi pelajar dan profesional untuk belajar di luar negeri, dengan atau tanpa beasiswa. Sejak 2018, Schoters telah berhasil membantu ribuan siswa Indonesia kuliah ke 400+ Kampus top dunia di 43 Negara tersebar di 5 Benua.

Tidak hanya memiliki program bimbingan beasiswa, Schoters juga memiliki program unggulan lainnya yaitu General English Class.

 

Kenapa harus ikut General English Class di Schoters?

  1. Kelas terdiri dari teori dan praktik
  2. Sudah termasuk kurikulum, materi, dan e-book sebagai panduan pembelajaran
  3. Terdapat pretest dan final test oleh tutor
  4. Mendapatkan feedback dan bimbingan dari tutor untuk meningkatkan kemampuanmu
  5. Kelas privat dengan waktu fleksibel sesuai kesepakatan siswa dan tutor

Tertarik bergabung? Sebelum ambil kelas, Hunters bisa konsultasi gratis tentang General English Class di Schoters agar tahu mana program yang cocok sesuai kebutuhanmu!

pidato bahasa Inggris