10 Unsur Penting Pronouncation Dalam Berbahasa Inggris

Pronunciation adalah pengucapan kata dan kalimat dalam bahasa Inggris. Pengucapan ini dapat disesuaikan dengan aturan yang tertulis dalam kamus maupun sesuai dengan norma yang ada pada masyarakat sebagai pengguna bahasa Inggris.

Kemampuan memahami dan mengucapkan pronunciation yang baik dan benar merupakan bagian penting dalam belajar bahasa Inggris karena akan membantu kalian menjadi lebih mudah memahami dan dipahami serta memudahkan komunikasi dengan orang lain yang juga berbahasa Inggris. Selain itu, pronunciation yang tepat juga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan dalam berkomunikasi dalam berbagai situasi.

Salah satu alasan pentingnya memahami pronunciation yang baik dan benar adalah untuk menghindari kesalahpahaman saat berkomunikasi. Dalam bahasa Inggris, ada beberapa kata yang terdengar mirip namun memiliki arti yang berbeda karena pengucapannya yang berbeda.

Contohnya, kata “beach” dan “bitch” memiliki pengucapan yang mirip namun memiliki arti yang sangat berbeda. Jika pengucapan tidak tepat, dapat menimbulkan kesalahpahaman dalam komunikasi. Meski hal ini dapat dicegah menggunakan konteks yang kalian sedang bicarakan, namun memiliki pengucapan yang baik dan benar akan menjadi lebih baik.

Selain itu, pronunciation yang baik dan benar juga dapat meningkatkan kemampuan untuk berbicara secara efektif dan mudah dipahami oleh orang lain yang juga berbahasa Inggris. Seseorang yang memiliki pengucapan yang baik dan benar akan lebih mudah dipahami dan dihargai oleh orang lain. Hal ini dapat membuka peluang untuk berkomunikasi dengan berbagai orang dari berbagai latar belakang dan membantu dalam menjalin hubungan bisnis atau personal yang sukses.

Untuk memiliki kemampuan pronunciation atau pengucapan yang baik, kalian dapat mengikuti kursus bahasa Inggris, membaca buku tentang pengucapan kata dan kalimat bahasa Inggris, atau mendengarkan dan meniru cara penutur asli bahasa Inggris dalam berbicara.

 

Unsur-unsur dalam Pronunciation

Agar kalian bisa memiliki kemampuan pengucapan bahasa Inggris yang baik, baca dan pahami 10 unsur penting dalam pronunciation berikut ini, dan cari contoh lainnya kemudian berlatihlah! 

1. Vowel sounds (suara vokal)

Vowel sounds memainkan peran penting dalam memperkuat pengucapan yang benar dalam bahasa Inggris. Contoh kata-kata yang memperlihatkan penggunaan suara vokal yang benar adalah “sheep” dan “ship”.

2. Consonant sounds (suara konsonan)

Suara konsonan juga sangat penting dalam mempelajari pengucapan bahasa Inggris yang tepat. Contoh kata yang dapat memperlihatkan perbedaan suara konsonan adalah “thin” dan “then”.

3. Syllables (suku kata)

Suku kata dapat membantu kalian dalam memahami cara mengucapkan kata-kata dalam bahasa Inggris dengan lebih baik. Hal ini dapat membantu kalian dalam memenggal kata dan pengucapannya. Contoh kata yang terdiri dari beberapa suku kata adalah “university” dan “communication”.

4. Word stress (penekanan dalam kata)

Tekanan kata atau word stress merujuk pada penekanan suara pada satu suku kata dalam sebuah kata. Contoh kata-kata yang menunjukkan tekanan kata yang benar adalah “present” dan “record”. Tekanan pada kedua kata tadi diletakkan pada suku kata kedua yakni -SENT dan -CORD.

5. Sentence stress (penekanan dalam kalimat)

Selain word stress, terdapat pula sentence stress juga sangat penting dalam mempelajari pengucapan bahasa Inggris. Pada bagian ini melibatkan penekanan kata-kata penting dalam sebuah kalimat untuk mengungkapkan maksud. Contoh kalimat yang menunjukkan sentence stress yang tepat adalah “I am going to the STORE” dan “I am going to the store NOW” yang mengungkapkan pentingnya tujuan dan waktu yang diucapkan pembicara.

6. Intonation (intonasi)

Intonasi adalah perubahan naik dan turunnya suara dalam pengucapan yang digunakan untuk mengekspresikan makna dalam kalimat. Contoh penggunaan intonasi yang benar adalah “Are you going to the store?” dan “You’re going to the store!”

7. Linking (kata yang diucapkan secara bergandengan)

Linking adalah cara menghubungkan kata-kata dalam sebuah kalimat sehingga terdengar lebih alami. Contoh penggunaan linking yang benar adalah “I am going to the store” (diucapkan seperti “I’m gonna go to the store”). Unsur ini biasanya ditemukan dalam percakapan non-formal atau sehari-hari.

Baca Juga: Pelajari Kosakata Bahasa Inggris

8. Connected speech (ucapan terhubung)

Connected speech adalah cara ucapan bahasa Inggris yang melibatkan perubahan dalam pengucapan kata-kata untuk membuatnya terdengar lebih alami. Contoh penggunaan connected speech yang benar adalah “What are you doing?” yang diucapkan seperti “Whaddya doin’?”. Contoh lainnya adalah “Why did you lie?” yang diucapkan seperti “why July?”

9. Rhythm (ritme/irama)

Rhythm melibatkan pengaturan kecepatan dan nada dalam mengucapkan kalimat dalam bahasa Inggris. Contoh penggunaan rhythm yang tepat adalah “I’m not sure” (diucapkan dengan nada yang naik dan turun).

10. Tone (nada)

Tone adalah cara kalian dalam menggunakan suara untuk mengungkapkan emosi dan nada dalam sebuah ucapan. Contoh penggunaan tone yang benar adalah “I’m so happy!” yang diucapkan dengan nada yang tinggi dan ceria. Contoh lainnya adalah “I’m so bored” yang diucapkan dengan nada rendah atau datar dengan kecepatan rendah.

Baca Juga: 20 Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Rekomendasi Bimbingan Belajar Pronunciation Bahasa Inggris

Ingin lolos beasiswa luar negeri? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar kamu lebih tahu informasi selengkapnya bersama Schoters!

Butuh program bimbingan persiapan tes bahasa Inggris? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)