9 Cara Belajar Bahasa Inggris dari Nol untuk Pemula, Mudah!

Tips & Trik, 02 Sep 2022

Untuk sebagian orang, belajar Bahasa Inggris merupakan hal yang sulit. Terutama saat mereka harus belajar struktur bahasa (grammar). Ada banyak aturan mengenai grammar beserta pengecualiannya pada konteks tertentu. Namun, belajar Bahasa Inggris sebenarnya bukan hal yang sulit jika kamu memahami cara belajar yang tepat loh. 

Cara Belajar Bahasa Inggris bagi Pemula

Hunters, jago Bahasa Inggris akan ada banyak keuntungan buat kamu, salah satunya adalah kamu nggak akan kesulitan berkomunikasi saat kuliah di luar negeri. Misalnya saat kamu kuliah atau berkunjung ke banyak tempat menarik di Inggris

Jangan khawatir jika kamu belum bisa berbahasa Inggris. Ada banyak cara belajar Bahasa Inggris yang mudah yang bisa kamu coba. Pasalnya, untuk bisa mahir dalam suatu bidang, kita memang harus belajar dulu dengan tekun, bukan? Berikut ini 9 cara belajar Bahasa Inggris bagi pemula bisa kamu terapkan:

1. Jangan takut melakukan kesalahan

Salah satu hal yang menghambat seseorang untuk mahir berbahasa Inggris adalah karena dia takut melakukan kesalahan saat belajar. Contohnya takut salah dalam mengucapkan kata atau salah dalam menggunakan grammar sehingga orang lain kemungkinan akan mencemooh. 

Coba renungkan kembali kerugian apa saja yang mungkin akan kamu dapatkan jika terus-menerus takut untuk belajar. Saat kamu bisa berbahasa Inggris ada banyak kesempatan bagus yang kamu miliki seperti mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri, mendapatkan pekerjaan di perusahaan ternama di luar negeri, dan masih banyak lagi.  Oleh karena itu, jangan takut berbuat salah. Wajar saja ketika belajar hal baru dan berbuat salah.

2. Belajar dari lagu berlirik Bahasa Inggris

Ketika kamu mendengarkan lagu favoritmu biasanya kamu ikut bernyanyi, bukan? Bahkan ketika musisi favorit kamu baru saja merilis lagu baru, kamu akan memutar dan mendengarkannya terus menerus. 

Nah, kamu bisa belajar Bahasa Inggris dari lagu berbahasa Inggris. Semakin sering kamu mendengarkan lagu berbahasa Inggris dari musisi yang kamu sukai, semakin sering kamu mendengarkan vocabulary dan belajar cara mengucapkan suatu dalam Bahasa Inggris. 

3. Menonton film berbahasa Inggris

Ketika kamu menonton film berhasa Inggris, sebenarnya kamu sedang belajar meningkatkan kemampuan berbicara dan mendengarkan. Nggak hanya itu, kamu akan menemukan vocabulary dan memahami konteks yang tepat untuk menggunakan suatu istilah. Di samping itu, kamu akan belajar bagaimana mengucapkan kata dalam Bahasa Inggris. 

4. Membaca buku berbahasa Inggris

Cara belajar Bahasa Inggris lainnya adalah membaca buku berbahasa Inggris. Pilih buku yang membuat kamu tertarik. Kamu suka dengan topik budaya? Bacalah buku berbahasa Inggris dengan topik budaya. Atau kamu suka dengan topik pendidikan? Pilihlah buku dengan topik pendidikan yang berbahasa Inggris. Kamu juga bisa membaca komik berbahasa Inggris jika kamu adalah penggemar komik. 

Saat kamu membaca buku dengan topik yang kamu minati, proses belajar akan terasa menyenangkan. Kamu akan menemukan vocabulary baru dan sekaligus belajar cara penerapan grammar dalam suatu kalimat. 

5. Sering berlatih berbicara dalam Bahasa Inggris

Sudah sering menemukan percakapan berbahasa Inggris di dalam buku, novel, atau komik yang kamu baca? Sudah mendapatkan banyak vocabulary setelah sering mendengarkan lagu favorit atau menonton film? Saatnya kamu mempratikkan kalimat dan vocabulary yang kamu pelajari sebelumnya. Jangan menunggu sampai kamu merasa sudah menguasai semua grammar atau vocabulary ya!

6. Berpikir dalam Bahasa Inggris

Saat harus merespons dalam Bahasa Inggris, pemula biasanya merespons menggunakan bahasa penutur asli di dalam otak mereka, selanjutnya menerjemahkan ke dalam Bahasa Inggris di dalam otaknya, dan akhirnya baru mulai berbicara. Ini disebut mental translation serta menyebabkan seseorang nggak segera mahir berbahasa Inggris.

Cara membiasakan otak berpikir dalam Bahasa Inggris adalah dengan menyebutkan apa pun yang kamu lihat dalam Bahasa Inggris. Contohnya kamu melihat mobil yang melintas dengan cepat, ucapkan the car just passed in a blink of eyes’. Lakukan dengan spontan. Nggak masalah jika pengucapan kamu nggak akurat karena kamu sedang membiasakan diri berpikir dalam Bahasa Inggris.  

7. Belajar dengan orang lain

Sering bingung harus belajar ngobrol dalam Bahasa Inggris bersama siapa? Carilah rekan belajar. Jika kamu memiliki teman yang jago berbahasa Inggris, cobalah meminta bantuannya supaya mengajak kamu ngobrol dalam Bahasa Inggris. Saat ini pun sudah ada banyak platform yang menyediakan fitur berbicara dengan penutur asli. 

8. Gunakan kalimat sederhana terlebih dahulu

Saat baru belajar Bahasa Inggris, cobalah menggunakan kalimat sederhana saat kamu belajar menulis atau berbicara dalam Bahasa Inggris. Gunakan kalimat-kalimat sederhana hingga lancar. Setelah itu, mulai lah belajar menggunakan kalimat yang lebih rumit. 

9. Mintalah feedback

Apakah kamu merasa selama ini sudah lama belajar Bahasa Inggris tetapi kemampuan kamu tidak kunjung meningkat? Cara belajar Bahasa Inggris selanjutnya adalah meminta feedback. Minta lah feedback pada orang yang lebih mahir sehingga kamu mengetahui aspek apa saja yang masih harus kamu perbaiki. 

          Baca Juga: Penjelasan Lengkap Perbedaan TOEFL, IELTS, dan TOEIC – Schoters

Ayo Belajar Bahasa Inggris yang Menyenangkan di Schoters!

Hunters bingung bagaimana cara belajar Bahasa Inggris dari nol?     ->     Atasi kegalauan kamu dengan bergabung di General English Class di Schoters. 

Ingin belajar Bahasa Inggris dari level dasar sesuai kurikulum siswa SD dan SMP?     ->     Daftarkan diri kamu di Kelas Anak Bahasa Inggris