Cara Belajar Bahasa Inggris: 20 Metode Terampuh untuk Pemula

Cara belajar bahasa Inggris untuk sebagian orang merupakan hal yang sulit. Terutama saat mereka harus belajar struktur bahasa (grammar). Ada banyak aturan mengenai grammar beserta pengecualiannya pada konteks tertentu. Namun, belajar bahasa Inggris sebenarnya bukan hal yang sulit jika Hunters memahami cara belajar yang tepat loh. 

 

Cara belajar Bahasa Inggris bagi pemula

cara belajar bahasa inggris

Hunters, jago bahasa Inggris akan ada banyak keuntungan buatmu, salah satunya adalah Hunters nggak akan kesulitan berkomunikasi saat kuliah di luar negeri. Misalnya saat Hunters kuliah atau berkunjung ke banyak tempat menarik di Inggris

Jangan khawatir jika Hunters belum bisa berbahasa Inggris. Ada banyak cara belajar bahasa Inggris yang mudah yang bisa Hunters coba. Pasalnya, untuk bisa mahir dalam suatu bidang, memang harus belajar dulu dengan tekun, bukan? Berikut ini 20 tips cara belajar bahasa Inggris untuk pemula yang bisa Hunters terapkan:

1. Dalam belajar bahasa Inggris jangan takut melakukan kesalahan

Salah satu hal yang menghambat seseorang untuk mahir berbahasa Inggris adalah karena dia takut melakukan kesalahan saat belajar. Contohnya takut salah dalam mengucapkan kata atau salah dalam menggunakan grammar sehingga orang lain kemungkinan akan mencemooh. 

Coba renungkan kembali kerugian apa saja yang mungkin akan Hunters dapatkan jika terus-menerus takut untuk belajar. Saat Hunters bisa berbahasa Inggris ada banyak kesempatan bagus yang Hunters miliki seperti mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri, mendapatkan pekerjaan di perusahaan ternama di luar negeri, dan masih banyak lagi.  Oleh karena itu, jangan takut berbuat salah. Wajar saja ketika belajar hal baru dan berbuat salah.

2. Pakai alat bantu visual

Hanya mengandalkan membaca mungkin akan membuat Hunters cepat jenuh dalam belajar bahasa Inggris. Tapi tenang saja, ada satu tips efektif belajar bahasa Inggris untuk pemula, yaitu dengan memanfaatkan berbagai alat bantu visual seperti poster maupun yang paling tren saat ini, flashcard.

Flashcard adalah kartu yang berisi kata-kata tertentu dalam suatu kategori. Misalnya, flashcard tentang binatang, warna, atau makanan. Belajar bahasa Inggris dengan cara seperti ini sudah terbukti ampuh untuk memperkaya kosa kata karena kata-kata diulang terus menerus. Tidak perlu khawatir, Hunters juga bisa bikin sendiri flashcard versimu. Kalau tidak mau ribet, Hunters bisa juga menemukan banyak flashcard dengan gambar menarik di toko online.

3. Belajar bahasa Inggris dari lagu 

Ketika Hunters mendengarkan lagu favorit biasanya akan langsung ikut bernyanyi, bukan? Bahkan ketika musisi favorit Hunters baru saja merilis lagu baru, Hunters akan memutar dan mendengarkannya terus menerus. 

Nah, Hunters bisa belajar bahasa Inggris dari lagu berbahasa Inggris. Semakin sering Hunters mendengarkan lagu berbahasa Inggris dari musisi yang kamu sukai, semakin sering Hunters mendengarkan vocabulary dan belajar cara mengucapkan sesuatu dalam bahasa Inggris. 

4. Belajar bahasa Inggris dengan menonton film 

Menonton film berbahasa Inggris adalah salah satu metode ampuh, tapi tetap asik untuk belajar bahasa Inggris. Bayangkan, tidak hanya mendapat kesenangan dari tontonan, Hunters juga sekaligus belajar darinya.

Ya, ketika Hunters menonton film berbahasa Inggris, sebenarnya Hunters sedang belajar meningkatkan kemampuan berbicara dan mendengarkan. Nggak hanya itu, Hunters akan menemukan vocabulary dan memahami konteks yang tepat untuk menggunakan suatu istilah. Di samping itu, Hunters akan belajar bagaimana mengucapkan kata dalam bahasa Inggris. 

5. Membaca buku berbahasa Inggris

Cara belajar bahasa Inggris lainnya adalah membaca buku berbahasa Inggris. Pilih buku yang membuat Hunters tertarik. Hunters suka dengan topik budaya? Bacalah buku berbahasa Inggris dengan topik budaya. Atau Hunters suka dengan topik pendidikan? Pilihlah buku dengan topik pendidikan yang berbahasa Inggris. Hunters juga bisa membaca komik berbahasa Inggris jika Hunters adalah penggemar komik. 

Saat Hunters membaca buku dengan topik yang Hunters minati, proses belajar akan terasa menyenangkan. Hunters akan menemukan vocabulary baru dan sekaligus belajar cara penerapan grammar dalam suatu kalimat. 

6. Dengarkan Podcast Bahasa Inggris

Kalau membaca bisa memperkaya kosakata, mendengarkan podcast akan meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris Hunters. Melalui podcast, Hunters akan langsung mendapatkan contoh mengenai bagaimana seharusnya sebuah kata dalam bahasa Inggris dilafalkan.

Jika terus-menerus diulang, hal tersebut akan membantu Hunters semakin fasih dalam melafalkan kosakata dalam bahasa Inggris.

7. Sering berlatih berbicara dalam Bahasa Inggris

Sudah sering menemukan percakapan berbahasa Inggris di dalam buku, novel, atau komik yang Hunters baca? Sudah mendapatkan banyak vocabulary setelah sering mendengarkan lagu favorit atau menonton film?

Saatnya Hunters mempratikkan kalimat dan vocabulary yang Hunters pelajari sebelumnya. Jangan menunggu sampai Hunters merasa sudah menguasai semua grammar atau vocabulary, ya!

 

Kamu masih belum jago bahasa Inggris? Tenang, belum terlambat untuk belajar lebih dalam. Schoters punya kelas bahasa Inggris yang bisa bantu kamu lancar berbahasa Inggris, tidak hanya belajar teori saja tetapi juga didukung dengan praktik agar kamu bisa lebih cepat jago bahasa Inggris.

Silakan klik tombol “Konsultasi Kelas Bahasa Inggris” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

cara belajar bahasa inggris

 

8. Berpikir dalam Bahasa Inggris

Saat harus merespons dalam bahasa Inggris, pemula biasanya merespons menggunakan bahasa penutur asli di dalam otak mereka, selanjutnya menerjemahkan ke dalam bahasa Inggris di dalam otaknya, dan akhirnya baru mulai berbicara. Ini disebut mental translation serta menyebabkan seseorang nggak segera mahir berbahasa Inggris.

Cara membiasakan otak berpikir dalam Bahasa Inggris adalah dengan menyebutkan apa pun yang Hunters lihat dalam bahasa Inggris. Contohnya Hunters melihat mobil yang melintas dengan cepat, ucapkan the car just passed in a blink of eyes’. Lakukan dengan spontan. Nggak masalah jika pengucapan Hunters nggak akurat karena Hunters sedang membiasakan diri berpikir dalam bahasa Inggris.  

9. Belajar dengan orang lain

Sering bingung harus belajar ngobrol dalam bahasa Inggris bersama siapa? Carilah rekan belajar untuk belajar melakukan percakapan dalam bahasa Inggris.

Jika Hunters memiliki teman yang jago berbahasa Inggris, cobalah meminta bantuannya untuk mengajak Hunters ngobrol dalam bahasa Inggris. Selain itu, saat ini pun sudah ada banyak platform yang menyediakan fitur berbicara dengan penutur asli. 

10. Gunakan kalimat sederhana terlebih dahulu

Saat baru belajar bahasa Inggris, cobalah menggunakan kalimat sederhana saat Hunters belajar menulis atau berbicara dalam bahasa Inggris.

Gunakan kalimat-kalimat sederhana hingga lancar. Setelah itu, mulailah belajar menggunakan kalimat yang lebih rumit. 

11. Mintalah feedback

Apakah Hunters merasa selama ini sudah lama belajar bahasa Inggris tetapi kemampuan kamu tidak kunjung meningkat?

Cara belajar bahasa Inggris selanjutnya adalah meminta feedback. Minta lah feedback pada orang yang lebih mahir sehingga Hunters mengetahui aspek apa saja yang masih harus Hunters perbaiki. 

12. Buatlah jadwal latihan yang konsisten

Kunci utama dari penguasaan bahasa asing adalah pengulangan dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, penting untuk membuat jadwal latihan yang konsisten setiap harinya.

Untuk mencegah rasa bosan, Hunters bisa mencoba berlatih dengan cara yang berbeda-beda setiap harinya. 

13. Pelajari dan pahami tenses

Tahapan pertama belajar bahasa Inggris untuk pemula yang harus Hunters lakukan adalah dengan mempelajari tata bahasa. Hunters bisa mempelajarinya dari yang paling sederhana terlebih dahulu, yaitu tenses.

Kalau keperluan belajar bahasa Inggris Hunters hanya untuk urusan informal, mempelajari tata bahasa sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Namun, perlu diketahui juga bahwa penguasaan tata bahasa yang baik dan benar akan sangat bermanfaat kalau Hunters memiliki tujuan untuk mengikuti tes formal seperti TOEFL, IELTS dan lain-lain.

Setidaknya ada tiga jenis utama tenses yang harus kamu ketahui, yaitu present tenses, future tenses, dan past tenses

14. Belajar Bahasa Inggris Dengan Perkaya kosakata

Setelah menguasai tenses, Hunters bisa lanjut belajar bahasa Inggris dengan memperkaya kosakata kamu. Tidak perlu ribet, Hunters bisa melakukannya semudah mencatat kata bahasa Inggris yang Hunters temukan di buku dan tidak diketahui artinya.

Selain itu, Hunters juga bisa memperbanyak kosakata dengan mencari tahu arti lirik lagu-lagu terkenal, maupun memperhatikan dialog dan subtitle film yang Hunters tonton.

 

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Perbedaan TOEFL, IELTS, dan TOEIC – Schoters

 

15. Gunakan berbagai aplikasi belajar bahasa

Manfaatkan berbagai aplikasi belajar bahasa yang tersedia secara online seperti Duolingo, Memrise atau Babbel untuk memperkaya kosakata baru.

Dengan kosakata baru tersebut, berlatihlah membuat kalimat dengan cara yang praktis dan menyenangkan tanpa terikat waktu atau tempat.

16. Belajar Bahasa Inggris Dengan Bermain game

Cara seru lain yang bisa dicoba yaitu main permainan bahasa Inggris. Seperti wordle, scrabble, dan juga hangman.

Permainan ini bisa Hunters nikmati bersama teman dan juga ditemukan langsung di website maupun unduh aplikasinya.

17. Gunakan berbagai sumber belajar bahasa asing di Internet

Selain aplikasi belajar bahasa, manfaatkan juga berbagai sumber belajar bahasa asing gratis yang tersedia di internet.

Hunters bisa mencoba beragam situs gratis yang bisa digunakan untuk latihan soal bahasa Inggris.

18. Mengganti setelan telepon genggam dan media sosial ke dalam bahasa Inggris

Karena kita menghabiskan banyak waktu sehari-hari menggunakan telepon genggam, mengganti setelan telepon genggam ke dalam bahasa Inggris adalah salah satu cara belajar bahasa Inggris yang mudah dan cukup efektif.

Dengan membiasakan diri mengoperasikan telepon menggunakan bahasa Inggris, kita juga menjadi lebih familiar dengan berbagai kosakata yang relevan untuk kehidupan modern sehari-hari. 

19. Belajar Bahasa Inggris Dengan Pergi Keluar Negeri

Tentu saja, cara belajar bahasa Inggris yang terbaik dan efektif adalah dengan pergi ke luar negeri. Apabila ada kesempatan, pergilah ke salah satu negara berbahasa Inggris dan cobalah membaur dengan masyarakat lokal untuk berlatih bahasa Inggris setiap saat.

Pergi ke luar negeri bisa “memaksa” Hunters untuk menggunakan bahasa Inggris setiap saat. Yang mana, sangat berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan bahasa Inggris Hunters.

20. Belajar Bahasa Inggris Dengan Ikut kelas bahasa

Dari semua cara efektif di atas, cara terbaik belajar bahasa Inggris untuk pemula adalah dengan mengikuti kursus karena selain mendapatkan teori, Hunters juga bisa praktik langsung sesuai standar internasional.

Bahkan Hunters juga akan mendapatkan bimbingan dan feedback langsung dari mentor. Dengan begitu, pembelajaran bahasa Inggris Hunters akan menjadi lebih terstruktur dan tidak buang-buang waktu.

Namun, tidak semua kursus bahasa Inggris menyediakan fasilitas yang demikian, hanya layanan kursus bahasa Inggris profesional seperti Schoters yang bisa menyediakannya. Meskipun kemampuan bahasa Inggris kamu masih nol, tidak perlu khawatir karena Schoters menyediakan tutor berpengalaman yang akan memandu Hunters hingga bisa benar-benar mahir.

 

  Baca juga: Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

 

Bimbingan bahasa Inggris terpercaya di Schoters

Bagaimana apakah Hunters sudah memahami materi di atas? Jika Hunters ingin mempelajari materi lainnya seputar bahasa Inggris, Hunters bisa mengikuti kelas bareng Schoters. Yuk kenalan dulu dengan Schoters!

Schoters adalah platform pendidikan digital terbesar di Asia Tenggara yang menyediakan program persiapan end-to-end bagi pelajar dan profesional untuk belajar di luar negeri, dengan atau tanpa beasiswa. Sejak 2018, Schoters telah berhasil membantu ribuan siswa Indonesia kuliah ke 400+ Kampus top dunia di 43 Negara tersebar di 5 Benua.

Tidak hanya memiliki program bimbingan beasiswa, Schoters juga memiliki program unggulan lainnya yaitu General English Class.

 

Kenapa harus ikut General English Class di Schoters?

  1. Kelas terdiri dari teori dan praktik
  2. Sudah termasuk kurikulum, materi, dan e-book sebagai panduan pembelajaran
  3. Terdapat pretest dan final test oleh tutor
  4. Mendapatkan feedback dan bimbingan dari tutor untuk meningkatkan kemampuanmu
  5. Kelas privat dengan waktu fleksibel sesuai kesepakatan siswa dan tutor

Tertarik bergabung? Sebelum ambil kelas, Hunters bisa konsultasi gratis tentang General English Class di Schoters agar tahu mana program yang cocok sesuai kebutuhanmu!

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)