Mengenal Apa Itu Rasionalisasi SNBP 2023

Sejak tahun ajaran 2023/2024, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) secara resmi diganti menjadi Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP). SNMPTN merupakan seleksi masuk perguruan tinggi jalur prestasi yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan ke berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Menariknya, calon mahasiswa yang ingin mendaftar PTN melalui jalur SNBP bisa terlebih dahulu menghitung peluang diterima di perguruan tinggi yang dituju dengan menggunakan prestasi dan nilai rapor yang dimiliki. Cara menghitung peluang diterima melalui jalur SNBP ini disebut dengan istilah rasionalisasi SNBP 2023.

Ingin tahu lebih lanjut apa itu rasionalisasi SNBP 2023 dan cara cek rasionalisasi SNBP 2023? Simak informasinya di bawah ini.  

 

Apa itu Rasionalisasi SNBP 2023?

Sama seperti SNMPTN, SNBP juga merupakan jalur masuk perguruan tinggi yang dibuka bagi calon mahasiswa berdasarkan prestasi yang dimiliki di jenjang SMA/SMK/MA sebelumnya. Meskipun demikian, berbeda dengan SNMPTN yang hanya menggunakan prestasi akademik sebagai komponen seleksi, sistem seleksi SNBP menggunakan komponen prestasi akademik dan non-akademik.

Sebagaimana diatur dalam Permendikbud Ristek Nomor 48 Tahun 2022, fokus SNBP adalah memberikan penghargaan atas kesuksesan pembelajaran yang menyeluruh di pendidikan menengah, dengan pemberian bobot minimal 50 persen untuk nilai rata-rata rapor untuk seluruh mata pelajaran dan maksimal 50 persen untuk nilai mata pelajaran pendukung program studi, prestasi dan/atau portofolio. Calon mahasiswa baru kemudian bisa melakukan rasionalisasi SNBP, dengan cara membandingkan prestasi dan nilai rapor yang dimiliki dengan ambang batas yang ditetapkan oleh suatu perguruan tinggi untuk melihat besaran peluang bagi calon mahasiswa baru sebelum mendaftar.

 

Cara Cek Rasionalisasi SNBP 2023

Untuk menghitung rasionalisasi SNBP 2023, kamu bisa menggunakan beberapa platform yang menghitung rasionalisasi secara gratis – termasuk di antaranya platform Medio Hero Institute dan Ruangguru.

Cara cek rasionalisasi SNBP 2023 via Medio Hero Institute

Untuk melakukan rasionalisasi SNBP 2023 melalui platform Medio Hero Institute, kamu bisa lakukan beberapa tahapan sebagai berikut :

  1. Menyiapkan dokumen yang diperlukan, antara lain :
    1. Rapor pengetahuan semester 1-4 bagi peserta kelas XII
    2. Rapor pengetahuan semester 1-3 bagi peserta KBC/PDCI/Akselerasi
    3. Rapor pengetahuan semester 1-2 bagi peserta kelas XI
    4. Informasi spesifik tentang sekolah
    5. Ungkapan minat dan bakat
    6. Informasi kegiatan akademik dan non akademik
  2. Membuat akun rasionalisasi SNBP 2023 melalui laman Medio Hero Institute
  3. Lakukan perhitungan

Cara cek rasionalisasi SNBP 2023 via Ruangguru

Untuk melakukan rasionalisasi SNBP 2023 melalui platform Ruangguru, lakukan beberapa tahapan sebagai berikut :

  1. Menyiapkan dokumen yang diperlukan, antara lain :
    1. NPSN Sekolah
    2. Foto sertifikat prestasi (jika ada)
    3. Kurikulum sekolah yang digunakan
    4. Foto dan nilai serta rata-rata rapor semester 1-5
  2. Membuat akun rasionalisasi SNBP 2023 melalui laman Rasionalisasi SNBP Ruangguru
  3. Lakukan perhitungan

 

Baca Juga : Tertarik Kuliah di Luar Negeri Setelah Lulus SMA? Cek 3 Beasiswa S1 Kuliah di Inggris

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Lolos Universitas Luar Negeri

Selesai menghitung rasionalisasi SNBP 2023, tapi ingin mencari alternatif universitas di luar negeri sebagai cadangan? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap. 

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)