Skor IELTS - Ini Cara Menghitung Nilai Tes IELTS!

Tips & Trik, 12 Sep 2022

Skor IELTS umumnya menjadi standar Lembaga pendidikan internasional atau beberapa perusahaan multi nasional untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris dengan melakukan tes IELTS. Pada tes ini terdapat standar khusus cara menghitung skor IELTS yang dapat menentukan keberhasilan Hunters.

Namun, masih banyak dari pelajar, mahasiswa, atau pekerja yang belum mengetahui model tes IELTS ini sehingga hasilnya belum memuaskan. Dengan mengetahui standar dan cara menghitungnya, Hunters dapat memperoleh nilai atau skor IELTS tertinggi.

Apa yang dimaksud tes IELTS?

Sebelum mengetahui lebih jauh cara menghitung skor IELTS, apakah Hunters sudah mengetahui apa itu IELTS? Secara bahasa, IELTS adalah singkatan dari International English Language Testing System yaitu sebuah tes untuk mengetahui kemampuan berbahasa Inggris.

Penyelenggara dari tes ini merupakan lembaga yang berstandar internasional dan sudah mendapatkan lisensi dari British Council. Dalam beberapa tahun terakhir, dunia internasional menjadikan IELTS sebagai standar kemampuan berbahasa Inggris bagi pelajar maupun pekerja.

Apa saja jenis tes IELTS?

Dalam tes IELTS terdapat empat jenis atau sesi yaitu Listening, Reading, Writing, dan Speaking. Sedangkan berdasarkan klasifikasinya, tes IELTS terbagi menjadi dua yaitu Academic dan General Training.

1. IELTS Academic

Tes IELTS Academic ditujukan bagi Hunters yang hendak belajar atau menimba ilmu ke luar negeri dengan kecenderungan pemakaian bahasa Inggris yang dominan. Materinya pun lebih menonjolkan mengenai riset dan analisis.

 2. IELTS General Training 

Tes yang diberikan bersifat umum untuk mengetahui kemampuan dan keahlian Hunters dalam berbahasa Inggris. Materinya lebih dominan mengenai cara kehidupan dan sosialisasi sehari-hari di masyarakat. 

Bagaimana cara menghitung skor IELTS

Setelah Hunters mengikuti sebuah tes IELTS, penyelenggara akan mengirimkan sertifikat beberapa hari kemudian. Sertifikat ini berisi skor hasil tes listening, reading, writing, speaking dan nilai total rata-rata dari keempatnya.

Sedangkan cara menghitung skor IELTS masing-masing tes listening, tes reading, tes writing, dan tes speaking metode penghitungannya berbeda-beda. Apakah Hunters sudah tahu dari mana nilai tersebut didapatkan? berikut ini cara penghitungan skor per sesinya.

1. Cara menghitung skor IELTS listening

Tabel di bawah ini adalah cara menghitung skor IELTS sesi listening baik dari segi Academic maupun General Training. Untuk menghitungnya hanya mengkonversikan jawaban yang benar menjadi skor atau band score IELTS.

Jawaban yang Benar

Band Skor

 

Jawaban yang Benar

Band Skor

39-40

9

 

18-22

5,5

37-38

8,5

 

16-17

5

35-36

8

 

13-15

4,5

32-34

7,5

 

11-12

4

30-31

7

 

8-10

3,5

26-29

6,5

 

6-7

3

23-25

6

 

4-5

2,5

2. Cara menghitung skor IELTS Reading

Sedangkan cara menhitung skor IELTS sesi reading berbeda antara tes untuk Academic dan General Training. Cara menghitungnya sama seperti tes Listening yaitu mengkonversikan jawaban yang benar menjadi band score.

Tabel konversi skor band reading academic

Jawaban Yang Benar

Band Skor

 

Jawaban Yang Benar

Band Skor

39-40

9

 

19-22

5,5

37-38

8,5

 

15-18

5

35-36

8

 

13-14

4,5

33-34

7,5

 

10-12

4

30-32

7

 

8-9

3,5

27-29

6,5

 

6-7

3

23-26

6

 

4-5

2,5

 

Tabel konversi skor band reading general training

Jawaban Yang Benar

Band Skor

 

Jawaban Yang Benar

Band Skor

40

9

 

27-29

5,5

39

8,5

 

23-26

5

37-38

8

 

19-22

4,5

36

7,5

 

15-18

4

34-35

7

 

12-14

3,5

32-33

6,5

 

9-11

3

30-31

6

 

6-8

2,5

3. Cara menghitung skor IELTS Writing

Untuk cara menghitung skor IELTS sesi writing mengacu pada empat kriteria, yaitu:

  1. Task achievement dan task response
  2. Penilaian berdasarkan ketepatan mengikuti perintah atau instruksi.
  3. Coherence dan cohesion
    Coherence dalam writing artinya membuat susunan kalimat yang rapi dalam sebuah paragraf agar pembaca memahami isi bacaan. Sedangkan cohesion dalam writing artinya keterikatan suatu kalimat dengan kalimat lain. Penilaiannya ada pada penyampaian informasi yang jelas dan terstruktur terkait informasi yang diberikan.
  4. Lexical resource
  5. Penilaian berdasarkan seberapa banyak kosakata yang anda miliki, seberapa tepat dan akademik kosakata yang anda gunakan.
  6. Grammatical range dan akurasi
  7. Penilaian wawasan dan kemampuan Hunters dalam membuat kalimat yang sederhana dan majemuk.

Baca dulu: Info Tes & Tips Lulus IELTS by Schoters

skor ielts

 4. Cara menghitung skor IELTS Speaking

Sedangkan cara menghitung IELTS sesi speaking berdasarkan empat kriteria sebagai berikut:

  1. Fluency
    Penilaian berdasarkan cara Hunters berbicara menyampaikan sesuatu dalam Bahasa Inggris dengan lancar, jelas, dan tepat tanpa banyak berhenti dan tanpa keraguan.
  2. Lexical resource
    Penilaian berdasarkan cara Hunters berbicara dengan susunan kosakata secara tepat
  3. Gramatikal range dan akurasi
    Penguji berharap Hunters dapat menyampaikan banyak kosakata yang berbeda secara tepat dalam berbicara dan tanpa sering melakukan kesalahan.
  4. Pronunciation
    Penilaian didasarkan pada bagaimana Hunters mengucapkan kata-kata dan kalimat dalam Bahasa Inggris. Agar dapat nilai yang bagus, perkataanmu harus dapat dimengerti oleh tim penguji.

Penjelasan skala penilaian 9-band

Dalam cara menghitung skor IELTS, penyelenggara menetapkan penilaian berdasarkan patokan yang disebut skala 9-band. Dengan skala ini, Hunters akan diberi nilai dari 1 hingga 9 sebagai cerminan tingkat kemampuan Bahasa Inggris.

Setelah Hunters mengetahui nilai yang diperoleh dari setiap tes listening, reading, writing, dan speaking, kemudian keempat nilai tersebut ditotal dan dibagi empat. Dari hasil rata-rata inilah Hunters dapat mengetahui level kemampuan bahasa Inggris dengan melihat skala penilaian 9-band berikut. 

Nilai

Penguasaan

Keterangan

9

Expert User

Telah menguasai bahasa Inggris secara penuh dan mampu menggunakannya dengan lancar secara tepat, sesuai, dan pemahaman yang penuh 

8

Very Good User

Telah menguasai bahasa Inggris secara operasional, tetapi kadang terjadi ketidaksesuaian dalam situasi yang tidak biasa. 

7

Good User

Secara umum telah menguasai bahasa Inggris dengan baik, walaupun kadang ada kesalahan, ketidaksesuaian dalam situasi yang tidak biasa 

6

Competent User

Secara umum telah menguasai bahasa Inggris dengan efektif dan dapat menggunakannya dengan baik, terutama pada situasi-situasi yang familiar. Pada situasi tertentu sering terjadi kesalahan, ketidaksesuaian, dan ketidaktepatan.

5

Modes User

Telah menguasai sebagian dalam berbahasa Inggris dan dapat memahami makna secara umum meskipun terjadi banyak kesalahan

4

Limited User

Menguasai komunikasi berbahasa Inggris dalam beberapa situasi kehidupan sehari-hari dan tidak mampu menggunakan bahasa yang rumit atau kompleks

3

Extremely Limited User

Hanya mampu berkomunikasi dan menyampaikan makna secara umum dalam situasi yang sangat familiar dan sering mengalami kegagalan komunikasi

2

Intermittent User

Sangat kesulitan memahami bahasa Inggris baik secara lisan maupun tulisan dan hanya mampu berkomunikasi dengan bahasa yang terbatas dalam situasi yang sudah dikenal untuk hal yang mendesak

1

Non User

Tidak memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dalam berbahasa Inggris. Hanya dapat menggunakan kata-kata yang berdiri sendiri secara acak

 

Demikianlah cara menghitung skor IELTS dari empat sesi dan cara menentukan hasil tes penguasaan komunikasi berbahasa Inggris dengan skala penilaian 9-band. Untuk skor IELTS minimal adalah satu, sedangkan skor IELTS yang bagus adalah dari rentang 6 hingga 9.

Baca juga: Skor IELTS Kamu Jelek? Jadi Susah Mau Daftar Beasiswa? Mungkin Ini Alasannya!

Raih Skor IELTS Terbaik bersama Schoters!

Dengan mengetahui cara menghitung skor IELTS diharapkan Hunters dapat melatih komunikasi berbahasa Inggris sehingga memperoleh nilai yang memuaskan. Hunters pun bisa mengikuti tes IELTS Preparation dan mempersiapkan uji kompetensi dalam cakupan skor IELTS dan penguasaan materinya.

Schoters bisa menjadi tempat yang tepat untuk berkonsultasi mengenai beasiswa pilihan Hunters. Schoters sebagai jasa layanan tes beasiswa luar negeri siap membantu Hunters mencari program beasiswa yang tepat untuk masa depan.

 

skor ielts