Info Lengkap 5 SMA Terbaik di Singapura

Singapura dianggap sebagai pusat pendidikan Asia untuk alasan yang sangat bagus. Sekolah menengah di Singapura fokus terhadap kemampuan akademik para siswa. Pendidikan tingkat menengah adalah tahap pendidikan terpenting kedua di Singapura, setelah sekolah dasar.

Singapura menganggap pendidikan adalah masa depan dari suatu negara untuk mencapai cita-cita mereka. Oleh karena itu Singapura memang sangat memperhatikan bidang pendidikan ini. Mereka sangat fokus dalam pengembangan pendidikan dari jenjang pra sekolah hingga perguruan tinggi.

 

Tingkat Pendidikan di Singapura

1. Pra-sekolah di Singapura

Untuk mendaftar pra-sekolah di Singapura, seorang anak harus berusia 3-6 tahun.  Pra-sekolah di Singapura juga menawarkan tempat penitipan anak. Semua pra-sekolah dioperasikan oleh yayasan, badan keagamaan, lembaga sosial dan organisasi bisnis. Periode belajar untuk anak-anak pra-sekolah berlangsung selama 2 ½ – 4 jam dan 5 hari dalam seminggu. Pada tingkat ini yang diutamakan adalah mempelajari bahasa yaitu bahasa Inggris sebagai bahasa utama dan bahasa Mandarin sebagai bahasa kedua.

2. Sekolah Dasar di Singapura

Sekolah Dasar di Singapura juga membutuhkan waktu 6 tahun untuk menyelesaikannya. Pada jenjang ini, para siswa akan mempelajari bahasa (Inggris, Mandarin, Melayu), Matematika, Musik, Kesenian, Olahraga dan juga Ilmu Pengetahuan Sosial. Matematika yang di ajarkan di sekolah dasar ini diadopsi dengan menggunakan materi-materi dari standar Internasional. Seorang siswa harus menunjukkan hasil belajarnya pada tahun ke 6 dengan melakukan ujian kelulusan Sekolah Dasar. Mungkin seperti Ujian Nasional di Indonesia. Siswa asing juga dapat ikut serta dalam ujian ini.

3. Tingkat Sekolah Menengah

Di sekolah menengah ini, siswa akan dibagi ke dalam dua kelompok. Kelompok pertama adalah kelompok GCE N (Normal). Sementara itu kelompok kedua adalah kelompok GCE O (Ordinary). GCE O adalah kumpulan siswa-siswi berprestasi. Pada jenjang ini, kegiatan belajar dilakukan selama 4 tahun. Untuk GCE N bisa mendapatkan sertifikat GCE O jika melakukan suatu ujian pada tahun ke lima. Kurikulum pada tingkat sekolah menengah di Singapura ini telah diakui oleh internasional.

4. Perguruan Tinggi

Setelah menyelesaikan ujian Level GCE O, siswa diberi berbagai macam pilihan. Mereka dapat mendaftar ke perguruan tinggi junior (Junior College) ataupun politeknik. Setelah berhasil duduk lulus dari GCE O, siswa dapat melanjutkan studi ke Junior College (pra-universitas) selama 2-3 tahun. Tujuan dari jenjang ini adalah mempersiapkan siswa untuk masuk ke dunia universitas. Politeknik menawarkan berbagai jurusan seperti Teknik, Ilmu Pengetahuan Bisnis, Komunikasi, Desain dan Info-Komunikasi. Mungkin jenjang ini mirip dengan tingkat Diploma di Indonesia. Pendidikan tingkat tersier. Mereka yang memenuhi syarat dapat mencoba beralih ke tingkat tersier. Jenjang ini adalah jenjang dimana mereka bukan lagi disebut siswa melainkan mahasiswa.

5. Sekolah Internasional dan Sekolah Swasta

Meskipun sekolah swasta di sana terbuka untuk orang-orang Singapura, tetapi mereka tidak diperbolehkan untuk mengikuti sekolah swasta tersebut. Mereka tidak diizinkan mengikuti sekolah internasional. Singapura memiliki berbagai sekolah internasional bertujuan untuk melayani para ekspatriat disana. Kurikulum di sekolah-sekolah tersebut mengikuti kurikulum negara asal sekolah tersebut. Biayanya bervariasi tetapi minimal adalah SGD$ 24.000 per tahun.

 

Baca Juga: Cek 5 Daftar Universitas Termurah di Singapura

 

Biaya Sekolah di Singapura

Perkiraan biaya sekolah di Singapura untuk tingkat Primary s/d Junior College per tahun adalah Government School S$ 1,500 – 5,000 dan International School S$ 15,000 – 20,000.

 

Rekomendasi SMA di Singapura

1. Hwa Chong Institution

Ini merupakan sekolah kolese kedua di dunia pendidikan di Singapura. Hwa Chong Institution ini adalah sebutan untuk kolase SMA dan juga memiliki kolese pertama yakni Hwa Chong Junior College. Mereka mulai resmi bergabung di tanggal 1 Januari 2005. Kolese SMA ini sendiri telah didirikan di tahun 1974. Ini merupakan salah satu SMA yang didirikan oleh orang Cina di Singapura.

2. Victoria Junior College

Jika menginginkan SMA terkenal dan terbaik dengan adanya sistem seleksi pra Universitas di Singapura, maka Victoria Junior College salah satunya. Pendidikan pra Universitas ini diadakan tidak hanya untuk para siswa asrama saja, ini juga diadakan bagi siswa harian di sana. Sekolah ini sudah didirikan semenjak tahun 1984 silam.

3. Nanyang Junior College

Tidak hanya Victoria Junior College saja yang memberikan sistem untuk mendapatkan yang namanya kursus pra Universitas. Nanyang Junior College ini juga melakukan dan menerapkan sistem kursus pra Universitas juga lho. Biasanya, kursus akan dilaksanakan sebelum 2 tahun untuk persiapan ujian GCE Advanced Level.

4. National Junior College

National Junior College merupakan sekolah pertama yang berada di tingkatan SMA di Singapura. Ada banyak sistem pembelajaran terbaik yang ditawarkan oleh sekolah terkenal yang satu ini. Sekolah ini sudah didirikan semenjak tahun 1969 silam. Kamu bisa mendapatkan program pendidikan terpadu selama 6 tahun, kursus pra universitas yang dilakukan selama 2 tahun. Semua sistem pendidikan di sekolah ini mengarah untuk persiapan GCE Advanced Level di Singapura.

5. Anglo Chinese Junior College

Anglo Chinese Junior College ini juga merupakan salah satu dari urutan 10 SMA terkenal di Singapura terbaik. Di mana kamu akan mendapatkan program untuk mengikuti kursus pra-Universitas selama 2 tahun dan akan memberikan bekal agar bisa menghadapi  Singapura Cambridge GCE

 

Baca Juga: Inilah Universitas yang Mahasiswanya Terdiri dari Banyak Orang Indonesia

 

Rekomendasi Bimbingan Masuk SMA di Singapura 

Ingin bimbingan lolos beasiswa Harvard Kennedy School?  Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar kamu lebih tahu informasi selengkapnya bersama Schoters!

Butuh program lain untuk persiapan menembus beasiswa? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

SMA Terbaik di Singapura