5 Universitas dengan Biaya Kuliah di Singapura yang Murah

Singapura berada di wishlist negara tujuan kuliah kamu? Tak perlu mahal. Ini dia lima universitas dengan biaya kuliah di Singapura yang murah, tetapi tetap berkualitas tinggi. Dengan berbagai kelebihan dan cakupan jurusannya, kalian bisa mempertimbangkan kelima universitas di bawah ini sebagai tujuan utama kuliah kalian!

Kuliah di Singapura yang murah

Meski murah adalah kata yang subjektif, tetapi jika disandingkan dengan kualitas dan fasilitas yang ditawarkan oleh universitas dari Singapura di bawah ini, maka bisa dibilang bahwa uang yang kalian keluarkan, sepadan dengan ilmu dan pengalaman yang kalian dapatkan. Ini dia daftar lima universitas dengan biaya kuliah di Singapura yang murah:

1. Singapore Institute of Management (SIM)

Didirikan pada tahun 1964, SIM adalah sebuah institusi pendidikan tinggi swasta terkemuka di Singapura. SIM menawarkan berbagai program, termasuk Business Management, Finance, Marketing, dan International Business. Hal yang menarik dari SIM adalah mereka memiliki jaringan alumni yang luas yang bisa membantu mahasiswa setelah lulus.

Kampus yang terletak di 461 Clementi Rd ini memiliki biaya pendidikan yang cukup terjangkau bagi sebuah universitas swasta. Kalian perlu merogoh kocek sebesar SGD 10.000 atau sekitar Rp.110.000.000 per tahun untuk kuliah di SIM. Oleh karena itu, kampus ini bisa menjadi rekomendasi kampus dengan biaya kuliah di Singapura yang murah.

2. Management Development Institute of Singapore (MDIS)

Sebagai salah satu institusi pendidikan swasta tertua di Singapura, MDIS didirikan pada tahun 1956 dan terkenal dengan program Bisnis dan Manajemen, Media dan Komunikasi, dan Ilmu Kesehatan. Selain itu MDIS juga menawarkan beberapa program unggulan dalam bidang Teknik, Psikologi, Pariwisata, dan Perhotelan. MDIS menawarkan lingkungan belajar yang berorientasi internasional, dengan mahasiswa yang berasal lebih dari 80 negara. 

MDIS terletak di 501 Stirling Rd. Jika kalian berminat kuliah di MDIS, kalian harus menyiapkan dana kuliah sekitar SGD 9.500 atau Rp.104.500.000 per tahunnya. Oleh karena itu, kampus ini bisa menjadi rekomendasi kampus dengan biaya kuliah di Singapura yang murah. 

 

Baca Juga: Cek Perbedaan Kuliah di Singapura dan Australia

 

3. Nanyang Academy of Fine Arts (NAFA)

Didirikan pada tahun 1938, NAFA adalah institusi seni pertama di Singapura. NAFA menawarkan berbagai program yang unik dan kreatif. Kampus ini adalah rumah bagi banyak program seni dan desain yang unik, termasuk Desain Grafis, Fine Art, dan Fashion Design. NAFA juga menawarkan program unggulan dalam bidang Seni Pertunjukan, seperti Musik dan Teater. Bagi mereka yang memiliki minat dalam seni, NAFA adalah pilihan yang tepat. 

NAFA terletak di 80 Bencoolen St. Untuk menjadi mahasiswa di NAFA, kalian perlu membayar biaya pendidikan sekitar SGD 8.000 atau Rp.88.000.000 per tahunnya. Oleh karena itu, kampus ini juga bisa menjadi rekomendasi kampus dengan biaya kuliah di Singapura yang murah. 

4. LASALLE College of the Arts

Universitas dengan biaya kuliah di Singapura yang murah selanjutnya adalah LASALLE College of the Arts. Universitas ini didirikan pada 1984. Universitas ini juga merupakan institusi pendidikan seni terkemuka di Singapura.

LASALLE menawarkan berbagai program di bidang seni dan desain, seperti Desain Komunikasi, Desain Interior, dan Film. LASALLE juga terkenal dengan program Seni Pertunjukannya, seperti Musik, Teater, dan Tari. LASALLE adalah pilihan yang populer bagi para mahasiswa yang tertarik dengan bidang kreatif.

Terletak di 1 McNally St, LASALLE mematok biaya kuliah sebesar SGD 10.500 atau sekitar Rp. 115.500.000 per tahunnya.

5. James Cook University Singapore (JCU)

Sebagai cabang dari James Cook University di Australia, JCU Singapore didirikan pada tahun 2003. JCU Singapore menawarkan berbagai program studi yang sama dengan kampus induknya di Australia, seperti Bisnis, Psikologi, Pendidikan, dan Ilmu Lingkungan.

JCU juga memiliki program unggulan dalam bidang Ilmu Lingkungan, IT, dan Kedokteran Gigi. Sebagai satu-satunya universitas asing di Singapura yang mendapatkan status EduTrust Star, JCU menawarkan lingkungan belajar berkualitas tinggi dengan fokus pada penelitian dan belajar berbasis pada pengalaman mahasiswa.

JCU Singapore terletak di 149 Sims Drive. Untuk menjadi mahasiswanya, kalian harus membayar biaya pendidikan sebesar SGD 13.000 atau sekitar Rp. 143.000.000 per tahunnya. 

Itulah lima rekomendasi universitas dengan biaya kuliah di Singapura yang murah. Namun, hal yang menjadi catatan adalah biaya kuliah di atas merupakan perkiraan dan besarannya dapat bervariasi tergantung pada program studi dan jenjang pendidikan yang kalian pilih. Untuk informasi yang lebih detail, kalian bisa mengunjungi situs web resmi masing-masing universitas di atas, ya!

 

Baca Juga: Lihat Biaya Hidup dan Kuliah di Singapura Sekarang

 

Rekomendasi bimbingan lolos beasiswa kuliah di Singapura

Ingin bimbingan lolos beasiswa Harvard Kennedy School?  Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar kamu lebih tahu informasi selengkapnya bersama Schoters!

Butuh program lain untuk persiapan menembus beasiswa? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

kuliah di Singapura yang murah