Mau Kuliah di Jerman? Wajib Ikut Studienkolleg Dulu

Tips & Trik, 23 Sep 2022

Melanjutkan kuliah ke luar negeri merupakan impian banyak orang, termasuk kamu yang ada di Indonesia. Sejumlah negara menjadi tujuan berdasarkan faktor kualitas pendidikan, tingkat keramahan terhadap penduduk asing, hingga faktor budaya dan kuliner yang memudahkan adaptasi saat pendidikan. Jerman menjadi salah satu negara tujuan masyarakat Indonesia yang ingin melanjutkan kuliahnya.

Untuk kamu yang berminat kuliah di Jerman, harus diketahui bahwa Jerman menetapkan syarat khusus bagi warga asing jika ingin kuliah di Jerman, yaitu Studienkolleg. Lalu, apa itu Studienkolleg? Bagaimana syarat dan prosedur yang harus diikuti? Simak penjelasan lengkapnya di sini!

Studienkolleg, Persiapan Wajib Kuliah ke Jerman

Apa itu Studienkolleg? Ini adalah program kesetaraan untuk warga asing yang ingin melanjutkan pendidikannya di Jerman. Selain bertujuan untuk memastikan calon peserta didik memiliki kemampuan bahasa Jerman yang memenuhi standar, program ini juga bertujuan menyetarakan tingkat pendidikan warga asing dengan warga lokal. 

Seperti yang diketahui, masa wajib pendidikan di Jerman adalah 13 tahun, berbeda dari Indonesia yang 12 tahun. Sehingga, ada sedikit perbedaan antara kamu yang lulus dari sekolah di Indonesia dengan lulusan dari sekolah di Jerman. Lama waktu diperlukan untuk menyelesaikan Studienkolleg adalah satu tahun. Jadi, pastikan kalau kamu sudah menyelesaikan semua tingkat pendidikan dan mendapat ijazah agar fokus mengikuti Studienkolleg. 

Selain itu, terdapat dua periode studienkolleg yang dilaksanakan. Pertama adalah periode musim panas atau Sommersemester yang berlangsung pada Maret atau April, sedangkan periode kedua adalah periode musim dingin atau Wintersemester yang berlangsung dari September atau Oktober. 

          Baca juga: Mau Kuliah Di Jerman? Kamu Harus Tahu 10 Hal Tentang Jerman Ini

Jenis Kelas Studienkolleg

Terdapat tiga jenis kelas studienkolleg yang dapat kamu pilih untuk kamu ikuti selama satu tahun kedepan. Kelas tersebut diisi dengan mata pelajaran berbeda dan bahasa pengantarnya akan menggunakan Bahasa Jerman. Perlu diingat bahwa kelas yang kamu pilih harus sesuai dengan jurusan kamu kuliah nanti agar sudah terbiasa dengan istilah-istilah yang berhubungan dengan jurusan. Jenis-jenis kelas tersebut adalah sebagai berikut:

1. M-Kurs

Pada kelas ini, kamu akan belajar bahasa Jerman dan pelajaran Sains seperti Fisika, Kimia, Biologi, ditambah Matematika.

2. T-Kurs

Bahasa Jerman, Matematika, Ffisika, Kimia, dan Informatika akan jadi pelajaran yang harus kamu pelajari di kelas ini.

3. W-Kurs

Di kelas terakhir, kamu harus mempelajari bahasa Jerman, bahasa Inggris, Matematika, Ekonomi, Bisnis, dan Ilmu Sosial.

Syarat dan Ujian Masuk Studienkolleg

Setelah mengetahui apa itu Studienkolleg, penting pula diketahui bahwa sebelum mengikutinya, kamu harus bisa bahasa Jerman terlebih dahulu. Ini karena semua materi pembelajaran, mulai dari bahasa pengantar hingga ujian akhir, akan menggunakan bahasa Jerman. Oleh karena itu, kamu harus memiliki Zertifikat Deutsch(ZD) yang dikeluarkan oleh lembaga bahasa Goethe Institut. Dengan memiliki sertifikat ini, kamu diakui telah menguasai bahasa Jerman secara dasar.

Setelah mendapat sertifikat kemampuan bahasa Jerman dan siap mengikuti Studienkolleg, kamu bisa mendaftar dan menunggu surat ujian masuk atau Aufnahmeprüfung. Di sini, kamu harus bersaing dengan seluruh peserta Aufnahmeprüfung dari seluruh dunia dan hanya peringkat tertinggi yang akan lulus. Jika sudah lulus ujian masuk, kamu akan masuk ke waiting list dan menunggu tempat yang kosong.

Pelaksanaan Studienkolleg di Indonesia

Nah, pelaksanaan Studienkolleg biasanya dilakukan di Jerman sehingga nantinya kamu harus berangkat dan tinggal selama satu tahun di Jerman selama periode Studienkolleg. Namun, jangan khawatir. Terdapat Studienkolleg di Indonesia yang bekerja sama dengan Universitas Hannover sehingga kamu bisa melakukan Studienkolleg di Indonesia, tepatnya di Jakarta dengan periode belajar yang lebih cepat, yaitu sembilan bulan.

           Baca juga: Ingin Cepat Mahir Bahasa Jerman? Simak 7 Tips Ini

Rekomendasi Kursus Bahasa Jerman Terpercaya

Untuk lulus dari ujian masuk Studienkolleg dan mewujudkan impian kuliah di Jerman, tentu akan jadi tantangan yang berat. Karena itu, kamu harus memiliki persiapan yang cukup dan pengetahuan bahasa Jerman yang lebih. 

Dengan tutor yang yang berpengalaman serta kelas online yang memudahkan kamu untuk bimbingan di mana pun dan kapan pun, kamu akan mendapatkan pemahaman yang baik untuk mempersiapkan ujian masuk Studienkolleg

Informasi lengkap mengenai German Academy dan kelas persiapan lainnya bisa Hunters dapatkan di sini, ya.

studienkolleg