Surat Rekomendasi LPDP 2024: Format dan Cara Mendapatkannya

Surat rekomendasi menjadi salah satu persyaratan mengikuti seleksi beasiswa LPDP. Dalam pengumumannya, surat rekomendasi LPDP wajib diberikan oleh 2 orang yang benar-benar mengenal kandidat pendaftar LPDP. Meskipun surat rekomendasi bersifat rahasia, namun ada juga pemberi rekomendasi yang meminta kandidat menuliskan draf rekomendasi untuk kemudian dikoreksi dan diberikan kepada pihak LPDP oleh pemberi rekomendasi.

Pada dasarnya, surat rekomendasi berisi pernyataan bahwa pemberi rekomendasi merekomendasikan pendaftar beasiswa LPDP untuk diterima atau mendapatkan beasiswa LPDP beserta alasan-alasan penguat (termasuk contoh). Surat rekomendasi yang dibuat memuat penjelasan mengapa pendaftar LPDP adalah kandidat yang cocok. Alasan-alasan yang dikemukakan dapat berupa kelebihan/kekuatan kandidat serta kualifikasi yang kandidat miliki.

Surat rekomendasi ini dapat dinamai pula dengan reference letter, reference report, letter of recommendation, letter of reference, dan lain sebagainya. Meskipun tidak ada format khusus, namun terdapat beberapa hal kunci yang dapat Hunters tulis dalam draf surat rekomendasi agar mendapatkan perhatian dari panelis LPDP.

 

Cara mendapatkan surat rekomendasi LPDP

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meminta beberapa orang memberikan atau menulis surat rekomendasi untuk pendaftar LPDP. Berikut adalah cara-caranya :

1. Cek panduan pendaftaran LPDP

Cara pertama adalah dengan mengecek buku panduan pendaftaran LPDP atau mengunjungi website resmi beasiswa LPDP untuk mencari tahu format surat rekomendasi yang bisa digunakan. Surat rekomendasi dapat diunduh melalui halaman ini.

2. Coba meminta dosen pembimbing skripsi

Dosen pembimbing skripsi bisa dibilang sebagai salah satu dosen atau orang yang mengenal kamu paling lama. Hal ini karena Hunters telah berproses lama dalam penulisan skripsi. Untuk alasan inilah, dosen pembimbing alias dosbing dapat menjadi calon kuat untuk menjelaskan kekuatan dan kelebihan akademik pendaftar beasiswa LPDP.

3. Cari alternatif dosen lain

Biasanya, LPDP mewajibkan 2 surat rekomendasi. Untuk ini, ada baiknya kamu meminta kepala program studi, jurusan, atau dosen lain yang pernah mengajar dan mengenal kamu dengan baik.

Jika pernah melakukan penelitian bersama, ada baiknya Hunters juga meminta dosen tersebut untuk menjelaskan secara detail dalam surat rekomendasi tentang opini beliau terkait kecakapan Hunters dalam melakukan penelitian.

4. Mintalah kesediaan para pemberi rekomendasi dengan baik

Hunters bisa mulai dengan mengirimkan email atau pesan melalui WhatsApp untuk meminta kesediaan para dosen tersebut. Komunikasikan dengan baik mengenai alasan Hunters memilih mereka sebagai pemberi rekomendasi dan berikan jangka waktu agar mereka dapat mengatur jadwal untuk menulis surat rekomendasi.

 

Tertarik dengan beasiswa LPDP dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

 

Baca Juga : Simak Tahapan Seleksi LPDP Disini!

 

Format surat rekomendasi LPDP

Jika Hunters ingin mendapatkan gambaran yang jelas tentang format surat rekomendasi LPDP beserta isinya, perhatikan contoh di bawah ini. Gantilah isian dalam tanda kurung siku ([…]) kemudian sesuaikan dengan keadaan dan kecakapan Hunters atau pemberi rekomendasi.

 

[Alamat pengirim surat]

[Tanggal]

Kepada Yth,

Panitia Seleksi Beasiswa LPDP

Kementerian Keuangan Republik Indonesia

Gedung Djuanda I Lt. 8

Jl. Dr. Wahidin Raya No.1, Jakarta Pusat

10110

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

 

[Nama Lengkap]

[Jabatan/Posisi]

[Alamat Kantor/Institusi]

[Nomor Telepon]

 

Dalam kapasitas saya sebagai [Hubungan dengan Pelamar, misalnya: supervisor, dosen pembimbing, atasan langsung], dengan ini memberikan rekomendasi bagi [Nama Pelamar] untuk mendapatkan beasiswa LPDP dalam program studi [Nama Program Studi] di [Nama Universitas].

Sebagai [Hubungan dengan Pelamar], saya telah bekerja sama dengan [Nama Pelamar] selama [Durasi Kerja/Sekolah/Bekerja Sama] dan telah melihat kemampuan akademik dan potensinya sebagai [Bidang/Jurusan]. Saya juga telah membimbing [Nama Pelamar] dalam [Judul Tesis/Skripsi/Proyek, jika ada] yang menunjukkan kemampuan penelitian dan analisis yang baik.

Saya yakin bahwa [Nama Pelamar] memiliki kemampuan akademik dan kepemimpinan yang kuat serta potensi untuk memberikan dampak positif dalam bidang [Bidang yang diminati Pelamar] di Indonesia. Oleh karena itu, saya merekomendasikan [Nama Pelamar] untuk mendapatkan beasiswa LPDP agar dapat mengembangkan potensi dirinya serta memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara.

Demikian rekomendasi ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan semoga dapat menjadi pertimbangan bagi panitia seleksi LPDP.

 

Hormat saya,

 

[Nama Lengkap]

[Jabatan/Posisi]

[Alamat Kantor/Institusi]

[Nomor Telepon]

 

surat rekomendasi lpdp

 

Baca Juga : Jangan Sampai Ketinggalan! Simak Info Lengkap Beasiswa LPDP disini

 

Cara mengunggah surat rekomendasi LPDP

Surat rekomendasi dapat disampaikan melalui dua cara, yaitu:

1. Mengunggah surat rekomendasi melalui Online Form yang disampaikan dengan cara menginput data pemberi rekomendasi pada aplikasi pendaftaran yang terdiri dari nama perekomendasi, instansi, jabatan, email aktif dan nomor handphone. Selanjutnya, LPDP akan mengirimkan email kepada perekomendasi untuk mengisikan rekomendasi yang kemudian dikirimkan kepada LPDP.

2. Mengunggah surat rekomendasi melalui Offline Form (mengunggah file) yang disampaikan dengan cara mengunggah dokumen pada aplikasi pendaftaran serta mengisikan data bulan dan tahun surat tersebut ditandatangani.

 

Rekomendasi bimbingan persiapan beasiswa LPDP

Ingin lolos beasiswa LPDP? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan beasiswamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan beasiswa LPDP? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)