Info Lengkap Tes TOEFL

Suatu lembaga yang bernama Educational Testing Service (ETS) di Amerika Serikat membuat dan mengembangkan tes TOEFL generasi pertama pada tahun 1963. Biasanya, tes ini digunakan oleh institusi yang berasal dari Amerika Serikat atau Kanada. Dengan demikian, bahasa yang digunakan dalam tes ini adalah bahasa Inggris Amerika atau American English.

Tes TOEFL bertujuan untuk mengukur kemampuan membaca, tata bahasa, dan menulis dalam bahasa Inggris. Selain itu, TOEFL digunakan untuk menilai kemampuan mendengarkan seseorang mengenai uraian dalam bahasa Inggris. Bagian-bagian dari tes ini juga beragam. Beberapa di antaranya, seperti grammar structure and written expression, listening comprehension, reading comprehension, dan writing.

Jenis–jenis Tes TOEFL

Sejak tes TOEFL dikembangkan, tes ini telah mengalami evolusi dari tahun ke tahun. Oleh sebab itu, format dalam tes ini telah mengalami perubahan dalam skor dan atau hasil nilai. TOEFL memiliki tiga jenis, yakni TOEFL Paper Based Test (PBT), TOEFL Computer Based Test (CBT), TOEFL Institutional Testing Program (ITP) dan TOEFL Internet Based Test (IBT).

1. TOEFL Paper Based Test (PBT)

TOEFL PBT merupakan salah satu tes yang terkenal dan banyak diselenggarakan oleh institusi pendidikan, lembaga kursus hingga lembaga khusus di Indonesia. Peserta yang mengikuti tes ini akan diberikan lembar soal jawaban yang akan diisi menggunakan pensil dan jawaban akan diperiksa menggunakan alat khusus. Aspek-aspek yang akan dinilai dalam tes TOEFL PBT termasuk listening, structure and written expression, reading comprehension, dan writing.

2. TOEFL Computer Based Test (CBT)

TOEFL CBT merupakan tes yang memiliki struktur penilaian meliputi listening, structure and written expression, reading comprehension, dan writing. Akan tetapi, sesuai dengan namanya, peserta akan mengerjakan tesnya di komputer. Pengerjaan tes TOEFL CBT memerlukan waktu selama 4 (empat) jam.

3. TOEFL Institutional Testing Program (ITP)

TOEFL ITP merupakan tes yang digunakan untuk syarat lulus kuliah atau lulus dalam tahap beasiswa, maupun melamar pekerjaan ke perusahaan-perusahaan tertentu. Namun, kekurangannya adalah tidak diakui internasional.

Oleh karena itu, seseorang yang menggunakan tes ini tidak bisa digunakan untuk studi atau bekerja di luar negeri. Aspek – aspek yang dinilai dalam TOEFL ITP tergolong lebih mudah dibanding yang lain, yaitu listening comprehension, reading, dan structure and written expression.

4. TOEFL Internet Based Test (IBT) 

TOEFL IBT merupakan tes yang memegang lisensi TOEFL berkedudukan di Amerika Serikat. Aspek – aspek yang dinilai adalah listening, reading, writing, dan speaking. Namun, sesuai dengan namanya, TOEFL IBT dilakukan melalui internet sehingga orang yang menjalani tes ini akan melakukannya melalui komputer yang terhubung dengan internet.

 

Baca Juga: Simak Struktur Tes TOEFL untuk Setiap Jenis Tes Di sini!

 

Persiapan Tes TOEFL

Setelah kamu mengetahui berbagai macam jenis tes TOEFL, langkah yang perlu kamu ikuti adalah mempersiapkan tesnya dengan baik. Berikut ini 3 tips persiapan tes TOEFL:

  1. Siapkan soal-soal beserta pembahasannya. Hal ini akan memudahkan kamu ketika ujian tes TOEFL akan datang, sehingga kamu akan terbiasa menghadapi soal-soal tersebut. 
  2. Eksplorasi kemampuan bahasa Inggris secara mendalam, seperti mendengarkan radio, lagu, atau menonton film yang menggunakan bahasa Inggris. 
  3. Tingkatkan perbendaharaan vocabulary. 
  4. Uji kemampuan dengan mengikuti tes persiapan TOEFL.

 

Ingin mendapatkan skor TOEFL maksimal? Persiapkan TOEFL kamu dengan tutor expert lulusan kampus top dunia di Schoters.

Silakan klik tombol “Konsultasi Kelas Persiapan TOEFL” di bawah ini dan bisa tanya apa pun sebelum bimbingan 👇

Konsultasi Kelas Persiapan TOEFL

 

 

Lembaga penyelenggara Tes TOEFL

Jika kamu telah mempersiapkan tes dengan matang, kamu juga perlu memperhatikan tempat tes yang akan kamu tuju. Tidak semua tempat kursus dan tes TOEFL dapat memberikan hasil dan kualitas terbaik. Oleh karena itu, berikut beberapa tempat tes TOEFL yang baik beserta biayanya:

1. British Council

British Council merupakan tempat kursus dan tes TOEFL yang ditunjuk langsung oleh ETS. Harga yang ditawarkan sebesar Rp 2.900.000/bulan. Fasilitas yang diperoleh adalah mendapatkan akses limit ke Road to IELTS’s Last Minutes Course, latihan tes secara gratis, memberikan dukungan melalui pemberian video, buku, hingga kelas secara online. Serta lokasi dan tanggal tes yang fleksibel hingga mendapatkan lima test report forms atau TRF secara gratis.

2. International Education Specialist (IDP)

IDP merupakan tempat tes yang masuk dalam salah satu lembaga ETS. IELTS memerlukan biaya Rp 2.900.000. Lalu ada kelas IELTS for UKVI dengan biaya yang dibebankan adalah Rp 3.800.000. Terakhir ada kelas IELTS Life Skill yang diberlakukan biaya sebesar Rp 3.000.000.

Fasilitas yang diberikan adalah jaringan yang luas dengan melakukan kerjasama lebih 700 universitas. IDP juga memiliki konselor yang akan membantu menjalankan studi ke luar negeri. Serta, akan memberikan bantuan para siswanya mendapatkan kelulusan di universitas tujuan.

3. International Test Center (ITC)

ITC merupakan tempat tes yang diadakan selama setiap sebulan sekali atau di akhir pekan. biaya yang ditawarkan oleh ITC terbilang bervariatif. Sebab ITC sendiri menyediakan banyak kelas yang berhubungan dengan kemampuan bahasa Inggris.

Namun perkiraan harga kelas dari ITC adalah sekitar Rp 2.900.000. Jika kamu akan memilih tempat tes TOEFL disini, kamu akan diberikan banyak pilihan jadwal tes, dapat mendaftar secara online, dapat mengecek skor online dan banyak pilihan lokasi diberbagai daerah Indonesia.

 

Baca Juga: Ingin Belajar untuk Persiapan TOEFL Secara Mandiri? Simak Tipsnya Di sini

 

Rekomendasi bimbingan persiapan TOEFL di Schoters

Butuh bimbingan TOEFL terpercaya? Ikuti kelas persiapan TOEFL by Schoters. Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Tes TOEFL