9 Tips Belajar TOEFL Otodidak, Mudah dan Efektif

Saat ini, sertifikat TOEFL dibutuhkan untuk berbagai keperluan seperti syarat kelulusan sarjana, syarat melamar pekerjaan, dan lain sebagainya. Tes TOEFL dirancang untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris orang yang tidak berbahasa Inggris dengan menguji kemampuan menulis, membaca, dan mendengar mereka.

Namun bagi sebagian orang, tes ini termasuk tes yang sulit terutama bagi yang kemampuan bahasa Inggrisnya belum di atas rata-rata. Tanpa persiapan, tentu akan sulit bagi kita untuk mengerjakannya. Berikut 9 tips cara belajar TOEFL otodidak tanpa bimbingan atau kursus.

 

1. Kenali Berbagai Jenis Pertanyaan dan Instruksi

Pertama, yang bisa dilakukan adalah membiasakan mengenali berbagai jenis pertanyaan. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengambil banyak tes latihan. Hunters juga harus membiasakan diri dengan berbagai jenis instruksi, serta tenggat waktu yang diberikan untuk menyelesaikan setiap bagian tes.

Sehingga akan lebih mudah bagi Hunters untuk mendapat skor tinggi terutama pada bagian Reading dan Structure. Melakukan tes tanpa mengikuti instruksi dengan benar adalah cara yang pasti untuk kehilangan nilai.

2. Gunakan Waktu Sebaik-Baiknya

Tips berikutnya yang dapat kita lakukan adalah menggunakan waktu secara efektif. Kemampuan Hunters dalam manajemen waktu sangatlah penting. Sebelum memulai, tentukan berapa banyak waktu yang dapat dihabiskan untuk menjawab setiap pertanyaan. Jangan melebihi batas waktu yang telah Hunters tetapkan sendiri.

Selain itu, jangan buang waktu untuk pertanyaan yang terlalu sulit. Misalnya, dalam 5 menit dapat memilih untuk menjawab 3 pertanyaan mudah atau 1 pertanyaan sulit, Hunters tentu tahu mana yang harus dipilih karena semua pertanyaan memiliki bobot yang sama. Luangkanlah waktu untuk mendapatkan poin sebanyak mungkin.

 

3. Fokus pada Grammar dan Kosakata

Jangan lupa, tes TOEFL mengukur tingkat kemampuan bahasa Inggris. Tes ini mengukur tingkat kosakata (vocabularies) dan grammar Hunters. Untuk hal ini, yang bisa Hunters lakukan adalah menambah kosakata setiap hari. Cara terbaik untuk menambah kosakata adalah dengan menuliskan kata-kata dan kemudian mengaktifkannya dalam memori dengan menggunakannya dalam kalimat.

Tes TOEFL mengukur pemahaman tentang kosakata dalam konteks. Jadi gunakan kamus online atau offline untuk mencari tahu apa arti kata tertentu dan contoh penggunaannya dalam kalimat.

 

4. Kemampuan Reading dan Listening

Di dalam soal TOEFL, terdapat 3 bagian yang akan diujikan, dua diantaranya adalah Listening dan Reading. Untuk skills ini, cara belajar TOEFL otodidak adalah dengan membaca berita atau artikel online dan dengan mendengarkan podcast atau kuliah, berbahasa Inggris tentunya. Belajarlah mengenali tanda-tanda yang menunjukkan lokasi informasi penting dalam sebuah artikel atau podcast. Misalnya, menemukan ide topik, makna tersirat dan tersurat, dan lainnya.

 

5. Latihan Membuat Catatan

Selanjutnya, kita perlu belajar bagaimana membuat catatan dengan singkat dan cepat saat melakukan tes Listening dan Reading. Belajar mengenali kata kunci dengan cepat juga akan sangat membantu. Garis bawahi kata-kata kunci yang mengarah pada jawaban yang benar.

Ingat, jangan tulis setiap kata karena cara tersebut akan membuang-buang waktu dan juga tidak efektif. Ambil hanya kata-kata tertentu seperti kata benda, kata kerja dan kata keterangan. Nama dan nomor juga merupakan hal penting yang harus dicantumkan dalam catatan. Gunakan simbol dan singkatan yang mudah dipahami.

  Baca Juga : Kenali TOEFL iBT yang Perlu Kamu Ketahui!

6. Tetap Berpikir Positif dan Fokus

Tips lainnya adalah belajar menggunakan emosi negatif untuk mencapai tujuan positif. Stres bisa menjadi faktor motivasi yang sangat berguna. Jika stress, Hunters dapat menggunakan emosi ini untuk memotivasi diri sendiri dan tetap fokus pada tujuan. Tetapi terlalu banyak tekanan juga tidak baik.

Hunters tidak akan percaya diri menunjukkan kemampuan bahasa Inggris yang maksimal jika sangat stres sehingga tidak bisa fokus. Jadi, belajarlah untuk menjaga keseimbangan emosi dan menggunakannya untuk membantu supaya tidak menghambat kemajuan.

7. Tingkatkan Latihan Belajar TOEFL Otodidak

Sayangnya, tidak ada jalan pintas. Berlatih dan berlatih adalah cara belajar TOEFL otodidak yang sangat efektif. Meskipun semua orang bermalas-malasan di bawah sinar matahari, minum latte di kafe, atau mengunyah makanan ringan di warung, Hunters tetap harus belajar dan berlatih mengerjakan TOEFL.

Semakin banyak berlatih, semakin tinggi skor yang dapat dicapai. Tetapi juga perlu pandai mengatur waktu, uang, tenaga dan material. Jangan buru-buru mengambil tes. Jangan berpuas diri. Hunters perlu berkomitmen untuk mempersiapkan diri semaksimal dan seintensif mungkin. Buatlah rencana belajar dan ikuti setiap langkahnya.

Luangkan waktu dalam seminggu untuk mengikuti tes latihan. Kemudian luangkan lebih banyak waktu untuk meningkatkan kemampuan kosakata serta grammar. Ikuti tes simulasi dan atur waktu seolah-olah ini adalah hari ujian. Jangan menggunakan bantuan apapun seperti kamus ataupun smartphone.

Gunakan timer untuk mengatur waktu mulai dan selesai tes. Jika merasa gugup, bagus! Merasa gugup justru hal yang baik, itu membuat Hunters tetap terjaga. Berlatih menjadi gugup dan menjadi kebal terhadap stres. Ini akan memaksimalkan kinerja pada hari ujian yang sebenarnya.

 

8. Menjaga Keseimbangan Emosi

Pahami juga bahwa Hunters tidak bisa berhasil pada percobaan pertama tes TOEFL. Jadi, belajarlah untuk menjaga keseimbangan emosi. Tetap pastikan bahwa kamu sudah cukup berlatih dan terbiasa dengan ujian yang akan kamu hadapi. Pada hari ujian, pertahankan rutinitas ini. Ingatlah waktu yang sudah kamu habiskan untuk berlatih. Inilah saatnya untuk menunjukkan hasilnya.

 

9. Turn Your Weaknesses Into Strengths!

Coba identifikasi sisi lemah yang kamu miliki dalam materi TOEFL, Misalnya, kamu merasa titik lemahmu adalah materi listening. Maka, Hunters perlu bekerja lebih keras untuk memperbaikinya. Kamu bisa mencoba untuk lebih sering menonton berita, serial atau film berbahasa Inggris serta mendengarkan lagu dan podcast berbahasa Inggris.

Jika kelemahan Hunters ada dalam reading, maka kamu bisa meningkatkannya dengan cara memperkaya vocabulary. Intinya, maximize yourself! Jangan berikan batasan pada dirimu karena jika terus berusaha, kamu bisa terus berkembang!

Baca Juga : Intip TOEFL ITP dan Skor Penilaiannya

Untuk informasi lengkap seputar kursus bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya di Schoters.

Pendaftaran TOEFL iBT dan ITP

Mulai dari kelas persiapan, materi prediksi, hingga tes TOEFL bisa kita ikuti di Schoters.

Untuk informasi lebih lengkap tentang Schoters atau jadwal ujian lainnya, Hunters bisa tanya di sini. Semoga bermanfaat.

 

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)