5 Tips IELTS untuk Beasiswa LPDP Agar Nilaimu Melejit Tinggi!

bahasa inggris, 14 Nov 2022

IELTS atau International English Language Testing System adalah kemampuan bahasa Inggris yang dibutuhkan untuk mendaftar pendidikan di luar negeri. Tidak hanya itu saja, bagi Hunters yang ingin memperoleh beasiswa pun, memerlukan sertifikat bahasa seperti IELTS. Contohnya saja beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Bagi pendaftar beasiswa reguler untuk melanjutkan program master dalam negeri, harus memiliki sertifikat IELTS minimal 6,0. Sedangkan pendaftar reguler magister luar negeri, IELTS yang dibutuhkan minimal 6,5. Untuk pendaftar beasiswa reguler doktor dalam negeri skor minimal IELTS adalah 6,0 dan program doktor luar negeri skor minimalnya adalah 7,0.

Meski sudah mengetahui bahwa sertifikat bahasa merupakan persyaratan yang harus dipersiapkan, tapi nyatanya masih banyak peserta tes yang mengalami kegagalan. Akibatnya, harus mengulang kembali tes kemampuan bahasa untuk memenuhi skor minimum atau bahkan sampai harus menunda pendaftaran beasiswa/universitas yang dituju. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempersiapkan dengan maksimal dan belajar sebelum mengikuti tes IELTS. Yuk simak tips berikut ini:

1. Memperkaya Kosakata Bahasa Inggris

Mempelajari kosakata dapat dilakukan dengan membaca kamus bahasa Inggris seperti Cambridge Advanced Dictionary atau Oxford Dictionary. Proses memperkaya kosakata juga perlu mengacu pada berbagai topik keilmuan, konteks, sinonim, antonim, dan cara penggunaannya. Jadi selain mengetahui arti dalam sebuah kata, dapat juga memahami penggunaan kata tersebut.

2. Mendalami dan Latihan Soal Grammar

Kemudian ketika mempelajari tata bahasa atau grammar, Hunters perlu memahami dasar-dasar grammar dan harus mendalaminya dengan melakukan latihan soal. Semakin banyak latihan soal, semakin Hunters paham dengan pola soal yang ada dan mungkin untuk ditanyakan. Banyak loh materi latihan IELTS yang tersebar di internet. Silakan dicari dan dipelajari ya.

3. Evaluasi Reading and Listening

Adapun persiapan untuk tes IELTS bagian reading dan listening dapat dilakukan dengan latihan soal dan evaluasi secara teratur. Hal tersebut perlu, karena proses penilaian pada sesi itu dilakukan secara objektif, langsung, dan terukur. Sehingga evaluasi dapat dilakukan sendiri setiap kali selesai mengerjakan latihan soal. 

              Baca juga: Penjelasan Lengkap Perbedaan TOEFL, IELTS, dan TOEIC

4. Berlatih ‘Speaking’ dengan Teman

Hunters harus melakukan tes speaking tatap muka secara perorangan bersama salah satu penguji IELTS bersertifikasi. Oleh karena itu, sedini mungkin Hunters harus berlatih bicara dengan bahasa Inggris untuk memperlancar kemampuan speaking. Triknya, kamu bisa janjian dengan teman-teman atau orang-orang terdekat untuk saling menyapa, bertanya jawab, dan berdiskusi dalam bahasa Inggris.

Berbicara dalam bahasa Inggris memang sering dianggap sebagai momok untuk banyak orang Indonesia, karena kita pasti pernah merasa takut salah atau terdengar aneh. Meskipun begitu, Hunters harus tetap berusaha mencoba dan berlatih. Jika ada kata-kata yang terdengar janggal saat diucapkan, cobalah browsing mengenai cara-cara mengeja yang benar dan meniru cara bicara orang Inggris, Amerika Serikat, Australia, Kanada, atau bahkan Selandia Baru dari video YouTube dan sebagainya.

Semakin sering Hunters berusaha berbicara dalam bahasa Inggris, lama kelamaan kepercayaan diri semakin meningkat. Seterusnya, kepercayaan diri ini akan menjadi batu loncatan untuk semakin jago berbahasa Inggris. Selain berlatih bicara secara langsung, Hunters juga bisa memanfaatkan musik untuk menguji kemampuan listening sekaligus speaking. Pelajarilah lirik lagu kesukaan Hunters dan hafalkan kata-katanya.

5. Berlatih Menulis dalam Bahasa Inggris

Menempatkan kata-kata yang tepat ke dalam konteks yang tepat adalah kunci pada bagian writing. Mulailah membaca sebanyak mungkin untuk memperkaya kosakata Hunters. Perhatikan kata-kata yang tidak diketahui dan pelajari contoh soal menulis yang akan diujikan nanti. Saat mempelajari kosakata baru, ambil kesempatan ini untuk menulis dan membentuk kalimat secara konsisten dengan jumlah kata yang diperlukan untuk tes IELTS. Hal ini akan membantu meningkatkan kecepatan menulis Hunters dan memastikan jawaban tetap berada dalam zona jumlah kata yang diperlukan.

Tips Bonus buat Hunters

Ingat bahwa konsistensi adalah kunci kesuksesan. Dimulai dari meningkatkan kosa kata dengan membaca berbagai topik dalam bahasa Inggris, berlatih speaking dalam bahasa Inggris setiap hari, serta mengerjakan soal-soal tes IELTS sebelum ujian merupakan cara terbaik yang dapat Hunters lakukan.

Info Beasiswa LPDP

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia menyediakan beasiswa untuk warga negara Indonesia lulusan D-4/S-1 dan S-2 yang hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang S-2 dan S-3. Beasiswa tersebut dikenal dengan nama Beasiswa LPDP.  Beasiswa ini merupakan beasiswa penuh yang membiayai biaya kuliah dan biaya lainnya termasuk biaya tempat tinggal untuk menunjang kelancaran studi di berbagai universitas di berbagai negara. 

Kategori Beasiswa

LPDP menyediakan tiga skema utama beasiswa di mana masing - masing skema utama terbagi lagi menjadi beberapa kategori, sebagai berikut:

  1.   Reguler (umum): Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD), Beasiswa Reguler, dan Beasiswa Co-funding
  2. Afirmasi: Beasiswa Putra-Putri Papua, Beasiswa Daerah Afirmasi, Beasiswa Penyandang Disabilitas, dan Beasiswa Prasejahtera
  3. Targeted: Beasiswa Pendidikan Kader Ulama; Beasiswa PNS, TNI, dan POLRI; Beasiswa Kerja Sama Bidang Metalurgi dan Sains Material; dan Beasiswa Kewirausahaan

Beasiswa ini biasa dibuka 2 kali tiap tahunnya. Gelombang 1 dibuka pendaftarannya di bulan Februari dan gelombang 2 dibuka pendaftarannya di bulan Juli. 

               Baca juga: Serba-serbi Tes IELTS untuk Persiapan Beasiswa dan Pekerjaan

Rekomendasi Kursus Bahasa Inggris Terpercaya

Mengingat pentingnya bahasa Inggris di era modern sekarang, sudah saatnya kamu meluangkan waktu untuk mempelajari dan menguasainya. Agar hasil belajarnya maksimal, kamu bisa ikut kursus bahasa Inggris yang berkualitas baik seperti Schoters. Apa pun keperluanmu, baik untuk kuliah di luar negeri, tes IELTS, hingga kebutuhan bisnis, tersedia kelas bahasa Inggris yang tepat untukmu di Schoters. 

Jika Hunters tertarik dengan kursus bahasa Inggris atau kelas bahasa asing lainnya di Schoters, silakan klik di sini.

persiapan beasiswa luar negeri