8 Tips Penting untuk Tingkatkan Skor IELTS Speaking

Tips & Trik, 16 Sep 2022

Speaking test merupakan komponen yang diujikan dalam tes IELTS. Memangnya, apa saja topik IELTS speaking? Tes ini terbagi menjadi 3 bagian. Pertanyaan bagian 1 akan membahas seputar diri kamu, seperti tempat bekerja atau belajar, keluarga, sampai cita-cita kamu. Lalu, bagian 2 membicarakan topik tertentu sesuai kartu tugas yang didapatkan. Selanjutnya, bagian 3 dilakukan untuk melihat kemampuan kamu berkomunikasi secara interaktif tentang topik pada bagian sebelumnya.

Tips Meningkatkan IELTS Speaking

Tersedia waktu 11-14 menit untuk membuktikan bahwa peserta tes bisa berbicara dalam bahasa Inggris. Kamu mungkin merasa was-was saat tahu harus melalui tes berbicara dalam bahasa Inggris. Tenang saja, dengan delapan tips penting ini, kamu bakal punya amunisi buat meningkatkan skor tes speaking ketika mengambil IELTS.

          Baca Juga: Kriteria Skor Bedasarkan Band IELTS

  1. Dengarkan pertanyaan dengan saksama

Fokuskan dirimu saat mendengar pertanyaan. Pastikan kamu tidak salah tangkap. Jika perlu, kamu bisa sekali-kali menyampaikan ulang pertanyaan agar jawaban tidak melenceng dari topik pembahasan. Lagi pula, situasi IELTS speaking digambarkan sebagai percakapan biasa antara dua orang. Jadi, usahakan untuk tetap rileks, ya!

  1. Hindari memakai kosakata yang sulit

Mungkin kamu berniat membuat penguji terkesan dengan penggunaan kosakata yang kompleks. Ini malah bisa menjadi bumerang buatmu, lho. Sebaiknya, pakailah kata-kata yang akrab dengan dirimu. Dengan begitu, peluang terjadinya kesalahan konteks atau makna kosakata jadi lebih sedikit.

  1. Gunakan struktur grammar yang beragam

Mengapa hal ini disarankan? Variasi struktur grammar sangat penting karena interviewer menilai apakah kamu pandai menerapkan macam-macam grammar yang berbeda dalam berbicara. Untuk memperdalam pengetahuan grammar, kamu bisa memilih kelas IELTS dari Schoters yang menyediakan kelas interaktif agar kamu dan peserta lain bisa latihan.

  1. Kalau perlu, mintalah waktu untuk berpikir

Tidak ada salahnya berpikir sejenak supaya mampu memberikan jawaban terbaik. Native speakers juga kadang-kadang membutuhkan waktu untuk memproses pertanyaan atau informasi. 

Ada beberapa contoh kalimat yang bisa kamu jadikan referensi. Misalnya, “That is an interesting question..,” atau “Let me think about that for a minute.” Jangan sampai hanya bergumam atau diam ketika perlu sedikit waktu untuk berpikir.

  1. Kembangkan jawabanmu

Jawaban yang pendek tidak akan membuat penguji tahu kemampuan kamu menggunakan bahasa Inggris. Tunjukkan bahwa kamu mahir dengan memberikan jawaban yang panjang. Kembangkan ide pokok dari jawaban agar penguji menilai bahwa kamu bisa membahas topik secara detail dalam bahasa Inggris. Pada akhir jawaban, berikan juga kesimpulan yang relevan.

Jika ragu mengembangkan jawaban, ada persiapan yang bisa kamu lakukan. Biasakan melakukan analisis untuk membangun spekulasi tentang topik tertentu. Siapkan juga beberapa kalimat agar kamu mempunyai acuan dalam menyusun jawaban. Mulai dari awal jawaban, penyampaian inti pemikiran, hingga penutup.

Banner L _ Mau Lolos Beasiswa LN_-3

  1. Jangan khawatir soal aksen bicara kamu!

Tes ini dilakukan untuk menguji kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Asal kamu bisa menyusun kalimat dengan baik, interviewer akan paham ketika mendengar jawaban yang kamu keluarkan.

Namun, kamu juga perlu latihan untuk melafalkan kata-kata tertentu yang lebih sulit. Latih pelafalan kata dengan merekam dan mendengar dirimu sendiri berbicara atau melakukan percakapan dengan orang lain. Jadi, kamu bisa memastikan lawan bicara mudah memahami apa yang kamu katakan.

  1. Perhatikan nada dan intonasi suara 

Hindari penyampaian yang monoton saat speaking test. Gunakanlah penekanan supaya inti kalimat terdengar jelas. Latih juga pemenggalan kata untuk memberikan variasi pembicaraan. Selain itu, kamu pun dipersilakan menerapkan gestur tangan yang bisa membantu aksentuasi percakapan.

  1. Ikut kelas khusus persiapan IELTS speaking 

Pastikan kamu benar-benar siap menghadapi IELTS speaking. Walau merasa yakin sudah pandai berbahasa Inggris, peluang nilai tinggi akan meningkat jika mengikuti kelas persiapan intensif.

          Baca Juga: Tes IELTS Prediction Gratis

Rekomendasi Kursus IELTS Terbaik

Yuk, bekali dirimu dengan mendaftarkan diri di kelas IELTS Grouping dari Schoters! Dalam program ini, kamu bisa fokus belajar berdasarkan masing-masing section IELTS (reading, listening, writing, dan speaking) dengan maksimal 6 peserta per grup. Kamu tidak perlu khawatir karena kelas tersebut diadakan secara online dan interaktif. Sehingga, kamu pun bisa menyesuaikan untuk belajar kapan pun dan di mana pun.

Nervous menghadapi IELTS speaking test merupakan hal yang wajar, apalagi kamu memang bukan seorang native speaker. Namun, lolos tes speaking IELTS sama sekali tidak mustahil, kok. Kuncinya adalah tetap tenang dan menerapkan berbagai tips di atas. Good luck!

bimbingan kuliah luar negeri