8 Tips Meningkatkan Skor IELTS dalam Waktu Singkat

Memiliki sertifikat IELTS sangat penting karena itu adalah bukti resmi kemampuan bahasa Inggris yang diakui secara internasional, termasuk syarat masuk ke universitas luar negeri. 8 tips meningkatkan skor IELTS dalam waktu singkat ini akan menjadi penyelamat kalian ketika kalian butuh sertifikat ini segera namun karena kesibukan atau alasan lain kalian tidak punya waktu yang cukup untuk mempelajari seluruh materi dengan detail. 

 

Skor IELTS

IELTS memiliki rentang skor antara 0 hingga 9. Skor IELTS digunakan untuk menggambarkan tingkat kemampuan bahasa Inggris seseorang. Rentang skor tersebut terdiri dari skor keseluruhan (Overall Band Score) dan skor untuk setiap bagian tes (Listening, Reading, Writing, dan Speaking). 

Skor tertinggi yang dapat dicapai dalam IELTS adalah 9, yang menunjukkan bahwa seseorang memiliki tingkat kemampuan bahasa Inggris yang sangat mahir dan mendekati keaslian penutur asli. Skor IELTS yang diperoleh akan memberikan gambaran tentang tingkat kemampuan berbahasa Inggris seseorang dan digunakan oleh lembaga pendidikan, pemberi beasiswa, serta perusahaan sebagai acuan dalam pengambilan keputusan.

 

Durasi persiapan tes IELTS

Persiapan yang matang memang dibutuhkan sebelum mengikuti tes IELTS. Waktu yang dibutuhkan untuk mematangkannya pun tak jarang membutuhkan waktu yang lama. Namun hal ini tidak berarti persiapan singkat tidak akan memberikan hasil maksimal.

Hasil yang maksimal dapat kalian raih dalam waktu singkat tergantung pada seberapa intensif dan seriusnya kalian dalam belajar. Ada peserta tes IELTS yang hanya butuh waktu satu bulan namun ada juga yang butuh waktu hingga satu tahun bahkan lebih untuk mencapai skor yang mereka inginkan. Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi seberapa lama durasi persiapan tes IELTS yang dibutuhkan:

1. Tingkat kemampuan awal

Jika seseorang sudah memiliki pengetahuan dan kemampuan bahasa Inggris yang baik, waktu persiapan mungkin lebih singkat dibandingkan dengan mereka yang memulai dari tingkat yang lebih rendah.

2. Tujuan skor yang diinginkan

Jika seseorang ingin mencapai skor tinggi, persiapan yang lebih intensif dan waktu yang lebih lama mungkin diperlukan untuk mempersiapkan diri dengan baik untuk mencapai skor yang lebih tinggi.

3. Dedikasi dan konsistensi

Tingkat dedikasi dan konsistensi dalam belajar juga mempengaruhi durasi persiapan. Seseorang yang menghabiskan waktu yang cukup setiap hari untuk belajar dan berlatih akan lebih cepat memperoleh hasil yang diinginkan ketimbang mereka yang hanya belajar satu kali dalam satu pekan.

4. Pengalaman sebelumnya

Jika seseorang telah mengambil tes IELTS sebelumnya atau memiliki pengalaman dalam menghadapi tes standar internasional, waktu persiapan mungkin lebih singkat karena mereka sudah terbiasa dengan format dan tipe pertanyaan pada tes IELTS.

5. Sumber belajar

Ketersediaan sumber belajar, seperti buku panduan, latihan soal, atau keikutsertaan pada kursus persiapan IELTS, serta dukungan dari instruktur atau tutor, juga berpengaruh pada durasi persiapan.

 

Baca juga: Apa Bedanya Must dan Have to? Simak penjelasan berikut ini!

 

8 tips meningkatkan skor IELTS dalam waktu singkat

Meningkatkan skor IELTS dalam waktu singkat dapat menjadi tantangan yang cukup berat, tetapi dengan pendekatan dan strategi belajar yang tepat serta upaya yang konsisten, bukan tidak mungkin skor tinggi ini dapat tercapai. Berikut adalah 8 tips yang dapat membantu meningkatkan skor IELTS kalian secara efektif:

1. Pahami format tes

Kenali struktur, jenis pertanyaan, dan waktu yang diberikan untuk setiap bagian tes IELTS. Hal ini akan membantu kalian mengatur strategi waktu dan memahami ekspektasi penguji dengan lebih baik. 

2. Tingkatkan kemampuan membaca

Latih kemampuan membaca dengan memperluas kosakata dan meningkatkan pemahaman terhadap teks yang beragam, seperti artikel berita, esai, atau jurnal ilmiah untuk mencari informasi maupun arti secara tersirat. Baca secara teratur dalam bahasa Inggris dan latih pemahaman dengan mengerjakan latihan soal membaca.

3. Tingkatkan kemampuan mendengarkan

Dengarkan berbagai materi audio dalam bahasa Inggris, seperti podcast, berita, atau wawancara. Latih pemahaman dengan mengerjakan latihan soal mendengarkan dan perhatikan detail penting dalam percakapan.

 

Mau raih skor IELTS maksimal? Schoters jamin kamu bisa capai skor IELTS hingga 7.0. Ikuti kelas persiapan IELTS di Schoters dengan tutor expert lulusan kampus top dunia.

Silakan klik tombol “Konsultasi Kelas Persiapan IELTS” di bawah ini dan bisa tanya apapun sebelum bimbingan 👇

Konsultasi Kelas Persiapan IELTS

 

 

4. Perluas kosakata

Belajarlah kosakata baru secara teratur dan terapkan dalam konteks yang relevan. Gunakan kamus atau aplikasi pembelajaran bahasa Inggris untuk meningkatkan perbendaharaan kata kalian. Tulis setiap kosakata baru yang kalian pelajari sehingga kalian akan dapat lebih mudah mengingatnya.

5. Tingkatkan kemampuan menulis

Latih kemampuan menulis dengan mengasah struktur kalimat, tata bahasa, variasi kosakata, dan gaya penulisan. Tulislah esai dengan beragam topik dan mintalah seseorang untuk memberikan umpan balik atau feedback serta koreksi agar kalian tahu mana yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan.

6. Praktik berbicara

Berlatih berbicara dalam bahasa Inggris secara aktif dengan teman, rekam diri kalian, atau berbicara didepan cermin. Latih kemampuan menjawab pertanyaan secara spontan dan perhatikan intonasi, pengucapan, dan tata bahasa yang benar saat kalian berbicara.

7. Lakukan simulasi tes

Lakukanlah simulasi atau latihan mengerjakan tes IELTS dengan alokasi waktu seperti pada tes IELTS. Hal ini bertujuan agar kalian dapat lebih mudah mempelajari alokasi waktu yang kalian miliki saat tes IELTS sesungguhnya.

8. Daftar kursus IELTS Academy di Schoters

Bergabung dengan kursus persiapan tes IELTS seperti yang tersedia di IELTS Academy di Schoters dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam meningkatkan skor IELTS kalian. Kursus ini akan memberikan panduan lengkap, strategi khusus, serta materi latihan yang relevan dengan setiap bagian tes. Proses belajar secara intensif kalian pun akan membuahkan hal yang diinginkan. 

 

IELTS Academy di Schoters memiliki banyak instruktur yang berpengalaman. Kalian akan mendapatkan umpan balik atau feedback yang konstruktif dan bimbingan secara personal. Selain itu, dalam lingkungan yang mendukung ini, kalian juga dapat berinteraksi dengan sesama peserta yang ingin mengambil tes IELTS, berbagi pengalaman, dan saling memotivasi. Bergabung dengan kursus IELTS Academy di Schoters akan memberikan kalian akses ke sumber daya terbaik untuk mempersiapkan diri dan mencapai skor IELTS yang diinginkan untuk mendaftar kuliah di luar negeri.

 

Baca juga: Tips Membuat Motivation Letter yang Menarik untuk Daftar Beasiswa

 

Rekomendasi Bimbingan Belajar untuk Persiapan IELTS Test

Ingin dapat skor tinggi saat tes IELTS? Yuk, gabung IELTS Academy by Schoters sekarang juga!

Butuh bimbingan untuk persiapan kuliah di luar negeri? Cek program-program terbaik di Schoters sekarang, yuk!

tips meningkatkan skor ielts dalam waktu singkat