Simak 10 Tips Tembus Skor TOEFL ITP Ala Schoters Berikut

Istilah TOEFL barangkali sudah tidak asing lagi di telinga sebagian besar orang, khususnya bagi mereka yang berminat melanjutkan pendidikan tinggi atau bekerja di luar negeri. TOEFL atau Test of English as Foreign Language adalah salah satu jenis tes terstandarisasi yang digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris dalam 4 (empat) komponen antara lain mendengarkan (listening), membaca (reading), menulis (writing) dan berbicara (speaking). Tes TOEFL memiliki beberapa jenis tes yang berbeda yang bisa dipilih sesuai kebutuhan termasuk di antaranya TOEFL iBT (Internet Based Test), TOEFL Junior, TOEFL Primary dan juga TOEFL ITP (Institutional Testing Program).

Berbeda dengan TOEFL iBT yang banyak digunakan untuk bukti kemampuan berbahasa Inggris di tingkat global, TOEFL ITP lebih banyak digunakan oleh instansi pendidikan untuk mengukur program kemampuan bahasa Inggris pelajar atau mahasiswa.

Hal ini digunakan untuk berbagai tujuan yang bersifat internal, termasuk penempatan mahasiswa, seleksi penerima beasiswa hingga proses persiapan untuk mengikuti TOEFL iBT. TOEFL ITP umumnya mengukur kemampuan bahasa Inggris dalam 3 (tiga) komponen yaitu listening comprehension, structure and written expression dan reading comprehension.

Skor yang bisa diperoleh melalui TOEFL ITP berkisar dari 310-677, dengan skor di atas 550 dianggap sebagai skor yang cukup baik dan diterima oleh banyak perguruan tinggi.

Lalu apa saja tips TOEFL yang bisa diikuti untuk mendapatkan skor baik tersebut? Simak daftarnya di bawah ini.

 

Tips reading TOEFL ITP

Secara umum, komponen reading comprehension dalam TOEFL digunakan untuk menilai kemampuan membaca dan memahami berbagai teks akademik dalam bahasa Inggris. Tes reading ini terdiri dari 50 pertanyaan yang harus dijawab dalam waktu 55 menit.

Untuk mendapatkan skor yang memuaskan, kamu bisa mengikuti beberapa tips TOEFL berikut ini:

1. Fokus dan kenali jenis pertanyaan pada TOEFL ITP

Karena waktu yang diberikan saat tes cukup terbatas, kamu langsung bisa fokus untuk memahami pertanyaan yang perlu dijawab terlebih dahulu. Dengan memahami dan mengenali pertanyaan kamu bisa lebih mudah menemukan jawaban yang dicari ketika tes.

Beberapa pertanyaan yang kerap muncul saat tes reading TOEFL antara lain:

  • What is the main idea of the passages?
  • The phrase refers to …
  • The phrase is closest to the meaning …

2. Gunakan strategi saat membaca pertanyaan TOEFL ITP

Untuk menghemat waktu, kamu bisa menggunakan strategi khusus saat membaca seperti skimming (strategi membaca cepat untuk menangkap inti bacaan) dan scanning (strategi membaca cepat untuk mencari kalimat atau kata kunci dalam bacaan).

3. Pelajari Kosa Kata Susah

Meskipun memprediksi seluruh kosakata yang mungkin muncul dalam tes adalah hal yang mustahil, kamu tetap bisa mencari tahu dan menghafal beberapa kosa kata sulit yang mungkin ditanyakan, baik lewat internet maupun lewat buku, untuk membantu saat tes berlangsung.

 

Baca Juga : Info Terlengkap Mengenai Tes TOEFL ITP

 

Tips Writing TOEFL ITP

Bagian selanjutnya dalam TOEFL ITP yaitu writing atau structure and written expression, yang mengukur pemahaman tentang struktur kalimat dan tata bahasa yang digunakan saat menulis dalam bahasa Inggris. Terdapat 40 pertanyaan yang diuji dalam tes yang berlangsung selama 25 menit ini.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam tes ini, berikut adalah beberapa tips TOEFL yang bisa kamu ikuti.

1. Pelajari berbagai aturan tata bahasa dalam bahasa inggris

Tentu saja, untuk mendapatkan nilai yang bagus saat mengikuti ujian menulis, salah satu hal terpenting untuk dilakukan adalah mengenal berbagai aturan tata bahasa dalam bahasa Inggris termasuk di antaranya subject and verb agreement, phrase and clause, part of speech, irregular verbs dan singular and plural forms.

2. Mengembangkan perbendaharaan kata

Selain mengenal aturan tata bahasa, hal penting lainnya untuk mendapatkan nilai optimal saat tes writing adalah memperkaya perbendaharaan kata (vocabulary) sehingga pilihan kata yang digunakan saat menulis juga bervariasi.

3. Banyak berlatih menulis

Latihan menulis dalam bahasa Inggris sambil menggunakan berbagai aturan tata bahasa dan kosakata baru yang sudah dipelajari sebelumnya adalah salah satu strategi paling efektif untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam tes menulis TOEFL.

 

Baca Juga : Cek Info TOEFL iBT dan Tips Tembus Skor Tertinggi!

 

Tips listening TOEFL ITP

Komponen listening comprehension dalam TOEFL ITP umumnya mengukur kemampuan mendengarkan dalam bahasa Inggris, terutama kemampuan memahami komunikasi atau dialog yang dilakukan dalam berbagai situasi yang sifatnya professional seperti interaksi tatap muka, meeting, video conferences, podcasts dan lain sebagainya. Terdapat 50 pertanyaan yang ditanyakan dalam tes yang berlangsung selama 35 menit ini.

Beberapa tips TOEFL ITP yang bisa dicoba untuk mendapatkan hasil yang bagus dalam tes ini antara lain:

1. Fokus pada dialog TOEFL ITP

Pada tes ini, kamu hanya akan diberikan kesempatan untuk mendengarkan rekaman yang diujikan sebanyak 1 (satu) kali tanpa pengulangan sehingga penting untuk terus menjaga konsentrasi dan tidak terpengaruh pada suara-suara lain yang mungkin menganggu. Untuk membantu melatih konsentrasi, kamu bisa berlatih mendengarkan berbagai audio dan dialog berbahasa Inggris sebelum mengikuti ujian.

2. Belajar membuat kesimpulan dari konteks

Untuk dialog-dialog panjang yang mungkin diputar saat tes, kamu bisa mencoba menarik kesimpulan tanpa harus menghafal atau memahami keseluruhan dialog. Kamu bisa mencoba menangkap beberapa kata kunci yang diucapkan dalam dialog, sebelum kemudian mengambil kesimpulan dari kata kunci tersebut.

3. Mengenal expression of agreement dan ungkapan lain dalam bahasa inggris

Untuk membantu mendapatkan hasil yang optimal dalam tes listening, kamu tentu saja bisa mempelajari terlebih dahulu berbagai ungkapan yang biasa digunakan dalam Bahasa Inggris termasuk expression of agreement (ungkapan untuk menyatakan persetujuan) dan ungkapan lainnya.

4. Menjawab pertanyaan sambil mendengarkan soal TOEFL ITP

Untuk menghemat waktu, jawablah pertanyaan segera sambil mendengarkan soal sampai selesai. Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan waktu lebih efektif dan menghindari kemungkinan lupa ketika menjawab.

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan TOEFL ITP di Schoters

Butuh bimbingan TOEFL ITP terpercaya? Join TOEFL ITP Preparation by Schoters. Konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Tips Tembus Skor TOEFL ITP